Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hukum Pascal: Pengertian, Rumus, Penerapan, Manfaat, Rujukan Soal

Materi IPA Fisika - Pelajaran hari ini membahas perihal Hukum Pascal. Adapun yang akan dijabarkan, meliputi: pengertian, rumus, penerapan kehidupan sehari-hari atau prinsip kerja, manfaat, dan contoh soal beserta pembahasannya.

Apakah kalian tahu siapa penemu aturan pascal dan bagaimana ditemukannya aturan ini?

Hukum pascal ditemukan oleh fisikawan asal Prancis berjulukan Blaise Pascal (1623-1662). 

Ternyata pada ketika ditemukannya aturan ini, ia dalam kedaan menjalani pengobatan sebab penyakit kanker yang dideritanya.

Saat ia sedang menjalani pengobatan tersebut, ia melaksanakan eksperimen dalam bentuk bermain-main dengan air sehingga terciptalah teori aturan pascal.

Sebagaimana yang kita ketahui teorinya adalah

"Jika Anda menenak ujung kantong yang terbuat dari materi plastik berisi air, dan plastik tesebut sangat banyak mempunyai lubang, maka yang terjadi ialah air memancar sama berpengaruh dari setiap lubang yang ada".

Hal tersebut kemudian disimpulkan oleh Blaise Pascal dengan suara hukumnya:

 Hukum pascal ditemukan oleh fisikawan asal Prancis berjulukan  HUKUM PASCAL: Pengertian, Rumus, Penerapan, Manfaat, Contoh Soal


A. Bunyi Hukum Pascal


"Tekanan yang diberikan pada zat cair di dalam sebuah ruang tertutup diteruskan sama besar ke segala arah".

B. Pengertian Hukum Pascal


Sebagaimana yang dikatakan oleh Lohat (2008) apabila dilihat dari zat cair yang ada pada suatu wadah, maka tekanan zat cair ke dasar wadah terang lebih besar dibanding tekanan di penggalan atasnya.

Dengan kata lan, jikalau semakin ke bawah, maka akan semakin besar tekanannya. Jika yang terjadi sebaliknya, maka semakin mengecilnya tekanan zat cair.

Hukum Pascal ialah sebuah aturan fisika fluida yang menyatakan bahwa tekanan yang diberikan pada Fluida statis di dalam sebuah ruang tertutup akan diteruskan ke segala arah dengan tekanan yang sama berpengaruh dan sama rata.

Hal ini berarti jikalau tekanan yang ada pada sebuah ember sama besar di setiap kawasan di ember tersebut. Hal ini yang dijadikan teladan atau prinsip dari aturan pascal.

C. Rumus Hukum Pascal


 Hukum pascal ditemukan oleh fisikawan asal Prancis berjulukan  HUKUM PASCAL: Pengertian, Rumus, Penerapan, Manfaat, Contoh Soal








Keterangan:

  • F1 = Gaya tekan pada ember I (N)
  • F2 = Gaya ekan pada ember II (N)
  • A1 = Luas penampang ember I (M^2)
  • A2 = Luas penampang ember II (M^2)


Jika diketahui jari-jari atau diameter, maka rumusnya berubah menjadi:

 Hukum pascal ditemukan oleh fisikawan asal Prancis berjulukan  HUKUM PASCAL: Pengertian, Rumus, Penerapan, Manfaat, Contoh Soal


Keterangan:

  • F1 = Gaya pada penampang 1 (N)
  • F2 = Gaya pada penampang 2 (N)
  • D1 = Diameter pada penampang 1 (M)
  • D2 = Diameter pada penampang 2 (M)
  • R1 = Jari-jari pada penampang 1 (M)
  • R2 = Jari-jari pada penampang 2 (M)


D. Prinsip Kerja/ Penerapan Hukum Pascal

 Hukum pascal ditemukan oleh fisikawan asal Prancis berjulukan  HUKUM PASCAL: Pengertian, Rumus, Penerapan, Manfaat, Contoh Soal

1. Rem Hidrolik pada Mobil, Bus, dan Truk

Hukum Pascal juga sanggup kita temukan pada rem hidrolik yang gampang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa pada prinsip dasar kerja acara pengereman ialah adanya pemanfaatan gaya gesek yang juga berkaitan dengan aturan pascal ini.

Pada rem hidrolk terdapat pipa-pipa yang berisi cairan berpa minyak rem. Pada ujung-ujung pipa tersebut terdapat piston pelopor yakni pedal dan piston cakram.

Pipa dan piston inilah yang memegang peranan yang sangat penting dimana konsep dan strukturnya telah didesain sedemikian rupa sehingga sesuai dengan aturan Pascal ini, dengan tujuannya menghasilkan daya cakram yang besar daripada penginjakan pedal rem.

2. Pompa Hidrolik Sepeda atau Sepeda Motor

Pompa hidrolik bekerja dengan cara menghisap oli dari tangki hidrolik dan mendorongnya kedalam sistem hidrolik dalam bentuk aliran.

Aliran inilah yang dimanfaatkan dengan cara merubahnya menjadi tekanan. Tekanan dihasilkan dengan cara menghambat aliran oli dalam sistem hidrolik.

Ada dua macam peralatan yang biasanya dipakai untuk mengubah energi mekanik menjadi energi hidrolik yaitu motor hidrolik dan aktuator.

3. Dongkrak Hidrolik

Dongkrak hidrolik bekerja sesuai dengan prinsip aturan pascal yang mempunyai kegunaan untuk meringankan pekerjaan.

Dongkrak hidrolik sering dipakai oleh pengemudi truk jikalau truknya ada masalah/kendala. Misalnya dipakai pada ketika ban kendaraan beroda empat bocor dan butuh untuk mengganti roda mobil.

Dongkrak ini merupakan sistem ember berafiliasi (2 tabung) yang berbeda luas penampangnya.

Dengan menaik-turunkan piston, maka tekanan pada tabung pertama akan dipindahkan ke tabung kedua sehingga sanggup mengangkat beban yang berat.

4. Press Hidrolik

Press hidrolik bekerja menurut aturan pascal, cara kerjanya memakai sistem hidrolik.

Sebuah mesin hidrolik terdiri dari komonen dasar yang dipakai dalam sistem hidrolik yang meliputi slinder, pipa hidrolik, piston, dll.

Prinsip kerjanya sangat sederhana, sistem ini terdiri dari dua sliner, cairan (biasanya minyak) dituangkan dalam slinder yang mempunyai diameter kecil.

5. Mesin Hidrolik pengangkat Mobil

Pasti kalian pernah ke kawasan cucian mobil, disana ternyata terdapat mesin hidrolik. Untuk mengangkat kendaraan beroda empat biasanya tukang basuh tinggal memencet tombol saklar sebab terhubung dengan listrik.

Mengangkat kendaraan beroda empat yang massanya 1 ton hanya dengan memakai gaya yang kecil sehingga kendaraan beroda empat sanggup terangkat dan gampang dicuci penggalan bawahnya.

6. Jarum Suntik

Jarum suntik rupanya juga memakai huum pascal. Supaya cairan dalam jarum suntik sanggup masuk ke dalam tubuh, kita hanya tinggal memompa saja jarum suntiknya, maka cairan akan gampang masuk ke dalam tubuh.

E. Manfaat Hukum Pascal


  1. Mempermudah serta meringankan pekerjaan manusia, khususnya menyangkut alat berat.
  2. Menopang hampir semua kegiatan di dunia kerja industri.
  3. Diaplikasikan dalam bentuk teknologi sesuai kebutuhan.
  4. Alat-alat mengaplikasikan aturan pascal terus dikembangkan.


F. Contoh Soal Hukum Pascal beserta Pembahasannya


Soal 1

Luas penampang dongkrak hidrolik masing-masing 0,04 m2 dan 0,10 m2. Jika gaya masukan ialah 5 Newton, berapa gaya keluaran maksimum ?

Pembahasan

Dik: A1 = 0,04 m2
A2 = 0,10 m2
F1 = 5 N
Ditanya : F2 ?
Jawab : F1/A1 = F2/A2
5/0,04 = F2/0,10
125 = F2/0,10
F2 = (125)(0,10) = 12,5 N


Demikianlah artikel hari ini perihal HUKUM PASCAL: Pengertian, Rumus, Penerapan, Manfaat, Contoh Soal. Semoga bermanfaat bagi Anda. Untuk membantu blog ini semoga berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terimakasih.
Referensi: https://gurumuda.net/contoh-soal-hukum-pascal.htm
http://www.anneahira.com/hukum-pascal.htm
https://ritaelfianis.com/pengertian-manfaat-dan-contoh-hukum-pascal/
http://fismath.com/rumus-hukum-pascal-dan-contoh-soal-hukum-pascal/
https://duniainformasisemasa326.blogspot.com//search?q=hukum-newton
http://www.astalog.com/1037/5-contoh-penerapan-hukum-pascal-dalam-kehidupan-sehari-hari.htm

Posting Komentar untuk "Hukum Pascal: Pengertian, Rumus, Penerapan, Manfaat, Rujukan Soal"