Penggunaan Benda Konkret
Jejak Pendidikan- Penggunaan benda nyata dalam pembelajaran sanggup menciptakan proses berguru menjadi lebih efektif. Menurut Basuki Wibawa & Farida Mukti (1993: 55) bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan guru dalam memakai benda nyata yaitu:
Sedangkan berdasarkan Sungkono (2007: 31) menyebutkan ada tahap-tahap pemanfaatan benda orisinil yaitu:
a. Menyiapkan diri sendiri.
Dalam hal ini guru harus menyiapakan dirinya sendiri supaya bisa memahami jens-jenis benda nyata yang akan dijelaskan.
b. Menyiapkan lingkungan dan perlengkapan.
Guru menyiapkan lingkungan yang akan dipakai untuk pembelajaran dengan memperhatikan luas lingkungan dan kondisinya.
c. Menyiapkan siswa.
Benda yang dipilih sesuai dengan tahap berfikir anak, memperkirakan berapa jumlah siswa yang terlibat, bagaimana pebelajarannya.
d. Menyiapkan media.
Guru menyiapkan benda orisinil yang akan dipakai dalam pembelajaran sesuai dengan rencana dan memperhatikan kondisi kelayakan materi orisinil tersebut.
e. Menyiapkan acara tindak lanjut.
Guru menyiapkan acara yang akan dilakukan pada hari itu dengan santunan kiprah maupun eksperimen.
f. Menyiapkan evaluasi.
Evaluasi ini diharapkan untuk mengetahui tingkat kecapaian anak dalam dan sanggup dipakai untuk perbaikan di acara berikutnya.
Dari beberapa pendapat dari tokoh diatas maka memakai benda konkret sebagai media pembelajaran perlu disiapkan semenjak sebelum pembelajaran dimulai hingga pembelajaran selesai sehingga di final acara guru sanggup merefleksi acara dengan penggunaan benda nyata tersebut untuk pembelajaran berikutnya lebih baik lagi.
- Karena benda nyata ini banyak macamnya mulai dari benda-benda hidup, hingga benda-benda mati, maka perlu dipertanyakan benda-benda atau makhluk hidup apakah yang mungkin sanggup dimanfaatkan di kelas secara efisien.
- Bagaimanakah cara supaya benda-benda itu sesuai dengan contoh belajar-mengajar di kelas.
- Darimanakah kita sanggup memperoleh benda-benda itu.
Sedangkan berdasarkan Sungkono (2007: 31) menyebutkan ada tahap-tahap pemanfaatan benda orisinil yaitu:
a. Menyiapkan diri sendiri.
Dalam hal ini guru harus menyiapakan dirinya sendiri supaya bisa memahami jens-jenis benda nyata yang akan dijelaskan.
b. Menyiapkan lingkungan dan perlengkapan.
Guru menyiapkan lingkungan yang akan dipakai untuk pembelajaran dengan memperhatikan luas lingkungan dan kondisinya.
c. Menyiapkan siswa.
Benda yang dipilih sesuai dengan tahap berfikir anak, memperkirakan berapa jumlah siswa yang terlibat, bagaimana pebelajarannya.
d. Menyiapkan media.
Guru menyiapkan benda orisinil yang akan dipakai dalam pembelajaran sesuai dengan rencana dan memperhatikan kondisi kelayakan materi orisinil tersebut.
e. Menyiapkan acara tindak lanjut.
Guru menyiapkan acara yang akan dilakukan pada hari itu dengan santunan kiprah maupun eksperimen.
f. Menyiapkan evaluasi.
Evaluasi ini diharapkan untuk mengetahui tingkat kecapaian anak dalam dan sanggup dipakai untuk perbaikan di acara berikutnya.
Dari beberapa pendapat dari tokoh diatas maka memakai benda konkret sebagai media pembelajaran perlu disiapkan semenjak sebelum pembelajaran dimulai hingga pembelajaran selesai sehingga di final acara guru sanggup merefleksi acara dengan penggunaan benda nyata tersebut untuk pembelajaran berikutnya lebih baik lagi.
Posting Komentar untuk "Penggunaan Benda Konkret"