Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peranan/Manfaat Flora Dan Binatang Bagi Insan (Lengkap)

Peranan/Manfaat Tumbuhan dan Hewan bagi Manusia (Lengkap) - Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan artikel perihal peranan tumbuhan bagi manusia, peranan binatang bagi manusia, manfaat tumbuhan bagi manusia, manfaat binatang bagi manusia.

Kelestarian keanekaragaman jenis makhluk hidup harus senantiasa diperhatian semoga keseimbangan ekosistem selalu terjaga. Ekosistem yang seimbang dibutuhkan untuk mempertahankan kehidupan manusia. Keanekaragaman tumbuhan dan binatang penting untuk kesejahteraan manusia.

Tumbuhan dan binatang memiliki tugas dan manfaat yang penting bagi manusia. Berikut ini beberapa peranan tumbuhan dan binatang yaitu sebagai berikut.

Manfaat Tumbuhan dan Hewan bagi Manusia  Peranan/Manfaat Tumbuhan dan Hewan bagi Manusia (Lengkap)



1. Manfaat Pangan, Pakaian, Perumahan, dan Kesehatan


Makhluk hidup sebagai sumber pangan tidak diragukan lagi keberadaannya. Perhatikan masakan yang tersaji di meja makan! Dari manakah kau mendapat materi masakan itu? Semua tentunya berasal dari makhluk hidup.

Pakaian juga berasal dari makhluk hidup, contohnya sutra dan kapas. Untuk mendirikan perumahan, kayu merupakan materi dasar yang penting. Selain itu, banyak sekali perabot rumah tangga juga dibentuk dari kayu.

Saat ini sedang marak penggunaan obat tradisional yang berasal dari makhluk hidup sebagai alternatif pengobatan. Obat tradisional merupakan derma banyak sekali makhluk hidup untuk kesehatan manusia.

2. Manfaat Ekonomi


Bahan baku industri membutuhkan makhluk hidup sebagai materi bakunya. Industri perkebunan, obat-obatan, kosmetik, makanan, dan miuman, merupakan pola industri yang berkaitan bersahabat dengan keberadaan makhluk hidup.

Selain itu, banyak jenis-jenis makhluk hidup yang sanggup diambil dari alam atau hutan dan diperdagangkan langsung, contohnya rotan dan umbi-umbian. Jadi, keanekaragaman makhluk hidup merupakan sumber ekonomi bagi masyarakat dan bangsa Indonesia.

3. Manfaat Ekosistem


Keanekaragaman makhluk hidup berperan penting untuk menjaga keseimbangan ekosistem. Contonya, tumbuhan di hutan tropis banyak menghasilkan oksigen dan menyerap banyak karbon dioksida dari udara.

Dikatakan bahwa hujan tropis merupakan paru-paru dunia sebab peranan pentingnya menjaga keseimbangan komposisi gas di udara. Semakin beraneka ragam makhluk hidup yang terdapat pada suatu ekosistem akan membuat ekosistem itu semakin stabil.

4. Manfaat Keilmuan


Keberadaan makhluk hidup berperan penting bagi perkembangan ilmu pengetahuan. Keanekaragaman makhluk hidup merupakan sumber plasma nutfah. Keanekaragaman plasma nutfah dibutuhkan untuk membuat jenis-jenis tumbuhan atau binatang akal daya yang unggul.

Selain itu, adanya keanekaragaman hayati memungkinkan untuk menemukan sumber alternatif bagi pangan, obat-obatan, dan kebutuhan dasar insan lainnya.

Demikianlah artikel kali ini perihal Peranan/Manfaat Tumbuhan dan Hewan bagi Manusia (Lengkap). Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terimakasih.

Sumber: Modul/LKS Ilmu Pengetahuan Alam Kelas XII

Posting Komentar untuk "Peranan/Manfaat Flora Dan Binatang Bagi Insan (Lengkap)"