Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Pesantren

Jejak Pendidikan- Pesantren yang merupakan ”Bapak” dari pendidikan Islam di Indonesia didirikan alasannya adanya tuntutan dan kebutuhan zaman, hal ini dapat dilihat dari perjalanan sejarah, di mana jikalau dirunut kembali bekerjsama pesantren dilahirkan atas kesadaran kewajiban dakwah Islamiyah, yakni mengembangkan dan mengembangkan pedoman Islam sekaligus mencetak kader-kader ulama atau dai.

Pesantren sendiri berdasarkan pengertian dasarnya adalah”tempat berguru para santri”. Sedangkan pondok berarti rumah atau tempat tinggal sederhana yang terbuat dari bambu. Di samping itu kata “pondok” mungkin berasala dari bahasa Arab yaitu “funduuq” yang berarti asrama atau tempat menginap.

 dari pendidikan Islam di Indonesia didirikan alasannya adanya tuntutan dan kebutuhan zaman Pengertian PesantrenPembanguna suatu pesantren didorong oleh kebutuhan masyarakat akan adanya forum pendidikan lanjutan. Namun demikian, faktor guru yang memenuhi persyaratan keilmuan yang diharapkan akan sangat memilih bagi tumbuhnya suatu pesantren. Pada umumnya berdirinya suatu pesantren diawali dari legalisasi masyarakat akan keunggulan atau ketinggian ilmu seorang guru atau kyai. 

Karena cita-cita menuntut dan memperoleh ilmu dari guru tersebut, maka masyarakat sekitar, bahkan dari luar kawasan tiba kepadanya utuk belajar. Mereka kemudian membangun tempat tinggal yang sederhana di sekitar tempat tinggal guru tersebut. Semakin tinggi ilmu seorang guru, semakin banyak pula orang dari luar kawasan yang tiba untuk menuntut ilmu kepadanya dan berarti semakin besar pula pondok pesantrenya.

Posting Komentar untuk "Pengertian Pesantren"