Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Ips

Jejak PendidikanIPS merupakan ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan lingkungan sosial, cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laris insan sebagai anggota masyarakat. Tingkah laris insan dalam masyarakat mempunyai banyak sekali aspek menyerupai aspek ekonomi, aspek mental, aspek budaya, aspek kekerabatan sosial. Pembelajaran IPS berperan merealisasikan ilmu sosial yang hubungan sosial. Pembelajaran IPS berperan merealisasikan ilmu sosial yang bersifat teoritis kehidupan positif di masyarakat. 

Oleh kesannya secara substansi bahan IPS di tingkat persekolahan mengintegrasikan banyak sekali ilmu sosial dalam pembelajarannya. Pengintegrasian banyak sekali ilmu sosial tersebut diubahsuaikan dengan kebutuhan dan tahap perkembangan siswa. Sehingga melalui pembelajaran IPS diperlukan siswa tidak hanya bisa menguasai teori-teori IPS di kehidupan masyarakat, tapi juga bisa menjalani kehidupan positif di masyarakat sebagai insan sosial secara cukup umur dan bijak. 

Menurut Sapriya (2006: 7) menyatakan bahwa, IPS merupakan ilmu pengetahuan yang memadukan sejumlah konsep pilihan dari cabang-cabang ilmu sosial dan ilmu lainnya kemudian diolah menurut prinsip pendidikan dan didaktik untuk dijadikan kegiatan pengajaran pada tingkat persekolahan.

Menurut Susanto (2013: 137) IPS yaitu ilmu pengetahuan yang mengkaji banyak sekali disiplin ilmu sosial dan humaniora serta kegiatan dasar insan yang dikemas secara ilmiah dalam rangka memberi wawasan dan pemahaman yang mendalam kepada akseptor didik, khususnya di tingkat sekolah dasar.

Sedangkan Permendiknas No. 22 Tahun 2006 ihwal standar isi menyatakan bahwa:
IPS merupakan salah satu mata pelajaan yang diberikan mulai dari SD/MI/SDLB hingga SMP/MTs/SMPLB. IPS mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan gosip sosial. Pada jenjang SD/MI mata pelajaran IPS memuat bahan Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi. Melalui mata pelajaran IPS, akseptor didik diarahkan untuk sanggup menjadi warga negara Indonesia yang demokratis, dan bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta damai.
Berdasarkan pendapat di atas, penulis sanggup menyimpulkan bahwa IPS merupakan sebagai ilmu yang mewujudkan satu pendekatan interdisipliner aspek dan cabang-cabang ilmu pengetahuan sosial berupa hasil kombinasi atau hasil pemfusian atau perpaduan dari sejumlah mata pelajaran seperti aspek dan cabang-cabang ilmu pengetahuan sosial berupa hasil kombinasi atau hasil pemfusian atau perpaduan dari sejumlah mata pelajaran menyerupai geografi, politik, hokum, ekonomi, sejarah, dan sosiologi. 

Mata pelajaran tersebut disederhanakan untuk tujuan-tujuan pendidikan dan pengajaran di sekolah dasar dan menengah semata-mata untuk membina akseptor didik menjadi warga masyarakat dan warga Negara yang bertanggung jawab serta mempunyai ciri yang sama, yaitu mengkaji fakta dan isu-isu sosial yang bekerjasama dengan lingkungan sekitar.

Posting Komentar untuk "Pengertian Ips"