Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Panjang Dan Jenis Jenis Alat Ukur Besaran Panjang

Pengertian Panjang Dan Jenis jenis Alat Ukur Besaran Panjang - Panjang ialah jarak antara dua titik di dalam ruangan. Besaran panjang yaitu besaran pokok, yakni besaran yang satuannya telah diputuskan lebih dulu. Tinggi, jarak, kedalaman, keliling , dan garis tengah pun yaitu besaran panjang.
Besaran ini dapt diukur menggunakan alat ukur yang didesain khusus. Penggunaannya dicocokkan dengan besaran atau benda yang bakal diukur. Alat-alat ukur panjang yang digunakan untuk mengukur panjang sebuah benda antara beda mistar, rollmeter, jangka sorong, dan mikrometer sekrup.


1. Mistar/Penggaris
Pada umumnya, mistar menggunakan skala cm atau mm dengan kecermatan 0,1 cm atau 1 mm, dengan kecermatan 0,5 mm. Ketelitian pengukuran menggunakan mistar/penggaris ialah setengah nilai skala terkecilnya.Pembacaan skala pada mistar dilaksanakan dengan status mata pengamat tegak lurus dengan skala mistar yang dibaca.


Dalam masing-masing pengukuran dengan menggunakan mistar, usahakan status pengamat (mata) tegak lurus dengan skala yang bakal diukur. Hal ini guna menghindari kekeliruan penglihatan (paralaks). Paralaks yaitu kekeliruan yang terjadi dikala menyimak skala sebuah alat ukur alasannya kedudukan mata pengamat tidak tepat.

2. Rollmeter (Meter Kelos)



Rollmeter adalahalat ukur panjang yang sanggup digulung, dengan panjang 25 - 50 meter. Meteran ini digunakan oleh tukang bangunan atau pengukur lebar jalan. Ketelitian pengukuran dengan rollmetersampai 0,5 mm. Meteran ini seringkali dibentuk dari plastik atau pelat besi tipis.
GAMBARMgid

The Best Game For Men Is Very Realistic

Dia gandakan $50 jadi $5.000 semalam dengan teknik ini!

Trading forx guna pemula (dapatkan 50$ gratis)

3. Jangka Sorong

Jangka sorong ialah alat yang digunakan untuk mengukur panjang, tebal, kedalaman lubang, dan diameter luar maupun diameter dalam sebuah benda dengan batas kecermatan 0,1 mm. Jangka sorong mempunyai dua rahang,yakni rahang tetap dan rahang sorong. Pada rahang tetap dilengkapi dengan skala utama, sementara pada rahang sorong ada skala nonius atau skala vernier. Skala nonius mempunyai panjang 9 mm yang terbagi menjadi 10 skala dengan tingkat kecermatan 0,1 mm.

Hasil pengukuran menggunakan jangka sorong berdasarkan angka pada skala utamadiperbanyak angka pada skala nonius yang dihitung dari 0 hingga dengan garis skala nonius yang berimpit dengan garis skala utama.

4. Mikrometer Sekrup

Mikrometer sekrup adalahalat ukur ketebalan benda yang relatif tipis,contohnya kertas, seng, dan karbon. Pada mikrometer sekrup ada dua macam skala, yakni skala tetap dan skala putar (nonius).
Mikrometer
1) Skala tetap (skala utama)
Skala tetap terbagi dalam satuan milimeter (mm). Skala ini ada pada laras dan terbagi menjadi dua skala, yakni skala atas dan skala bawah.
2) Skala putar (skala nonius)
Skala putar ada pada besi epilog laras yang sanggup berputar dan sanggup bergeser ke depan atau ke belakang. Skala ini terbagi menjadi 50 skala atau unsur ruas yang sama. Satu putaran pada skala ini menjadikan skala utama bergeser 0,5 mm.

Posting Komentar untuk "Pengertian Panjang Dan Jenis Jenis Alat Ukur Besaran Panjang"