Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Faktor Pendukung Dan Penghambat Metode Jigsaw

Jejak Pendidikan- berikut uraian wacana faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan metode jigsaw

Faktor Pendukung Metode Jigsaw

Pemebelajaran kooperatif Jigsaw ini merupakan lingkungan dimana siswa berguru bersama dalam satu kelompok kecil yang heterogen, untuk menuntaskan tugas-tugas pembelajaran. Siswa melaksanakan interaksi sosial untuk mempelajari bahan yang diberikan kepadanya, dan bertanggung jawab untuk menjelaskan kepada anggota kelompoknya. Kaprikornus siswa dilatih untuk
berani berinteraksi dengan sesamanya. Pembelajaran dengan model ini akan sangat berkembang jikalau siswa menguasai pelajaran yang tentunya didukung dengan buku-buku pelajaran yang relevan.



 Faktor Penghambat Metode Jigsaw

Tidak selamanya proses berguru dengan metode jigsaw berjalan dengan lancar. Ada beberapa kendala yang sanggup muncul. Yang paling sering terjadi yaitu kurang terbiasanya penerima didik dan pengajar dengan metode ini. Peserta didik dan pengajar masih terbawa kebiasaan metode konvensional, di mana proteksi bahan terjadi secara satu arah. Faktor penghambat lain yaitu kurangnya waktu. Proses metode ini membutuhkan waktu yang lebih banyak, sementara waktu pelaksanaan metode ini harus diadaptasi dengan beban berguru sesuai dengan kurikulum.

Posting Komentar untuk "Faktor Pendukung Dan Penghambat Metode Jigsaw"