Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hukum Newton (1,2,3) Pengertian, Bunyi, Rumus, Teladan Lengkap

Materi IPA Fisika Kelas 8/VIII, 10/X, 11/XI, 12/XII - Artikel hari ini membahas wacana Hukum Newton 1,  2 dan 3, adapun yang akan kita ketahui dalam materi ini, yaitu: pengertian, bunyi, rumus dan referensi penerapannya pada kehidupan sehari-hari.

Sebelumnya kita telah membahas Hukum Avogadro. Apakah kalian tahu apa yang dimaksud dengan aturan newton? Hukum newton menggambarkan kekerabatan antara gaya yang bekerja pada suatu benda dan gerak yang disebabkannya.

Hukum newton merupakan pengembangan dari teori yang dikemukakan oleh ilmuwan berjulukan Galileo. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, marilah kita simak materi ini.

 adapun yang akan kita ketahui dalam materi ini Hukum Newton (1,2,3) Pengertian, Bunyi, Rumus, Contoh Lengkap


Pengertian Hukum Newton


Hukum Newton 1 / I

Hukum Newton 1 / I menjelaskan bahwa jikalau resultan gaya dari suatu benda yaitu sama denga nol, maka benda yang posisinya membisu akan tetap membisu dan benda yang sedang bergerak akan tetap bergerak dengan kecepatan konstan.


Hukum Newton 2 / II

Hukum Newton 2 / II menjelaskan bahwa percepatan benda yang disebabkan oleh resultan gaya yang bekerja pada suatu benda yaitu berbanding lurus dengan resultan gayanya, dan berbanding terbalik dengan massa dari bendanya.

Hukum Newton 3 / III

Hukum Newton 3 / III menjelaskan jikalau benda B memperlihatkan gaya pada benda A, maka benda A aka nmemberikan gaya pada benda B, yang besarnya sama tetapi arahnya berlawanan.

Bunyi Hukum Newton


Hukum Newton 1 / I

"Jika resultan gaya yang bekerja pada benda yang sama dengan nol, maka benda yang mula-mula membisu akan tetap diam. Benda yang mula-mula bergerak lurus beraturan akan tetap lurus beraturan dengan kecepatan tetap". 

Hukum Newton 2 / II

"Percepatan dari suatu benda akan sebanding dengan jumlah gaya (resultan gaya) yang bekerja pada benda tersebut dan berbanding terbalik dengan massanya". 

Hukum Newton 3 / III

"Jika suatu benda memperlihatkan gaya pada benda lain maka benda yang dikenai gaya akan memperlihatkan gaya yang besarnya sama dengan gaya yang di terima dari benda pertama tetapi arahnya berlawanan". 

Rumus Hukum Newton


Hukum Newton 1 / I

∑F = 0

Atau,

Resultan gaya (Kg m/s2)

Hukum Newton 2 / II

F = m x a

Dengan,

F = gaya (N)
m = massa benda (Kg)
a = percepatan (m/s2)

Hukum Newton 3 / III

1. Gaya Gesek

 adapun yang akan kita ketahui dalam materi ini Hukum Newton (1,2,3) Pengertian, Bunyi, Rumus, Contoh Lengkap







2. Gaya Berat

 adapun yang akan kita ketahui dalam materi ini Hukum Newton (1,2,3) Pengertian, Bunyi, Rumus, Contoh Lengkap







3. Berat Sejenis

 adapun yang akan kita ketahui dalam materi ini Hukum Newton (1,2,3) Pengertian, Bunyi, Rumus, Contoh Lengkap










Contoh Penerapan dalam Kehidupan Sehari-hari


Hukum Newton 1 / I

  1. Pada dikala kertas diletakkan di bawah gelas beling kemudian ditarik dengan cepat, maka gelas akan tetap membisu lantaran gayanya sebesar nol.
  2. Pada dikala kita hendak mengerem motor atau sepeda, badan kita otomatis akan terdorong ke depan.
  3. Pada dikala kita menginjak gas kendaraan beroda empat atau memutar gas sepeda motor, maka badan kita akan terdorong ke arah belakang.
  4. Dua Gajah bermassa sama saling dorong, keduanya tidak ada yang bergeser posisinya.
  5. Bola yang menggelinding di atas permukaan es licin akan terus menggelinding dengan kecepatan tetap lantaran jikalau tidak dikenai gaya atau resultan gayanya nol.

Hukum Newton 2 / II

  1. Mobil truk yang membawa massa benda sedikit maka dapat mendapat percepatan yang lebih besar, dibandingkan kendaraan beroda empat truk yang membawa muatan yang sangat banyak.
  2. Pada dikala seseorang mendorong gerobak sate dengan kekuatan tertentu dan gerobak tersebut akan berjalan dengan percepatan tertentu
  3. Mobil yang sedang berjalan dengan massa kendaraan beroda empat beratnya 1 ton kemudian bergerak dengan percepatan 1 m/s^2
  4. Kudanil besar mendorong warak kecil sehingga kudanil kecil terpental.
  5. Pada dikala kita memindahkan kotak yang ringan akan lebih cepat dibandingkan memindahkan kotak yang berat jikalau kita memakai gaya dorong yang sama.

Hukum Newton 3 / III

  1. Semburan gas panas ke bawah yang dihasilkan oleh pembakaran materi bakar roket akan mendorong roket tersebut meluncur ke atas.
  2. Seseorang sedang mendayung sebuah perahu, kemudian ia mendayung ke arah belakang kemudian bahtera tersebut akan bergerak ke depan akhir adanya gaya yang kita berikan kepada air dengan memakai dayung.
  3. Pada roket air, tekanan air yang mengandung detergen dalam keadaan tinggi. Pada saa tutup roket di buka maka air akan menyembur ke bawah sehingga mendorong roket ke arah atas.
  4. Jika kita menekan hidung, hidung juga menekan tangan kita.
  5. Pada dikala kita memukul meja akan terasa sakit lantaran meja memperlihatkan gaya dorong sebagai reaksi ke tangan kita.

Baca juga: 



Demikianlah artikel hari ini wacana Hukum Newton (1,2,3) Pengertian, Bunyi, Rumus, Contoh Lengkap. Semoga bermanfaat bagi Anda. Untuk membantu blog ini semoga berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya. Sekian dan terimakasih.

https://ardra.biz/sain-teknologi/ilmu-dan-teknologi-terapan/pengertian-contoh-perhitungan-hukum-newton-i-ii-iii/
https://enjiner.com/hukum-newton/
https://duniainformasisemasa326.blogspot.com//search?q=hukum-avogadro
https://brainly.co.id/tugas/416226

Posting Komentar untuk "Hukum Newton (1,2,3) Pengertian, Bunyi, Rumus, Teladan Lengkap"