Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Sikap Sosial

Jejak Pendidikan- Perilaku Sosial merupakan segala tingakah laris seseorang dalam kehidupan bermasyarakat Dalam psikologi dijelaskan bahwa Behavior is the totality of intra and extra organism action and interaction of an organism which is physical and social setting. Artinya sikap yakni keseluruhan gerak gerik psikis maupun fisik individu dan relasi timbal balik antara individu dengan lingkungan fisik dan sosialnya.

1) Menurut Hasan Langgulung
Tingkah laris berdasarkan Hasan Langgulung yakni segala acara seseorang yang sanggup diamati.”

2) Menurut Watson
Bagi Watson, tingkah laris insan tidak lain ialah refleks yang tersusun. Semua perbuatan yakni susunan reflek-reflek belaka. Tiap tingkah laris insan yakni reaksi terhadap perangsang-perangsang. Perbuatan yang sederhana Adalah terdiri perangsang beserta reaksinya, dan yang belangsung secara automatis, reflektif. Kaprikornus tingkah laris sanggup di artikan segala perbuatan yang terjadi alasannya yakni reflek-reflek yang tersusun.

Dalam bukunya D.O. Hebb yang berjudul texbook of psychology, behavior is a reaction to environmental stimul.ation, but the relation between stimulus and response varies from direct to extremely indirect. Artinya Perilaku merupakan reaksi terhadap rangsangan lingkungan, tetapi relasi antara stimulus dan respon bervariasi dari pribadi ke sangat tidak langsung.

Berdasarkan pengertian di atas sanggup di simpulkan bahwa sikap sosial adalah bentuk perbuatan atau sikap terhadap lingkungan sosialnya baik individu terhadap individu lainnya maupun individu terhadap kelompok.


Sumber:
  1. Hasan Langgulung, Beberapa Pemikiran perihal Pendidikan Islam, (Bandung: Al- Ma’arif. 1980).
  2. Psikologi Umum, (jakarta: Aksara Baru. 2016).
  3. David Moeljadi, dkk, KBBI V 0.1.5 (Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
  4. Wolman Benjamin B, Dictionary of Behavioral Science, (New York: Van Nostrand Remhold Company, 1973 ).

Posting Komentar untuk "Pengertian Sikap Sosial"