Pengertian Belajar
Jejak Pendidikan- Pembelajaran merupakan proses pendidikan yang dilakukan biar tujuan pendidikan sanggup tercapai, yang terdapat acara mengajar yang dilakukan guru dan acara mencar ilmu yang dilakukan oleh siswa. Dimyati dan Mujono (2009: 22) menyatakan bahwa, siswa yaitu subjek yang terlibat dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, namun pada umumnya siswa belum menyadari pentingnya belajar. Pada ketika ini tidak banyak siswa yang menganggap mencar ilmu yaitu suatu kebutuhan yang harus dilakukan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan serta prestasinya.
Banyak yang memandang acara mencar ilmu sebagai formalitas yang harus mereka lakukan di sekolah maupun ketika di rumah. Melalui mencar ilmu siswa memahami dan memandang maupun ketika di rumah. Melalui mencar ilmu siswa memahami dan memandang acara mencar ilmu sebagai formalitas yang harus mereka lakukan di sekolah maupun ketika di rumah. Melalui mencar ilmu siswa memahami dan menguasai sesuatu sehingga siswa sanggup meningkatkan kemampuannya menjadi baik.
Menurut Hamalik (2012: 27) mencar ilmu merupakan suatu proses, suatu acara dan bukan suatu hasil dan tujuan. Belajar bukan hanya mengingat lebih luas dari itu yakni mengalami. Sedangkan berdasarkan Siahaan dalam Hamiyah, (2014: 20) mengartikan mencar ilmu yaitu suatu bentuk pertumbuhan atau perubahan dalam diri seseorang yang dinyatakan dengan cara bertingkah laris yang gres berdasarkan pengalaman dan latihan. Perubahan yang dimaksud Siahaan berupa acara yang dilakukan dengan berulang-ulang. Sehingga dengan mencar ilmu seseorang mengalami suatu perubahan di dalam dirinya yang sanggup diwujudkan dalam banyak sekali bentuk, menyerupai perubahan dari tidak bisa menjadi bisa, tidak disiplin menjadi disiplin, dan tidak terampil menjadi terampil.
Selain proses mengalami, diperoleh berdasarkan pengalaman siswa dan perubahan cara bertingkah laku, Djamarah (2011: 13) menyebutkan tiga ranah yang menyangkut perubahan tingkah laris dengan menyatakan bahwa belajar yaitu serangkaian jiwa raga untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laris sebagai hasil pengalaman individu dalam interaksi lingkungannya yang menyangkut kognitif, afektif dan psikomotor. Berdasarkan klarifikasi diatas, sanggup disimpulkan bahwa mencar ilmu merupakan suatu proses pendidikan yang dilakukan berdasarkan pengalaman dan latihan siswa yang diperoleh dari interaksi dengan lingkungannya yang menyangkut ranah kognitif, afektif dan psikomotor untuk memperoleh perubahan cara bertingkah laku.
Posting Komentar untuk "Pengertian Belajar"