Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Metode Demonstrasi

Jejak pendidikan- Demonstrasi berasal dari kata demonstratrion yang artinya pertunjukan. Metode demonstrasi yakni metode penyajian pelajaran dengan peragaan dan mempertunjukkan kepada penerima didik wacana suatu proses, situasi atau benda tertentu, baik sebetulnya atau hanya sekedar tiruan.

Demonstrasi dalam hubungannya dengan penyajian gosip sanggup diartikan sebagai upaya peragaan wacana suatu cara melaksanakan sesuatu. Metode demonstrasi ini yakni metode mengajar dengan cara memperagakan barang, kejadian, aturan, dan urutan melaksanakan suatu kegiatan, baik secara pribadi maupun melalui penggunaan media pengajaran yang relevan dengan pokok bahasan yang disajikan.

Model demonstrasi ini sanggup bersifat konstruktivis bila dalam demonstrasi, guru tidak hanya menunjukkan proses ataupun alatnya, tetapi disertai banyak pertanyaan yang mengajak penerima didik berfikir dan menjawab duduk perkara yang diajukan. Maka demonstrasi yang baik selalu diawali dengan pertanyaan-pertanyaan dari guru, sehingga penerima didik berfikir dan menciptakan hipotesis ataupun wangsit awal. Setelah itu guru gres menunjukkan demonstrasinya dan penerima didik sanggup mengamati apakah yang mereka pikirkan dan jawabkan itu sama dengan yang mereka amati.

Selama proses demonstrasi dan juga pada akhir, guru tetap sanggup terus mengajukan pertanyaan kepada penerima didik. Dengan pertanyaan itulah, penerima didik dibantu terus membuatkan gagasan mereka dan aktif berfikir. Dengan demikian penerima didik bukan hanya melihat, tetapi aktif memikirkan, mengolah proses itu dalam pikirannya, dan mengambil kesimpulan. Bila selama demonstrasi guru yang aktif, maka sanggup terjadi penerima didik menjadi pasif dan tidak mencar ilmu secara konstruktivis.

Rujukan:
  1. Pupuh Fathurrohman, Strategi Belajar Mengajar Melalui Konsep Umum dan Konsep Islami, (Bandung: Refika Aditama, 2010),
  2. Suwarna, dkk., Pengajaran Mikro, (Yogyakarta: Tiara Wacana, 2005),
  3. Paul Suparno, Metode Pembelajaran Fisika, (Yogyakarta: Universitas Santa Dharma, 2007)
  4. Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: Kencana, 2007).

Posting Komentar untuk "Pengertian Metode Demonstrasi"