Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Outbound Sebagai Sebuah Ilmu Untuk Mendidik

Jejak Pendidikan- Gagasan ini baru, namun masuk akal. Ketika outbound merupakan salah satu metode untuk membuatkan diri penerima didik, berarti secara esensi sama dengan kurikulum yang dipakai untuk mengakibatkan penerima didik lebih pandai. Manfaatnya juga otomatis sama, yaitu berharap penerima didik lebih berkualitas. Maka dari itu, Agustinus berkeyakinan bahwa outbound yang dikembangkan dan dikelola secara profesional sanggup menjadi salah satu ilmu untuk mendidik.

Metode Outbound dipercaya bukan hanya sebagai sebuah tren dalam metode pelatihan, namun telah dikaji sebagai sebuah metode yang paling efektif dalam mengakomodasi kebutuhan atau tuntutan terhadap hasil dikatakan bahwa outbound merupakan suatu metode yang efektif dipakai dalam proses belajar. Belajar yaitu perubahan sikap yang relatif permanen dan dihasilkan dari pengalaman masa kemudian ataupun dari pembelajaran yang bertujuan atau direncanakan.

baca juga  Pengertian Outbound

Sebagai metode yang efektif, maka diharapkan tahapan-tahapan agar metode outbound sanggup terealisasi dengan baik. Dari sini, sanggup diketahui bahwa setiap proses berguru yang efektif memerlukan tahap-tahap sebagai berikut :

  1. Pembentukan pengalaman, Pada tahapan ini, penerima dilibatkan dalam suatu acara atau permainan bersama dengan orang lain.
  2. Perenungan pengalaman, Kegiatan refleksi bertujuan untuk memproses pengalaman yang diperoleh dari acara yang telah dilakukan.
  3. Pembentukan konsep, Peserta mencari makna dari pengalaman intelektual, emosional, dan fiskal yang diperoleh dari keterlibatan dalam kegiatan.
  4. Pengujian konsep, Peserta diajak untuk merenungkan dan mendiskusikan sejauh mana konsep yang telah terbentuk sanggup diterapkan dalam kehidupan sehari-hari


Sumber:
Mohammad Syarif Sumantri, Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar, (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2015),

Posting Komentar untuk "Outbound Sebagai Sebuah Ilmu Untuk Mendidik"