Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan Dan Kekurangan Benda Konkret

Jejak Pendidikan- Penggunaan media pembelajaran benda kasatmata tentunya mempunyai kelebihan maupun kekurangan. Menurut Basuki Wibawa dan Farida Mukti (1993:55) bahwa memanfaatkan benda kasatmata sebagai media pembelajaran siswa akan lebih aktif dan sanggup mengamati, menangani, memanipulasi, mendiskusikan, dan menjadi alat untuk meningkatkan kemauan siswa memakai sumber berguru serupa. Menurut Sungkono (2007: 35) bahwa kehadiran benda kasatmata akan bisa menjaga perhatian dan menumbuhkan acara yang aktif.

Menurut Ibrahim dan Syaodih (2008: 118) bahwa terdapat kelemahan dan kekurang benda kasatmata yaitu:

a. Kelebihan


  1. Memberikan kesempatan semaksimal mungkin kepada anak untuk mempelajari dan melakukan tugas-tugas dalam situasi nyata.
  2. Memberi kesempatan kepada anak untuk mengalami sendiri situasi yang sesungguhnya dan melatih keterampilan memakai alat inderanya sebanyak mungkin.


b. Kekurangan


  1. Biaya yang diharapkan terkadang tidak sedikit apalagi ditambah dengan kemungkinan kerusakan dalam penggunaannya.
  2. Tidak selalu sanggup menawarkan citra dari benda yang sesungguhnya sehingga pembelajaran perlu didukung dengan media lain.


Berdasarkan beberapa teori tersebut bahwa penggunaan benda kasatmata sanggup menjaga sentra perhatian anak dalam pembelajaran dan menciptakan anak lebih aktif. Dengan memakai benda kasatmata maka anak akan sanggup mengamati, menangani, memanipulasi, mendiskusikan eksklusif memakai benda kasatmata dalam pembelajaran. Akan tetapi benda kasatmata juga mempunyai kelemahan ialah tidak selalu sanggup mencangkup seluruh citra yang sesuai dengan aslinya. Oleh alasannya itu perlu adanya media yang mendukung sehingga pembelajaran dengan memakai benda kasatmata sanggup dilakukan secara optimal.

Posting Komentar untuk "Kelebihan Dan Kekurangan Benda Konkret"