Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Model Pembelajaran Cooperative Script

Jejak Pendidikan- Model pembelajaran merupakan istilah yang dipakai untuk menggambarkan penyelenggaraan proses berguru mengajar dari awal hingga akhir. Model pembelajaran yaitu suatu planning atau contoh yang sanggup dipakai untuk membentuk kurikulum (rencana pembelajaran jangka panjang), merancang bahan-bahan pembelajaran, dan membimbing pembelajaran di kelas atau yang lain.
Pembelajaran kooperatif menampakkan wujudnya dalam bentuk berguru kelompok. Dalam berguru kelompokanak tidak diperkenankan mendominasi atau menggantungkan diri pada orang lain, tiap anggota kelompok dituntut untuk menawarkan urunan bagi keberhasilan kelompok sebab nilai hasil berguru kelompok ditentukan oleh hasil berguru (Abdurrahman, 1999:122).


Cooperative berasal dari kata Cooperate yang artinya bekerja sama, bantuan-membantu, gotong royong. Sedangkan kata dari Cooperation yang mempunyai arti kerja sama, koperasi persekutuan. Script ini berasal dari kata Script yang mempunyai arti uang kertas darurat, surat saham sementara dan surat andil sementara. 

Jadi pengertian dari Cooperative skripsi yaitu naskah goresan pena tangan, surat saham sementara. Kaprikornus pengertian dari Cooperative yaitu Strategi berguru dimana siswa berguru dalam kelompok kecil yang mempunyai kemampuan yang berbeda.
Metode Cooperative Script berdasarkan Departemen Nasional yaitu dimana siswa bekerja berpasangan dan bergantian secara mulut mengikhtisarkan bagian-bagian materi yang dipelajari. Pembelajaran cooperative script merupakan salah satu bentuk atau model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran cooperative script dalam perkembangannya mengalami banyak pembiasaan sehingga melahirkan beberapa pengertian dan bentuk yang sedikit berbeda antara yang satu dengan yang lainnya.

Beberapa pendapat para hebat mendefinisikan model pembelajaran cooperative script yaitu:

  1. Model pembelajaran cooperative script berdasarkan Dansereau dalam Slavin (1994) yaitu skenario pembelajaran kooperatif. Artinya setiap siswa mempunyai tugas dalam ketika diskusi berlangsung.
  2. Pembelajaran cooperative Script berdasarkan Schank dan Abelson dalam Hadi(2007:18) yaitu pembelajaran yang menggambarkan interaksi siswa menyerupai ilustrasi kehidupan sosial siswa dengan lingkungannya sebagai individu,dalam keluarga, kelompok masyarakat, dan masyarakat yang lebih luas.
  3. Brousseau (2002) dalam Hadi (2007:18) menyatakan bahwa model pembelajaran cooperative script yaitu secara tidak pribadi terdapat kontrak berguru antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa mengenai cara berkolaborasi.

Bahan Rujukan: 


  1. Abdurrahman. 1999. Pendidikan Bagi Anak Kesulitan Belajar. Jakarta:Rineka Cipta.
  2. Miftahul A’la. 2011. Quantum Teaching. Yogyakarta:Diva Press.
  3. Sutrisno Hadi.2007.Metodologi Research.Yogyakarta:Universitas Gajah Mada.
  4. Oemar Hamalik. 2000. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
  5. Oemar Hamalik. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
  6. Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  7. Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
  8. Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
  9. Muhibin Syah. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Posting Komentar untuk "Model Pembelajaran Cooperative Script"