Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Remedial Teaching

Jejak Pendidikan- Pengajaran remedial mempunyai fungsi yang amat penting dalam proses mencar ilmu mengajar. Adapun beberapa fungsi pengajaran remedial tersebut ialah :

1) Fungsi Korektif

Artinya melalui pengajaran remedial sanggup diadakan pembentukan atau perbaikan terhadap sesuatu yang dianggap masih belum mencapai apa yang dibutuhkan dalam keseluruhan proses mencar ilmu mengajar.

 mempunyai fungsi yang amat penting dalam proses mencar ilmu mengajar Fungsi Remedial TeachingDalam fungsi ini pengajaran remedial sanggup diadakan pembetulan atau perbaikan, mengenai: perumusan tujuan, penggunaan metode, cara-cara belajar, materi atau alat pelajaran, evaluasi, segi-segi pribadi, dan lain-lain. Dengan demikian, Remedial Teaching mempunyai fungsi korektif lantaran dilakukan pembetulan terhadap prsoes mencar ilmu mengajar. Dengan perbaikan terhadap hal-hal tersebut di atas, maka hasil mencar ilmu murid beserta faktor-faktor yang menghipnotis sanggup diperbaiki dan ditingkatkan. 

2) Fungsi Penyesuaian

Penyesuaian pengajaran perbaikan terjadi antara siswa dengan tuntutan dalam proses belajarnya. Yang dimaksud fungsi penyesuian ialah supaya sanggup membantu siswa untuk menyesuaikan dirinya terhadap tuntutan belajar, sehingga murid sanggup mencar ilmu sesuai dengan keadaan dan kemampuan pribadinya sehingga mempunyai peluang yang besar untuk memperoleh hasil mencar ilmu yang lebih baik.

Dalam remedial teaching, siswa dibantu untuk mencar ilmu sesuai dengan kemampuan dan keadaannya, sehingga hal ini tidak merupakan beban bagi siswa. Karena pembiasaan beban mencar ilmu itu menunjukkan peluang kepada siswa untuk memperoleh prestasi mencar ilmu yang lebih baik.

Oleh lantaran itu, siswa harus diberikan kesempatan mencar ilmu sesuai dengan kemampuan pribadi supaya mempunyai peluang memperoleh hasil mencar ilmu yang lebih baik. Dengan tuntutan mencar ilmu yang sesuai dengan sifat, jenis dan latar belakang kesulitannya dibutuhkan mendorong atau memotivasi mencar ilmu yang lebih baik.

3) Fungsi Pemahaman

Artinya dari pihak guru, siswa, atau pihak lain sanggup membantu siswa. Maksud fungsi pemahaman ialah supaya dalam pengajaran remedial memungkinkan guru, murid dan pihak-pihak lain sanggup memperoleh pemahaman yang lebih baik terhadap pribadi murid. Diharapkan murid juga sanggup lebih memahami dirinya dan segala aspeknya. Begitu pula guru dan pihak-pihak lainnya sanggup lebih memahami akan keadaan pribadi murid.

Adanya pemahaman terhadap siswa, dibutuhkan semua personel yang terlibat pada proses pengajaran menyadari interaksi antar mereka dalam mencapai tujuan pengajaran yang ditetapkan. Makara guru, siswa dan pihak yang terlibat harus memahami acara proses pengajaran yang berlangsung.

4) Fungsi Pengayaan

Fungsi pengayaan dimaksudkan supaya remedial teaching sanggup memperkaya proses mencar ilmu mengajar. Bahan pelajaran yang tidak disampaikan dalam pelajaran reguler sanggup diperoleh melalui remedial teaching. Pengayaan sanggup terletak dalam segi metode yang dipergunakan dalam pengajaran perbaikan, sehingga hasil yang diperoleh lebih banyak, lebih dalam atau prestasi belajarnya lebih kaya.

Jadi, dalam Remedial Teaching guru berusaha membantu siswa yang mengalami kesulitan mencar ilmu dengan menambah banyak sekali materi pelajaran yang belum atau tidak disampaikan dalam pelajaran biasa. Disamping itu penggunaan metode mengajar serta alat pelajaran pun dikembangkan supaya siswa memperoleh hasil yang lebih mendalam perihal materi pelajaran tersebut.

5) Fungsi Akselerasi

Fungsi akselerasi ialah supaya Remedial Teaching sanggup mempercepat proses mencar ilmu lebih dalam arti waktu maupun materi. Misalnya, murid yang tergolong lambat dalam mencar ilmu sanggup dibantu lebih cepat proses belajarnya melalui pengajaran remedial. Maksudnya pengajaran remedial sanggup mempercepat proses mencar ilmu baik dari segi waktu maupun materi, sehingga sanggup menunjang pencapaian hasil mencar ilmu yang lebih baik.

6) Fungsi Terapuetik

Secara eksklusif maupun tidak pengajaran remedial ialah memperbaiki atau menyembuhkan kondisi pribadi yang menyimpang. Penyembuhan ini sanggup menunjang pencapaian prestasi belajar. Dan pencapaian prestasi yang baik sanggup menghipnotis pribadi (timbal balik). Dari Uraian diatas menjadi jelaslah bahwa fungsi pembelajaran remedial ialah untuk membantu guru dalam mengatasi siswa yang mengalami kesulitan dalam problem belajarnya.

Rujukan:
Iskandar, Psikologi pendidikan, (Ciputat: Gaung persada press, 2009).

Posting Komentar untuk "Fungsi Remedial Teaching"