Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah-Langkah Menilai Prestasi Belajar

Jejak Pendidkan- Siswa sanggup memperoleh hasil berguru berupa prestasi berguru yang sesuai dengan perjuangan dan kemampuannya, guru perlu menyusun langkah-langkah penilaian prestasi berguru yang tepat. Sardiman A.M (2012: 174-175) mengungkapkan langkah-langkah menilai prestasi belajar, yaitu:
a. Mengumpulkan data prestasi berguru siswa yang diperoleh saat:

  • Setiap kali ada perjuangan mengevaluasi selama pelajaran berlangsung.
  • Pada tamat pelajaran.


b. Menganalisis data prestasi berguru siswa, dengan langkah ini guru akan
mengetahui:

  • Siswa yang menemukan pola-pola belajar yang lain.
  • Keberhasilan atau tidaknya siswa dalam belajar.


c. Menggunakan data prestasi berguru siswa, dalam hal ini menyangkut:

  • Lahirnya feed back untuk masing-masing siswa dan ini perlu diketahui oleh guru.
  • Adanya feed back itu maka guru akan menganalisis dengan sempurna follow up atau kegiatan-kegiatan berikutnya.


Berdasarkan klarifikasi di atas sanggup dianalisa bahwa ada 3 langkah yang harus dilakukan guru untuk menilai prestasi berguru siswa di kelas. Ketiga langkah tersebut dilakukan dengan berkesinambungan satu sama lain, sehingga guru bisa menilai prestasi berguru siswa secara obyektif dan sanggup dimanfaatkan untuk kemajuan berguru siswa.

Posting Komentar untuk "Langkah-Langkah Menilai Prestasi Belajar"