Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kriteria Menentukan Sumber Belajar

Jejak Pendidikan- Dalam menentukan sumber berguru harus memperhatikan dua kriteria yaitu kriteria umum dan kriteria menurut tujuan. Kriteria tersebut ialah sebagai berikut:

a. Kriteria umum

Kriteria umum merupakan ukuran agresif dalam menentukan sumber belajar, diantaranya ialah :

  1. Ekonomis : tidak harus terpatok pada harga yang mahal,
  2. Praktis : tidak memerlukan pengelolaan yang rumit, sulit dan langka,
  3. Mudah : bersahabat dan tersedia di sekitar lingkungan kita,
  4. Fleksibel : sanggup dimanfaatkan untuk banyak sekali tujuan instruksional
  5. Sesuai dengan tujuan : mendukung proses dan pencapaian tujuan belajar, sanggup membangkitkan motivasi dan minat berguru siswa.


b. Kriteria menurut tujuan

Beberapa kriteria menentukan sumber berguru menurut tujuan diantaranya sebagai berikut :

  1. Sumber berguru guna memotivasi, artinya pemanfaatan sumber berguru tersebut bertujuan meningkatkan minat, mendorong partisipasi, merangsang pertanyaan-pertanyaan, memperjelas masalah, dan sebagainya.
  2. Sumber berguru untuk pembelajaran, yakni untuk mendukung acara berguru mengajar.
  3. Sumber berguru untuk penelitian, merupakan bentuk yang sanggup diobservasi, dianalisis, dicatat secara teliti, dan sebagainya.
  4. Sumber berguru untuk memecahkan masalah.
  5. Sumber berguru untuk presentasi, disini lebih ditekankan sumber sebagai alat, metode atau seni administrasi penyampaian pesan



Rujukan:
Syah, Darwyan DKK, Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Agama Islam, (Jakarta : Gaung Persada Perss, 2007).

Posting Komentar untuk "Kriteria Menentukan Sumber Belajar"