Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Menciptakan Magnet (Menggosok, Induksi, Dialiri) Dengan Gambarnya

3 Cara Membuat Magnet (Menggosok, Induksi, Dialiri) dengan Gambarnya - Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan artikel mengenai cara menciptakan magnet dengan cara menggosok, induksi, mengalirkan arus listrik DC beserta gambarnya.

Magnet mempunyai dua jenis yaitu magnet alam dan magnet buatan. Berikut ini ialah beberapa cara untuk menciptakan magnet, antara lain:

  1. Membuat magnet dengan cara menggosok.
  2. Membuat magnet dengan cara induksi (imbas).
  3. Membuat magnet dengan cara mengalirkan arus listrik DC.

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan artikel mengenai  3 Cara Membuat Magnet (Menggosok, Induksi, Dialiri) dengan Gambarnya



1. Membuat magnet dengan cara menggosok

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan artikel mengenai  3 Cara Membuat Magnet (Menggosok, Induksi, Dialiri) dengan Gambarnya

Secara fisika bahwa benda-benda yang sanggup dibentuk menjadi magnet ialah benda atau material yang sudah mempunyai sifat kemagnetan yang terdiri dari domain-domain atau magnet-magnet berukuran kecil yang disebut magnet elementer.

Benda-benda berukuran kecil, misalnya paku atau jarum apabila hendak kita dekatkan dengan sebatang besi atau sebatang baja benda-benda kecil itu tidak akan sanggup ditarik oleh batang besi dan baja.

Hal tersebut mengatakan bahwa besi atau baja tidak bersifat sebagai magnet. Bahan magnet sanggup dijadikan magnet dengan cara menggosokkan salah satu ujung magnet di sepanjang batang baja atau besi ke satu arah secara berulang-ulang. Ujung final materi yang digosok akan menjadi kutub yang berlawanan dengna kutub magnet yang menggosok.

Ketika terjadinya penggosokan dengan arah yang teratur menimbulkan adanya imbas medan magnet dari magnet permanen yang sanggup dipakai untuk menyearahkan posisi domain. Dengan posisi yang satu arah menimbulkan adanya gaya yang ditimbulkan oleh domain tersebut sehingga benda menjadi bermagnet.

2. Membuat magnet dengan cara Induksi (imbas)

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan artikel mengenai  3 Cara Membuat Magnet (Menggosok, Induksi, Dialiri) dengan Gambarnya

Peristiwa batang besi atau baja menjadi magnet berada di dekatnya (tanpa menyentuh) disebut induksi magnet. Ujung materi magnetik didekatkan ke ujung magnet utama akan menjadi kutub yang berlawanan dengan kutub magnet utama yang terdekat.

Sebuah paku besar akan didekatkan pada sebuah magnet yang ditaruh pada statif maka paku akan melekat ke magnet. Paku yang telah melekat didekati ke paku-paku kecil, rupanya paku-paku kecil juga melekat ke paku besar tersebut.

Mengapa terjadi hal menyerupai itu? Hal ini disebabkan oleh paku besar yang berada di dalam medan magnet terkena induksi sehingga bersifat sebagai magnet. Secara konsep sama menyerupai pembuatan magnet dengan cara digosok atau dililiti kumparan yang dialiri oleh listrik.

Pengaruh medan magnet berakibat sehingga paku yang melekat pada magnet permanen memungkinkan posisi domain-domainnya menjadi teratur dan bersifat sebagai benda magnet.

3. Membuat magnet dengan mengalirkan arus listrik DC

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan artikel mengenai  3 Cara Membuat Magnet (Menggosok, Induksi, Dialiri) dengan Gambarnya

Untuk menciptakan magnet dengan cara ini, materi magnet dililiti oleh kawat berarus listrik. Kawat yang dipakai ialah kawat berisolasi (beremail). Membat magnet dengan cara ini disebut elektromagnet. Untuk memilih ujung mana yang menjadi kutub utara dan selatan dipakai kaidah tangan kanan.

Bayangkan tangan kananmu mengenggam kumparan sedemikian rupa sehingga arah putaran keempat jari mengatakan arah arus. Arah ibu jari ke ujung yang menjadi kutub utara.

Baca juga: Magnet (Pengertian, Macam, Jenis, Bentuk, Sifat, Teori)

Demikianlah artikel kali ini perihal 3 Cara Membuat Magnet (Menggosok, Induksi, Dialiri) dengan Gambarnya. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terimakasih.

Referensi: Lomba Kompetensi Siswa Ilmu Pengetahuan Alam IX
https://duniainformasisemasa326.blogspot.com//search?q=magnet-pengertian-macam-jenis-bentuk-sifat-teori

Posting Komentar untuk "3 Cara Menciptakan Magnet (Menggosok, Induksi, Dialiri) Dengan Gambarnya"