Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hukum Avogadro (Lengkap): Pengertian, Rumus, Sejarah, Referensi Soal

Artikel kali ini membahas ihwal materi Fisika ihwal Hukum Avogadro, meliputi: pengertian, rumus bunyi, sejarah dan pola soalnya.

Apa itu aturan avogadro? Menurut Wikipedia, yaitu gas-gas yang mempunyai volume yang sama, pada tekanan dan temperatur yang sama, mempunyai jumlah partikel yang sama juga.

Agar Anda lebih memahami apa yang dimaksud dengan aturan Avogadro, Ilmu IPA Fisika akan menjelaskan poin-poin penting yang terdapat pada aturan ini.

Artikel kali ini membahas ihwal materi Fisika ihwal  Hukum Avogadro (LENGKAP): Pengertian, Rumus, Sejarah, Contoh Soal


Pengertian Hukum Avogadro


Hukum Avogadro merupakan aturan gas eksperimental yang menghubungkan volume gas dengan jumlah molekul yang ada. Hukum Avogadro menyatakan bahwa pada kondisi suhu & tekanan yang sama, volume gas yang sama akan mengandung jumlah molekul yang sama.

Bunyi Hukum Avogadro


 "Pada suhu dan tekanan yang sama, gas-gas yang volumenya sama mengandung jumlah mol yang sama"

Rumus Hukum Avogadro 


Untuk suatu massa dari gas ideal, volume dan mol gas secara eksklusif akan proporsional kalau suhu dan tekanannya konstan. Persamaan tersebut sanggup ditulis sebagai berikut:




atau



Dimana:

  • V yaitu volume gas
  • n yaitu jumlah zat dari gas (dalam satuan mol)
  • k yaitu konstanta yang sama dengan RT/P, di mana R yaitu konstanta gas universal, T yaitu suhu Kelvin, dan P yaitu tekanan. Sebagai suhu dan tekanan yang konstan, RT/P juga konstan dan disebut sebagai k. Ini berasal dari aturan gas ideal.

Hukum ini menjelaskan bagaimana dalam kondisi suhu, tekanan, dan volume gas yang sama niscaya mengandung jumlah molekul yang sama. Untuk membandingkan substansi yang sama di bawah dua set yang kondisinya berbeda, aturan ini sanggup dinyatakan sebagai berikut:


Persamaan ini mengatakan bahwa, kalau jumlah mol gas meningkat, volume gas juga akan meningkat secara proporsional. Dan sebaliknya, kalau jumlah mol gas berkurang, maka volume juga menurun.


Sejarah ditemukannya Hukum Avogadro


Untuk menjelaskan aturan gay lussac, maka pada tahun 1811 Amadeo Avogadro (1776-1956) yang berasal dari italia mengajukan sebuah teori yang kemudian di sebut teori avogadro.

Mengapa perbandingan volume gas-gas dalam suatu reaksi merupakan bilangan sederhana? Banyak pakar termasuk Dalton gagal mengungkapkan aturan perbandingan volume yang ditemukan oleh Gay Lussac.

Ketidakmampuan Dalton sebab beliau menduga partikel unsur selalu berupa atom tunggal (monoatomik). Pada tahun 1811, Amedeo Avogadro menjelaskan percobaan Gay Lussac. Menurut Avogadro, partikel unsur tidak selalu berupa atom tunggal (monoatomik), namun berupa dua atom (diatomik) atau lebih (poliatomik).

Para pakar fisika kala ke-19 tidak mempunyai pengetahuan mengenai masa molekul atau atom & ukurannya hingga pergantian kala ke-20, sesudah inovasi elektron oleh pakar fisika Amerika, Robert Andrews Millikan, yang memilih dengan hati-hati muatannya.

Penentuan ini, akhirnya, menunjukkan angka avogadro tersebut secara akurat, bahwa jumlah molekul dalam jumlah materi yang sama beratnya sama denganmolekulnya.

Contoh Soal beserta Pembahasannya


1. Sebanyak 35 L gas karbon dioksida mengandung 4,5 x 1023 molekul pada suhu dan tekanan yang sama, tentukan :
a. Jumlah molekul 7 L gas hidroge
b. Volume gas amoniak yang mengandung 9 x 1023 molekul

Jawaban :
a. Jumlah molekul H2 = (volume H2) / (Volume CO2)  X  jumlah molekul CO2
=  (7 L) / (35 L) X  4,5 x 1023 molekul
= 0,9 x 1023 molekul
= 9 x 1022 molekul
Jadi 7 L hidrogen mengandung 9 x 1022 molekul
    
b. Volume NH3  =  (jumlah molekul NH3)/(jumlah molekul CO2)   X volume CO2
9 x 1023 molekul /  4,5 x 1023 molekul X 35 L
= 70 L
Jadi 9 x 10 23 molekul gas amoniak mempunyai volume sebesar 70 L

Demikianlah artikel hari ini ihwal Hukum Avogadro (LENGKAP): Pengertian, Rumus, Sejarah, Contoh Soal. Semoga bermanfaat bagi Anda. Untuk membantu blog ini biar berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terimakasih.
Referensi: https://id.wikipedia.org/wiki/Hukum_Avogadro
https://duniainformasisemasa326.blogspot.com//search?q=hukum-archimedes
https://duniainformasisemasa326.blogspot.com//search?q=hukum-archimedes
https://alkafyuone.wordpress.com/tag/soal-dan-pembahasan-hukum-dasar-kimia/

Posting Komentar untuk "Hukum Avogadro (Lengkap): Pengertian, Rumus, Sejarah, Referensi Soal"