Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Outbound

Jejak Pendidikan- Jika dilihat dari sisi kebahasaan, asal kata dari istilah Outbound yaitu Outward Bound. Istilah ini biasa digunakan oleh para pelaut saat sebuah kapal keluar dari zona kenyamanannya. Dalam perkembangannya, istilah outward bound juga digunakan saat seorang “peserta” keluar dari suatu zona kenyamanan.

Masih di lingkungan pelaut, outward bound pertama kali diterapkan oleh Dr. Kurt Hann, seorang doktor asal Jerman yang kemudian tinggal di Inggris. Istilah outward bound pertama ini digunakan untuk melatih angkatan bahari Inggris yang akan berangkat ke medan perang dunia II.

Tujuannya, untuk membangun motivasi semoga mereka lebih gigih di medan perang.
Menilik dari sejarahnya, outbound sebenarnya yaitu aktivitas training di alam terbuka yang memerlukan ketahanan sekaligus tantangan fisik yang besar. Di dalamnya, akseptor menjalani petualangan dimana hal itu tidak hanya sekadar permainan yang berat dan penuh risiko. Dalam outbound, akseptor benar-benar di didik untuk menjadi insan yang tangguh di dalam menghadapi kesulitan hidup.

Selain itu, Outbound sanggup diartikan sebagai kegiatan/latihan di alam terbuka dengan mengedepankan pendekatan berguru dari pengalaman. Tak hanya itu, dengan melaksanakan banyak sekali aktivitas di alam terbuka yang biasanya dilakukan dalam kelompok juga sangat efektif dalam membangun kerjasama tim. Bahkan, membuka cakrawala pikiran akseptor untuk memecahkan dilema secara bersama-sama, sampai antisipasi saat harus mengambil keputusan baik individu maupun kelompok.

Maka dari itu, kalau dilihat dari sejarah dan pengertiannya, aktivitas outbound merupakan aktivitas yang dilakukan di luar ruangan atau di alam terbuka, yang dimana kegiatannya melibatkan fisik serta di dalamnya diajarkan beberapa hal yang penting untuk dilaksanakan di dalam kehidupan.

Sumber:
  1. Suhadi, Mandiri Melalui Outbound, (Jakarta, Media Pusindo, 2008)
  2. Badiatul Muchlisin Asti, Fun Outbound : Merancang Kegiatan Outbound yang efektif, ...

Posting Komentar untuk "Pengertian Outbound"