Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bentuk-Bentuk Perhatian Orang Tua

Jejak Pendidikan- Perhatian orang bau tanah merupakan pemusatan tenaga psikis, pemenuhan kebutuhan fisik psikis dan kemudahan belajar, penciptaan suasana yang baik dalam keluarga, donasi motivasi serta pengawasan, yang diberikan oleh bapak dan ibu dalam keluarga. Adapun bentuk-bentuk perhatian orang bau tanah diantaranya.

1) Bimbingan keagamaan
Bimbingan secara etimologi berarti menunjukkan, memberi jalan atau menuntun orang lain ke arah tujuan yang bermanfaat bagi hidupnya masa sekarang dan masa mendatang. Istilah bimbingan merupakan terjemahan dari kata bahasa Inggris Guidance yang berasal dari kata kerja to guide yang berarti menunjukkan.

2) Pemberian Nasihat Orang Tua terhadap Anak
Nasehat merupakan memberi peringatan untuk menghindari suatu perbuatan yang tidak boleh dan memerintahkan untuk mengerjakan perbuatan yang baik dengan berbicara lemah lembut, sehingga menyentuh hati anak yang dinasehati. “Maka suatu hal yang niscaya kalau pendidik memberi nasehat dengan jiwa yang ikhlas, suci dan dengan hati terbuka serta nalar yang bijak, maka nasehat itu akan lebih cepat terpengaruh tanpa bimbang. Bahkan dengan cepat akan tunduk kepada kebenaran dan mendapatkan hidayah Allah yang diturunkan”.

Jadi Pemberian Nasihat Orang bau tanah terhadap anak yaitu donasi peringatan orang bau tanah terhadap anak untuk menghindari perbuatan yang dialarang dan memerintahkan untuk melaksanakan perbuatan yang baik.

3) Pengawasan orang tua
Pengawasan yaitu mengaamat-ngamati dan menjaga baik-baik, semoga tingkahlaku tetap baik.10 Pengawasan orang bau tanah terhadap anaknya terjadi sebab rasa tanggung jawab orang bau tanah kepada anaknya, untuk mendidik anaknya menjadi insan yang lebih baik.

4) Pemberian motivasi
Motivasi Merupakan dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melaksanakan sesuatu tindakan dengan tujuan tertentu. Kaprikornus donasi motivasi sanggup diartikan memperlihatkan dorongan kepada sesorang untuk melaksanakan sesuatu tindakan dengan tujuan tertentu.

Sumber:
  1. Abdullah Nashih Ulwan, Pendidikan Anak Menurut Islam: Kaidah-Kaidah Dasar, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1992).
  2. David Moeljadi, dkk, KBBI V 0.1.5 (Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2016)
  3. Abu Ahmadi & Nur Uhbiyati, Ilmu Pedidikan, ( Jakarta: Rineka Cipta. 2015).

Posting Komentar untuk "Bentuk-Bentuk Perhatian Orang Tua"