Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Akhlak

Jejak Pendidikan- Dalam pandangan Islam, pendidikan budbahasa merupakan salah satu hal penting dalam rangka membangun pribadi-pribadi, masyarakat dan budaya. Dalam keseluruhan fatwa Islam budbahasa menempati kedudukan yang istimewa dan penting. Akhlak meliputi semua fatwa dalam Islam. Diantaranya yaitu sikap dalam beribadah dan juga dalam bermasyarakat. Karena seorang mukmin melaksanakan ibadah bukan hanya semata menggugurkan kewajiban, tetapi juga ada akhlak-akhlak dalam beribadah yang harus dilakukan. Begitu juga dalam bersosial, banyak orang yang bermasyarakat lebih menentukan memikirkan dirinya sendiri tanpa dilandasi dengan akhlak.

Akhlak yang baik sanggup mencegah dekadansi moral, degradasi nilai, serta kemerosotan hati dan pikiran. Akhlak menuntun insan kepada nilai-nilai kemuliaan dan kedamaian serta saling menghargai satu sama lain. Kehidupan muslim yang baik ialah yang sanggup menyempurnakan akhlaknya sesuai dengan apa yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW. sebagai sumber suri tauladan kehidupan.

Akhlak sangatlah penting bagi manusia. Akhlak tidak hanya dirasakan insan dalam kehidupan perseorangan, tetapi juga dalam kehidupan berkeluarga dan masyarakat. Akhlak merupakan mustika hidup bagi manusia, yang menjadi pembeda antara insan dengan makhluk lain. Jika insan sudah tidak mempunyai budbahasa maka kehidupan akan menjadi berantakan. Manusia sudah tidak lagi merasa peduli perihal halal atau haram, benar atau salah, baik atau buruk.

Islam memandang bahwa budbahasa sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari, bahkan Islam menegaskan budbahasa merupakan misinya yang paling utama. Rasulullah saw. banyak berdoa kepada Allah semoga dirinya dihiasi dengan budbahasa dan perangai yang mulia. Beliau berdoa.
اللهم حسن خلقى وخلقى

Ya Allah, perbaiki parasku dan akhlakku”
Akhlak sangat penting dalam kehidupan manusia. Karena budbahasa bersumber pada al-Qur’an dan hadits yang menjelaskan perihal baik buruknya tingkah laris manusia.

Dengan demikian tidak ada alasan lagi bagi seseorang untuk meninggalkan akhlak. Mengingat budbahasa sangat penting dalam kehidupan manusia. Karena budbahasa meliputi semua aspek kehidupan manusia. Oleh lantaran itu, sebagai insan haruslah berakhlak baik sesuai dengan al-Qur’an dan hadits, lantaran budbahasa seseorang tercermin pada seseorang. Baik dan buruknya seseorang sanggup dilihat dari akhlaknya.

Sumber:
  1. Amin Syukur Studi Akhlak, (Semarang: WalisongoPers, 2010).
  2. Zahrudin AR, Pengantar Studi Akhlak, (Jakarta: Raja Grafindo Persda, 2004).

Posting Komentar untuk "Pentingnya Akhlak"