Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar

Jejak pendidkan- Pandangan seseorang ihwal berguru akan menghipnotis tindakantindakannya yang bekerjasama dengan belajar. Tindakan-tindakan tersebut tentu saja akan menghipnotis prestasi berguru siswa. Selain banyak sekali tindakan yang dilakukan siswa, ada banyak sekali faktor lain yang berasal bukan dari tindakan yang dilakukan siswa. Pada dasarnya ada banyak faktor yang menghipnotis prestasi berguru sebagai hasil berguru siswa. 

Menurut Munadi dalam Rusman (2012: 124) faktor-faktor yang menghipnotis hasil berguru antara lain mencakup faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal mencakup faktor fisiologis dan faktor psikologis. Sementara faktor eksternal mencakup faktor lingkungan dan faktor instrumental. Menurut Slameto (2010: 17) faktor-faktor yang menghipnotis prestasi berguru banyak jenisnya, tetapi sanggup digolongkan menjadi dua, yaitu:

a. Faktor internal: ialah faktor yang ada dalam diri individu yang sedang belajar, faktor intern terdiri dari:
  1. Faktor jasmaniah (kesehatan dan cacat tubuh).
  2. Faktor psikologis (inteligensi, perhatian, minat, bakat, motif, kematangan dan kesiapan).
  3. Faktor kelelahan


b. Faktor eksternal: ialah faktor yang ada di luar individu. Faktor eksternal terdiri dari:
  1. Faktor keluarga (cara orang renta mendidik, korelasi antara anggota keluarga, suasana rumah, keadaan ekonomi keluarga, pengertian orang tua, dan latar belakang kebudayaan).
  2. Faktor sekolah (metode mengajar, kurikulum, korelasi guru dengan siswa, korelasi siswa dengan siswa, disiplin sekolah, alat pelajaran, waktu sekolah, standar pelajaran diatas ukuran, kemudahan sekolah, metode dan media dalam mengajar, dan kiprah rumah).
  3. Faktor masyarakat (kegiatan siswa dalam masyarakat, media massa, teman bergaul, dan bentuk kehidupan masyarakat).


Berdasarkan faktor yang menghipnotis prestasi berguru siswa tersebut, sanggup disimpulkan bahwa secara umum ada dua faktor yang menghipnotis prestasi berguru siswa ialah faktor internal dan faktor eksternal, dan disiplin merupakan salah satu variabel dalam penelitian ini termasuk dalam faktor eksternal. Agar siswa sanggup memperoleh prestasi berguru yang baik dan sesuai dengan tujuan belajar, banyak sekali faktor yang menghipnotis prestasi tersebut sebisa mungkin harus sanggup mendukung proses berguru siswa.

Posting Komentar untuk "Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar"