Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Habitat, Ciri-Ciri, Jenis-Jenis, Dan Contohnya

Pengertian, Habitat, Ciri-ciri, Jenis-jenis, dan Contohnya - Para andal ilmu tumbuhan memasukkan makhluk hidup itu ke dalam dunia tumbuhan alasannya ialah berklorofil, sementara para ilmuan binatang memasukkannya ke dunia fauna lantaran bergerak aktif dan memiliki bintik mata. Sebagai jalan tengah, ditimbulkan kingdom Protista. Jadi, seluruh anggota kingdom Protista ialah makhluk hidup yang ”bukan fauna dan bukan pula tumbuhan”.




A. Pengertian Protista
Protista ialah makhluk hidup bersel satu atau bersel banyak dan sudah memiliki membran inti (selnya memiliki sifat eukariot). Protista bukan merupakan fauna ataupun tumbuhan, tetapi melulu memiliki sifat yang mirip hewan,tumbuhan, ataupun jamur. Semua makhluk hidup eukariotik yang bukan merupakan fauna dan tumbuhan masuk dalam kumpulan Protista. Kelompok makhluk hidup Protista yang serupa tumbuhan ialah ganggang (Algae), kumpulan Protista yang serupa hewanialah Protozoa, sedangkan kumpulan Protista yang serupa jamur ialah jamur lendir dan jamur air.

B. Habitat Protista
Protista seringkali ditemukan di dalam air, sanggup berupa plankton yang melayang-layang di dalam air atau menempel di dasar sungai, laut, atau danau. Protista sanggup pula hidup di dalam tanah dan di tempattempat yang lembap, baik sebagai benalu maupun sebagai saprofit, serta sanggup pula hidup bersimbiosis dengan organisme lainnya.
GAMBARMgid

C. Ciri-ciri Protista
Umumnya, Protista memiliki sifat aerobik dan menggunakan mitokondria guna respirasi. Pada kenyataannya, terdapat Protista yang sanggup berlaku sebagai produsen. Protista itu sanggup mengerjakan fotosintesis (dapatmenciptakan masakan sendiri). Nutrisi yang didapatkan dari fotosintesis Protistatersebut sanggup memiliki sifat fototropik, heterotropik, atau keduanya. Protista memiliki flagela atau cilia dalam hidupnya dan sanggup berkembang secara aseksual atau seksual. Pada situasi yang tidak cukup menguntungkan, Protista sanggup menyusun kistae.

D. Macam-macam atau Jenis-jenis Protista
Secara taksonomis, Protista sanggup dikelompokkan menjadi tiga kelompok,yakni sebagai berikut.
1. Protista yang Menyerupai Tumbuhan
Protista disebutkan mirip tumbuhan alasannya ialah beliau memiliki sifat autotrof, memiliki klorofil, dan dengan santunan cahaya mataharidapat melaksanakan fotosintesis. 
Contoh Protista yang serupa tumbuhan ialah ganggang yang terdiri atas filum Euglenophyta, ganggang hijau (Chlorophyta), ganggang cokelat (Phaeophyta), ganggang pirang (Chrysophhyta), ganggang merah (Rhodophyta), dan ganggang api (Pyrhophyta).

2. Protistayang Menyerupai Hewan
Dikatakan mirip fauna lantaran Protista ini memiliki sifat heterotrof. Protistaini sanggup memasukkan masakan dengan teknik menelanmelewati lisan pada membran selnya. Protista ini tidak sanggup membuat masakan sendiri alasannya ialah tidak berisi klorofil. 
Contoh Protista yang serupa binatang ialah Protozoa, terdiri atas filum Rhizopoda (berkaki semu), Flagellata (berbulu cambuk), Ciliata (berambut getar), dan Sporozoa (penghasil spora).

3. Protista yang Menyerupai Jamur
Protista ini mengerjakan pencernaan masakan di luar sel, lantas terjadi peresapan sari-sari masakan hasil pencernaan masakan oleh tubuh. 
Contoh Protista yang serupa jamur ini ialah jamur air dan jamur lendir.

Posting Komentar untuk "Pengertian, Habitat, Ciri-Ciri, Jenis-Jenis, Dan Contohnya"