Kriteria Menentukan Sumber Belajar
Jejak Pendidikan- Dalam menentukan sumber berguru harus memperhatikan dua kriteria yaitu kriteria umum dan kriteria menurut tujuan. Kriteria tersebut ialah sebagai berikut:
Rujukan:
Syah, Darwyan DKK, Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Agama Islam, (Jakarta : Gaung Persada Perss, 2007).
a. Kriteria umum
Kriteria umum merupakan ukuran agresif dalam menentukan sumber belajar, diantaranya ialah :- Ekonomis : tidak harus terpatok pada harga yang mahal,
- Praktis : tidak memerlukan pengelolaan yang rumit, sulit dan langka,
- Mudah : bersahabat dan tersedia di sekitar lingkungan kita,
- Fleksibel : sanggup dimanfaatkan untuk banyak sekali tujuan instruksional
- Sesuai dengan tujuan : mendukung proses dan pencapaian tujuan belajar, sanggup membangkitkan motivasi dan minat berguru siswa.
b. Kriteria menurut tujuan
Beberapa kriteria menentukan sumber berguru menurut tujuan diantaranya sebagai berikut :- Sumber berguru guna memotivasi, artinya pemanfaatan sumber berguru tersebut bertujuan meningkatkan minat, mendorong partisipasi, merangsang pertanyaan-pertanyaan, memperjelas masalah, dan sebagainya.
- Sumber berguru untuk pembelajaran, yakni untuk mendukung acara berguru mengajar.
- Sumber berguru untuk penelitian, merupakan bentuk yang sanggup diobservasi, dianalisis, dicatat secara teliti, dan sebagainya.
- Sumber berguru untuk memecahkan masalah.
- Sumber berguru untuk presentasi, disini lebih ditekankan sumber sebagai alat, metode atau seni administrasi penyampaian pesan
Rujukan:
Syah, Darwyan DKK, Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Agama Islam, (Jakarta : Gaung Persada Perss, 2007).
Posting Komentar untuk "Kriteria Menentukan Sumber Belajar"