Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tujuan Pendidikan Ips

Jejak Pendidikan- Tujuan pendidikan berarti sesuatu yang hendak dicapai atau diperlukan sesudah proses mencar ilmu dilakukan. Pada hakikatnya tujuan pendidikan IPS di sekolah dasar merupakan agenda pengajaran yang bertujuan untuk membuatkan potensi siswa semoga peka terhadap problem sosial yang terjadi dimasyarakat, mempunyai perilaku mental positif terhadap perbaikan segala ketimpangan yang terjadi, dan terampil mengatasi setiap problem yang terjadi sehari-hari baik yang menimpa dirinya maupun yang menimpa masyarakat.

Menurut Hasan dalam Sapriya (2006: 15) menyatakan tujuan pendidikan IPS sanggup dikelompokkan dalam tiga kategori, yaitu pengembangan intelektual siswa, pengembangan rasa tanggung jawab sebagai anggota masyarakat dan bangsa, serta pengembanan diri siswa sebagai pribadi. Dalam Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi menyatakan bahwa mata pelajaran IPS bertujuan semoga penerima didik mempunyai kemampuan sebagai berikut:
  1. Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya.
  2. Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial.
  3. Memiliki kesadaran terhadap nilai sosial dan kemanusiaan.
  4. Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama, dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, ditingkat lokal, nasional dan global.

Sedangkan berdasarkan Sapriya (2006: 33) menyatakan bahwa tujuan IPS yaitu:
  1. Mengajarkan konsep-konsep dasar sejarah sosiologi, antropologi, ekonomi, dan kewarganegaraan melalui pendekatan pedagogis, dan psikologis.
  2. Mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, inkuiri, dan keterampilan sosial.
  3. Membangun kesepakatan dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan.
  4. Meningkatkan kolaborasi dan kompetensi dalam masyarakat yang heterogen baik secara nasional maupun global.

Berdasarkan aneka macam pendapat diatas sanggup disimpulkan bahwa tujuan pendidikan IPS ialah untuk mendidik siswa semoga prestasi belajarnya meningkat dengan membuatkan potensi yang ada pada dirinya melalui keterampilan IPS. Keterampilan tersebut mencakup keterampilan berpikir logis dan kritis, inkuiri, menemukan problem dan memecahkan masalah. Selain itu diperlukan siswa juga mempunyai kesepakatan dan kesadaran terhadap nilai sosial, serta bisa meningkatkan kolaborasi dan kompetensi dalam
masyarakat yang heterogen baik secara nasional maupun global.

Posting Komentar untuk "Tujuan Pendidikan Ips"