Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tujuan Belajar

Jejak Pendidikan- Pandangan seseorang wacana berguru akan mempengaruhi tindakantindakannya yang berafiliasi dengan belajar. Setiap orang memiliki pandangan yang berbeda wacana tujuan belajar. Tujuan berguru merupakan perubahan tingkah laris siswa ke arah positif, sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Menurut Hamalik (2012: 28) tujuan berguru itu prinsipnya sama, ialah perubahan tingkah laku, hanya berbeda cara atau perjuangan pencapaiannya. Sedangkan berdasarkan Mujono (2009: 25) menyatakan bahwa berguru bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa, sehingga ranah kognitif, afektif, dan psikomotor semakin berfungsi, akhir belajar tersebut siswa mencapai tujuan berguru tertentu.

Menurut Suryani (2012: 39) tujuan belajar intinya merupakan rumusan tingkah laris dan kemampuan yang harus dicapai dan dimiliki siswa sehabis ia menuntaskan pengalaman dan acara berguru dalam proses belajar. Tujuan belajar tersebut sanggup tercapai apabila guru dan siswa bersama-sama memaknai berguru itu penting. 

Guru memperlihatkan gosip wacana sasaran belajar yang akan dicapai, sementara siswa terus berupaya untuk mencapai sasaran berguru yang di informasikan oleh guru sehingga meningkatkan kemampuan siswa. Berdasarkan klarifikasi diatas, sanggup disimpulkan bahwa berguru bertujuan untuk mengubah tingkah laris seseorang kearah yang lebih positif, sehingga kesudahannya sanggup berbagi potensi kognitif, afektif dan psikomotor yang ada dalam dirinya sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.

Posting Komentar untuk "Tujuan Belajar"