Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Sikap Membolos

Jejak Pendidikan- Membolos sanggup diartikan sebagai sikap siswa yang tidak masuk sekolah dengan alasan yang tidak tepat, atau membolos juga dapat dikatakan sebagai absensi siswa tanpa adanya suatu alasan yang jelas. Membolos merupakan salah satu bentuk dari kenakalan siswa, yang jika tidak segera diselesaikan atau dicari solusinnya sanggup menimbulkan dampak yang lebih parah.

Menurut Surya (2001:97), membolos yaitu bentuk perilaku meninggalkan acara yang seharusnya dilakukan dalam waktu tertentu dan tugas/ peranan tertentu tanpa pemberitahuan yang jelas. Sedangkan menurut Gunarsa (2006:55) membolos yaitu pergi meninggalkan sekolah tanpa sepengetahuan pihak sekolah. Menurut Ervi (2012:32) membolos yaitu suatu perbuatan dimana siswa datang terlambat dan melarikan diri dari acara sekolah. 

Sedangkan Reeves (Ervi, 2012:33) mendefinisikan membolos sebagai ketidak hadiran tanpa alasan selama lima kali atau lebih per semester. Menurut Mustaqim dan Wahib (Khanisa, 2012:28) sikap membolos adalah suatu bentuk perbuatan yang dilakukan siswa atau murid dengan sengaja meninggalkan pelajaran atau meninggalkan sekolah tanpa izin terlebih dahulu atau tanpa keterangan. Tidak masuk sekolah dengan alasan yang tidak sempurna dan tanpa alasan yang jelas.

Menurut Setyowati (2004:69) bahwa pengertian membolos yaitu suatu tindakan yang dilakukan oleh siswa dalam bentuk pelanggaran tata tertib sekolah atau meninggalkan sekolah pada jam pelajaran tertentu, meninggalkan pelajaran dari awal hingga simpulan guna menghindari pelajaran efektif tanpa ada keterangan yang sanggup diterima oleh pihak sekolah atau dengan keterangan palsu.

Dari beberapa pengertian diatas sanggup disimpulkan bahwa membolos adalah suatu tindakan atau sikap siswa yang tidak masuk sekolah dengan alasan yang tidak jelas, atau sanggup diartikan absensi dengan alasan tidak jelas, serta siswa yang meninggalkan jam-jam pelajaran tertentu tanpa izin dari pihak guru yang bersangkutan.

Posting Komentar untuk "Pengertian Sikap Membolos"