Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Proposal Usaha

jejak pendidikan-PROPOSAL USAHA BISNIS

A.          Latar Belakang
Dengan perkembangan zaman dan teknologi maka orang kini mulai berhati-hati dalam menentukan dan membeli makanan, karna pada masa kini banyak kuliner yang dibentuk dengan memakai materi kimia yang berbahaya. Sebagian masyarakat kelas bawah, menentukan kuliner hanya berpedoman pada rasanya yang lezat dan murah. Dua hal inilah yang menjadi prioritas utama mereka dalam membeli makanan. Mereka tidak begitu memikirkan kandungan yang terdapat dalam kuliner tersebut. Untuk itulah kami bermaksud untuk membuat kuliner yang mempunyai rasa yang lezat dengan harga yang cukup murah dan kondusif untuk dikonsumsi karna tidak memakai materi kimia yang berbahaya, serta mempunyai kandungan gizi yang cukup.
Dari uraian diatas maka sangat potensial bila kami menyebarkan perjuangan roti bakar ini, karna sebagian dari masyarakat sangat menyukai roti bakar karna rasanya yang enak, gurih dan nikmat. Roti bakar ini mempunyai beraneka ragam rasa, sehingga konsumen sanggup menentukan rasa yang sesuai dengan kesukaan mereka. Selain itu, roti bakar ini sanggup dinikmati oleh semua umur. Jadi, siapapun bisa untuk mengkonsumsi roti bakar ini baik orang yang sudah renta maupun orang muda. Roti bakar ini sanggup dinikmati dalam kondisi apapun, baik malam hari maupun pagi hari. Roti ini akan lebih lezat apabila dimakan sambil minum kopi ataupun teh, terlebih ketika cuaca terasa hirau taacuh maka roti bakar sangat cocok sebagai kuliner penghangat tubuh. 
Dengan alasan dan landasan tersebut kami berniat untuk merintis perjuangan roti bakar, dan perjuangan kami tersebut kami beri nama atas kesepakatan bersama, yaitu: ROTI BAKAR ALA KAK EKA. Dengan harapan pelanggan akan tertarik untuk tiba dan membeli roti bakar kami dengan perasaan cinta kasih akan kenikmatan rasa ROTI BAKAR ALA KAK EKA.
B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimana tips untuk membuka perjuangan roti bakar yang baik dan benar serta tidak merugi.
2.      Bagaimana cara mengantisipasi persaingan perjuangan bisnis yang semakin ketat dikala ini.

C.     Profil Organisasi
Nama Usaha: Roti Bakar ala kak eka
Jenis Usaha: Kuliner
Alamat: Jalan line pipa simpang rang kaya
Pemilik: Eka khairani, S E, Muhammad S E, khairunnas S E
D. Visi, misi dan tujuan
a.       Visi
Menciptakan sebuah perjuangan yang unggul dengan kualitas yang terbaik.
b.      Misi
• Memberikan kualitas yang terbaik.
• Memberikan pelayanan yang terbaik
E.     Produk
Produk yang kami tawarkan dalam perjuangan ini kepada konsumen mempunyai aneka macam macam rasa yang dimiliki, menyerupai : 
1.      Coklat
2.      Kacang
3.      Keju
4.      Strowberry
5.      Nanas
6.      Blueberry
7.      Srikaya
Dengan mempunyai aneka macam macam rasa tersebut maka masyarakat sanggup menentukan rasa yang mereka inginkan sesuai dengan keinginan mereka masing-masing. Produk yang kami berikan tidak memakai adonan materi kimia yang berbahaya menyerupai pormalin, wantek, dll, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh konsumen dan tidak merusak kesehatan.
F.      Rencana Usaha
Adapun planning perjuangan yang akan dijalankan dalam perjuangan ini ialah sebagai berikut:

1.      Rencana Jangka Pendek
Usaha bisnis roti bakar yang kami rintis ini bertujuan untuk menambah pengalaman kerja didalam perjuangan bisnis bagi kalangan sesama mahasiswa maupun bagi umum, selain sanggup meningkatkan kreativitas, juga sanggup dijadikan suatu perjuangan yang menjanjikan untuk kehidupan masa depan dan biaya kuliah.
2.      Rencana Jangka Menengah
Usaha yang kami rintis ini pastinya akan kami kembangkan demi mewujudkan harapan kami bersama, yaitu ingin menjadi seorang pengusaha muda yang sukses, taktik pasar dan pemasaran menjadi kunci awal untuk keberlanjutan perjuangan kami kedepannya. Pelanggan ialah raja, maka dari itu kepuasan pelanggan menjadi yang utama dari segalanya, lantaran tanpa pelanggan belum tentu perjuangan ini akan bertahan lama. Tidak lupa pula kami rajin melaksanakan promosi perjuangan kami, baik dari verbal ke mulut, iklan radio, media online, dan media yang lainnya.
3.      Rencana Jangka Panjang
Setelah berhasil mendapatkan pelanggan, kami akan lebih meningkatkan mutu dan kualitas dari perjuangan kami ini, tidak lupa pula kami membangun jaringan dengan pabrik roti maupun toko roti semoga kami sanggup dengan gampang untuk mendapatkan materi baku semoga perjuangan ini tidak mengalami hambatan apapun dalam penyediaan materi baku.
G.    Analisis Pasar dan Pemasaran
Analisis Pasar dan Pemasaran perjuangan roti bakar kelompok kami yaitu:
1.      Target Pasar
Usaha ini berlokasi di tempat-tempat yang strategis dan di pinggir-pinggir jalan utama, menyerupai jalan medan-banda aceh, jalan Darussalam, bayu, lhoksukon dan simpang rang kaya serta tempat keramaian lainnya. Tempat-tempat lokasi tersebut yang banyak di lewati oleh masyarakat, baik masyarakat lokal maupun non lokal sehingga perjuangan kami ini gampang untuk dikenal oleh masyarakat. Yang menjadi sasaran pasar kami yaitu masyarakat sekitar dan masyarakat pengguna jalan tempat perjuangan kami berdiri.

2.      Pesaing
Terdapat banyak pesaing dari perjuangan ini, akan tetapi di sinilah kreatifitas kita bagaimana cara kita menarik konsumen semoga sanggup membeli produk kita tanpa membuat pesaing kita merasa tidak bahagia dengan tindakan kita. Namun kekeluargaan harus tetap selalu terjaga antara pesaing dan membuat persaingan yang sehat tanpa menjatuhkan pesaing. Dengan cara mentaati peraturan dan undang-undang pasar yang telah di tetapkan.
3.      Sasaran Pembeli
Dalam menjalankan perjuangan ini sasaran pembeli kami yaitu meliputi semua kalangan masyarakat, baik kalangan bawah, kalangan menengah dan kalangan atas. Dari semua kalangan tersebut sebagian besar bisa untuk membeli produk yang kami tawarkan, karna harga yang kami berikanpun cukup terjangkau untuk semua kalangan. Harga yang kami berikan yaitu mulai dari Rp10.000 hingga dengan Rp15.000.
H.    Strategi Pemasaran
Adapun taktik pemasaran yang sanggup kami lakukan adalah:
1.      Dari verbal ke mulut
Promosi ini merupakan promosi yang paling sederhana, serta tidak memerlukan banyak biaya untuk melaksanakan promosi ini. Cukup dengan bercerita dengan teman-teman kita atau keluarga untuk mempromosikan perjuangan kita, sehingga secara tidak eksklusif semua konsumen/masyarakat akan mengetahui perjuangan kita. Dan apabila perjuangan kita sudah diketahui dan disukai, maka konsumen tersebut akan memberitahukan kepada orang lain untuk membeli roti bakar di tempat kita.
2.      Dengan media Internet
Selain promosi dari verbal ke mulut, maka promosi juga sanggup dilakukan dengan memakai media internet, menyerupai sanggup melalui facebook, twitter, blog,dll. Karna sebagian besar masyarakat telah memakai media internet, sehingga masyarakat sanggup mengetahui perjuangan kita.


3.      Pengembangan Pasar
Selain melaksanakan aneka macam taktik pemasaran produk menyerupai diatas, kami juga mempromisikan perjuangan kami ini dengan cara menambah pasar gres untuk memperluas jangkauan yang sudah dimiliki. Dalam hal ini, sanggup dengan memperluas perjuangan roti bakar ini ke daerah-daerah lain, dengan harapan perjuangan ini akan lebih dikenal oleh masyarakat dan juga sanggup menambahkan pendapatan serta sanggup mengurangi tingkat pengangguran dengan memperkerjakan karyawan yang baru.
4.      Langkah-langkah promisi
Untuk menarik minat konsumen semoga membeli produk yang kami tawarkan kami mempunyai cara-cara tertentu, adapun cara tersebut yaitu:
·         Pada malam ahad kami akan memperlihatkan potongan harga kepada konsumen yang membeli roti dengan harga diatas Rp10.000, maka akan kami berikan diskon sebesar 10%.
·          Apabila konsumen membeli roti bakar diatas 4 bungkus, maka kami akan memutuskan semua harga yang mereka pesan dengan harga yang paling rendah yaitu Rp10.000.
·         Selain itu, apabila konsumen membeli roti bakar diatas 8 bungkus, maka kami akan memutuskan semua harga yang mereka pesan dengan harga yang paling rendah yaitu Rp10.000,- dan memperlihatkan gratis satu bungkus roti bakar.
5.      Harga
Adapun produk yang kami tawarkan mempunyai harga yang bervariasi tergantung dari rasa yang diinginkan oleh konsumen, karna macam-macam dari rasa tersebut tidak sama. Adapun daftar harga yang kami memutuskan ialah sebagai berikut:


1)                                                                  Nanas + Strawbery Rp. 10.000
2)                                                                  Nanas + Nanas Rp. 10.000
3)                                                                  Strawbery + Strawbery Rp. 10.000
4)                                                                  Kacang + Kacang Rp. 12.000
5)                                                                  Kacang + Strawbery Rp. 10.000
6)                                                                  Kacang + Nanas Rp. 10.000
7)                                                                  Kacang + Blueberry Rp. 10.000
8)                                                                  Coklat + Coklat Rp. 12.000
9)                                                                  Coklat + Strawbery Rp. 10.000
10)                                                              Coklat + Nanas Rp. 10.000
11)                                                              Coklat + Kacang Rp. 12.000
12)                                                              Blueberry + Strawbery Rp. 10.000
13)                                                              Blueberry + Nanas Rp. 10.000
14)                                                              Blueberry + Blueberry Rp. 10.000
15)                                                               Blueberry + Coklat Rp. 11.000
16)                                                              Srikaya + Srikaya Rp. 12.000
17)                                                              Srikaya + Strawbery Rp. 10.000
18)                                                              Srikaya + Blueberry Rp. 10.000
19)                                                              Srikaya + Nanas Rp. 10.000
20)                                                              Srikaya + Kacang Rp. 12.000
21)                                                               Srikaya + Coklat Rp. 12.000
22)                                                              Keju + Coklat Rp. 12.000
23)                                                              Keju + Kacang Rp. 10.000
24)                                                              Keju + Strawbery Rp. 10.000
25)                                                              Keju + Nanas Rp. 10.000
26)                                                              Keju + Blueberry Rp. 10.000


6.       Modal awal
Dapat di gunakan dalam jangka waktu yang panjang.
No
Nama Barang
Harga satuan
Keterangan
1
Gerobak
RP. 3.200.000
1 unit
2
Kompor
RP. 250.000
1 unit
3
Tabung gas 3 kg
RP. 170.000
1 unit
4
Besi panggang
RP. 300.000
1 unit
5
Alat pembakar
RP. 50.000
1 Unit
6
Alat pemotong
RP. 82.000
1 unit
7
Lap tangan
RP. 30.000
1 unit
8
Kotak sampah dan ember
RP. 50.000
1 paket
9
Bola lampu + sklar + kabel
RP. 200.000
1paket
10
Merek usaha/ banner
RP. 100.000
2 meter

Jumlah
RP. 4.102.000


I.       Metode Pelaksanaan Program
1.      Metode pengumpulan data
Metode pengumpulan yang dilakukan ialah dengan mencatat segala jenis aktifitas dan kendala-kendala apa saja yang sanggup menghambat kelancaran perjuangan roti bakar ini. Kritik dan saran dari pelanggan akan sangat mendukung kemajuan perjuangan ini.
2.      Survei materi baku
Bahan baku sangat penting dalam perjuangan roti bakar, lantaran tanpa tersedianya materi baku, sudah niscaya perjuangan ini tidak akan berjalan lancar, salah satu faktor yang mendukung perjuangan roti bakar ini ialah materi baku, maka dari itu kami membagi kiprah untuk survei dan menjalin kolaborasi dengan salah satu pabrik roti maupun toko roti yang menjual materi baku tersebut.
3.      Pembuatan materi baku.
Pada pembuatan roti, fermentasi berfungsi menambah cita rasa, menyebarkan adonan roti dan membuat roti berpori. Hal ini disebabkan oleh gas CO2 yang merupakan hasil fermentasi. Roti yang dibentuk memakai ragi memerlukan waktu fermentasi sebelum dilakukan pemanggangan. Pembuat roti harus menyimpan adonan di tempat yang hangat dan agak lembab. Keadaan lingkungan tersebut sanggup memungkinkan ragi untuk berkembang biak, memproduksi karbon dioksida secara terus menerus selama proses fermentasi.
4.      Kandungan mikrobia dalam materi baku.
5.      Pengemasan materi baku
Bahan baku yang kami terima dikemas dengan memakai palstik tipis dan dipres, berhubung materi baku yang kami pesan dalam jumlah yang banyak, pengemasan dimasukkan kedalam kardus.
6.      Sosialisasi kepada masyarakat
Percobaan demi percobaan kami lakukan demi mendapatkan cita rasa yang sesui dengan pengecap konsumen dan berbeda dari roti bakar lainnya, untuk tahap awal kami memberi secara cuma-cuma kepada tetangga sekitar dan pelanggan 5 orang pertama. Setelah menerima respon yang cantik gres kami berani menyebarkan perjuangan roti bakar ini, tidak lupa pula kami menjelaskan kepada konsumen wacana kandungan gizi dan manfaat roti bagi badan insan melalui selebaran yang kami tempel dan diletakkan didekat meja maupun gerobak dagangan.
7.      Penjualan atau pemasaran produk
Penjualan dilakukan sehabis jawaban segala aktifitas kuliah, bisanya dilakukan dari sore hingga malam hari, tergantung dari materi baku yang kami punya setiap malamnya. Kami juga mendapatkan pesanan dalam jumlah kecil, berhubung modal kami terbatas, maka kami tidak berani mendapatkan pesanan dalam jumlah yang banyak.
8.      Pembagian hasil kerja
Usaha Roti Bakar alak kak eka merupakan perjuangan bersama yang kami rintis yang memakai modal awal dengan cara patungan, maka dari itu laba juga kami bagi rata

PENUTUP
Demikianlah proposal bisnis ini kami buat. Semoga proposal ini sanggup diterima dan sanggup bermanfaat bagi kita semua. Tidak lupa kami mengucap syukur kepada Tuhan YME lantaran atas segala Rahmat dan Hidayah-Nya kami sanggup menuntaskan proposal bisnis kami. Dan tidak lupa pula kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu dalam pembuatan proposal ini. 
Semoga proposal ini sanggup diterima oleh semua pihak lantaran proposal ini merupakan tahap awal kami dalam memulai perjuangan roti bakar ini. Dengan selesainya proposal bisnis ini, kami berharap sanggup segera mewujudkan perjuangan bisnis yang telah kami rencanakan ini. 
Segala saran dan kritik yang membangun sangatlah kami harapkan dari semua pihak, lantaran kami menyadari bahwa proposal kami masih jauh dari kata sempurna. Saran dan kritik tersebut semoga saja sanggup menjadi pola atau pelajaran bagi kami semua untuk sanggup menjadi lebih baik lagi dihari esok. Atas segala waktu dan perhatiannya kami mengucapkan terima kasih.


Posting Komentar untuk "Proposal Usaha"