Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penilaian Pendidikan Karater

Jejak Pendidikan- Teknik evaluasi yang dipakai dalam pembelajaran di sekolah ada dua yaitu evaluasi terhadap pengembangan pengetahuan (kognitif) siswa yang mengacu pada prinsip ketuntasan belajar, yaitu didasarkan pada penguasaan kompetensi dasar mata pelajaran yang diikuti. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) merupakan kriteria paling rendah untuk menyatakan siswa mencapai ketuntasan belajar. 


Penilaian yang kedua ialah evaluasi terhadap pengembangan kepribadian siswa (afektif) termasuk perkembangan pendidikan karakter. Karakter yang dipakai untuk menyatakan seberapa baik seorang anak (siswa).


Dengan kata lain, sesorang yang menampilkan kualitas personal yang cocok dengan yang diinginkan masyarakat sanggup dinyatakan mempunyai abjad yang baik dan berbagi kualitas abjad sering dilihat sebagai tujuan pendidikan.Penilaian ini akan dilakukan melalui model pengukuran sikap dari masing-masing siswa.



Rujukan:

Fadillah, Muhammad dan Lilif Mualifatu Khorida. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Fitri Agus Zaenal,Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah,(Jogjakarta:Ar-Ruzz Media,2012)
Mukhlas Samani, Menggagas Pendidikan Karakter, (Surabaya : SIC, 2010) cet ke-2.
Kementerian Pendidikan Nasional, Pendidikan Karakter, ( Jakarta : 2010 )

Posting Komentar untuk "Penilaian Pendidikan Karater"