Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prinsip-Prinsip Remedial Teaching

Jejak Pendidikan- Ada beberapa prinsip yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran remedial sesuai dengan sifatnya sebagai pelayanan khusus, antara lain:

1) Adaptif

Setiap individu penerima didik mempunyai huruf dan keunikan sendiri-sendiri, oleh alasannya yaitu itu aktivitas pembelajaran remedial hendaknya memungkinkan penerima didik untuk mencar ilmu sesuai dengan kecepatan, kesempatan, dan gaya mencar ilmu masing-masing. Dengan kata lain, pembelajaran remedial harus mengakomodasi perbedaan individual penerima didik.
 Ada beberapa prinsip yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran remedial sesuai dengan si Prinsip-Prinsip Remedial Teaching

2) Interaktif

Dalam proses pembelajaran remedial hendaknya memungkinkan penerima didik untuk secara intensif berinteraksi dengan pendidik dan sumber mencar ilmu yang tersedia. Hal ini didasarkan atas pertimbangan bahwa kegiatan mencar ilmu penerima didik yang bersifat perbaikan perlu mendapat monitoring dan pengawasan semoga diketahui kemajuan belajarnya. Jika dijumpai adanya penerima didik yang mengalami kesulitan segera diberikan bantuan.

3) Fleksibilitas dalam Metode Pembelajaran dan Penilaian.

Sejalan dengan sifat keunikan dan kesulitan mencar ilmu penerima didik yang berbeda-beda, maka dalam pembelajaran remedial perlu dipakai banyak sekali metode mengajar yang sesuai dengan karakteristik penerima didik.

4) Pemberian Umpan Balik Sesegera Mungkin

Umpan balik berupa info yang diberikan kepada penerima didik mengenai kemajuan belajarnya perlu diberikan sesegera mungkin. Umpan balik sanggup bersifat korektif maupun konfirmatif. Dengan sesegera mungkin memperlihatkan umpan balik sanggup dihindari kekeliruan mencar ilmu yang berlarut-larut yang dialami penerima didik.

5) Kesinambungan dan Keterbatasan dalam Pemberian pelayanan

Program pembelajaran reguler dalam pembelajaran remedial merupakan satu kesatuan, dengan demikian aktivitas pembelajaran reguler dengan remedial harus berkesinambungan dan programnya selalu tersedia semoga setiap ketika penerima didik sanggup mengaksesnya sesuai dengan kesempatan masing-masing.


Prinsip-prinsip tersebut di atas sangatlah penting dalam mendukung proses pembelajaran remedial, dan seorang guru hendaknya benar-benar memahami prinsip-prinsip tersebut, semoga nantinya penerima didik tidak merasa kesulitan lagi dalam mengikuti proses pembelajaran remedial. 

Posting Komentar untuk "Prinsip-Prinsip Remedial Teaching"