Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pedoman Penyelenggaraan Aktivitas Keterampilan Di Madrasah Aliyah

Pedoman Penyelenggaraan Program Keterampilan di Madrasah Aliyah Pedoman Penyelenggaraan Program Keterampilan di Madrasah Aliyah
Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Islam Nomor 1023 Tahun 2016 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Ketrampilan di Madrasah Aliyah. Download Disini Penyelenggaraan Program Keterampilan di Madrasah Aliyah, Tentang Pedoman Kurikulum Madrasah 2013 Mata Pelajaran Pendidikan .
INOVASI MADRASAH ALIYAH PROGRAM KETERAMPILAN

A. Madrasah Aliyah Program Keterampilan

Madrasah aliyah Program Keterampilan yakni madrasah aliyah umum (bukan kejuruan) dengan muatan kurikulum yang sama dengan madrasah aliyah pada umumnya ditambah dengan agenda ekstrakurikuler dalam banyak sekali bidang keterampilan yang terstruktur (Depag RI,2003: 2). Program keterampilan ini dilaksanakan untuk megampangkan bagi tamatan madrasah aliyah mendapat pekerjaan atau melaksanakan perjuangan sanggup berdiri diatas kaki sendiri sesuai dengan keahlian dan keterampilan yang dipelajari di Madrasah Aliyah Program Keterampilan.

Program keterampilan yang  diselenggarakan di Madrasah Aliyah ini pada prinsipnya ialah aktivitas ekstrakurikuler. Namun untuk memperoleh hasil yang terbaik, idealnya agenda ini juga terintegrasi dengan aktivitas intrakurikuler (Depag RI,2003: 6). melaluiataubersamaini tumpuan ini, diperlukan agenda keterampilan ini menghasilkan output yang diharapkan, yaitu siswa yang mempunyai kompetensi sesuai standar minimal yang dipersyaratkan oleh konsumen terkait. Program ini dilaksanakan selama 4 semester (semester 3, 4, 5 dan 6) dengan jumlah jam siswa mencar ilmu keterampilan selama 9 jam per minggu.

Pendidikan keterampilan yang dilaksanakan di madrasah aliyah ialah pengembangan dari konsep life skill (kecakapan hidup). Produk esensial dari pendidikan keterampilan yakni : pengetahuan, keterampilan, sikap, nilai dan pengalaman. Sehingga sanggup disimpulkan bahwa pendidikan keterampilan ialah jawabanan terhadap pemenuhan kebutuhan kecakapan hidup siswa dalam mengantisipasi seruan dunia kerja dan kebutuhan masyarakat. Pendidikan keterampilan yang diselenggarakan harus sesuai dengan jenis pekerjaan, lingkungan sosial, kebutuhan pembangunan nasional, tahap perkembangan siswa, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hasil selesai dari pendidikan keterampilan sebaiknya diwujudkan dengan akta dari penilai yang diakui oleh banyak sekali pihak.

Program keterampilan di MAN  terdiri dari lima jurusan yang mencakup jurusan tata busana, otomotif, pemesinan, mebelair dan las gas dan las listrik yang dikelompokkan dalam kelas khusus yaitu kelas IPS Keterampilan dan IPA Keterampilan. Model pelaksanaannya menjadi satu atap dan satu administrasi dengan MAN, spesialuntuk saja dalam menangani keseluruhan aktivitas pendidikan didiberikan otonomi yang luas. Kurikulum yang dipakai yakni kurikulum dari Departemen agama tahun 1997 dan diubahsuaikan dengan kurikulum KTSP 2006. Tujuan Program keterampilan yakni menghasilkan lulusan yang mempunyai :

a.      Keahlian atau keterampilan teknis dasar sesuai dengan jenis agenda keterampilan yang diikuti.
b.      Memiliki jiwa semangat kemandirian, (self-enterpreneurship) untuk berwirausaha
c.      Kesiapan /siap pakai untuk mengisi lapangan kerja

Untuk lebih jelasnya terkena Kepdirjen Pendis Nomor 1023 Tahun 2016 ihwal Pedoman Penyelenggaraan Program Keterampilan di Madrasah Aliyah ini sanggup anda unduh melalui tautan link diberikut ini.

Unduh File :
Pedoman Penyelenggaraan Program Keterampilan di Madrasah Aliyah
Demikian info terkena Kepdirjen Pendis Nomor 1023 Tahun 2016 ihwal Pedoman Penyelenggaraan Program Keterampilan di Madrasah Aliyah yang sanggup kami sampaikan. Semoga bermanfaa....


Posting Komentar untuk "Pedoman Penyelenggaraan Aktivitas Keterampilan Di Madrasah Aliyah"