Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan Dan Kekurangan Metode Bil-Qolam

Jejak pendidikan- Setiap metode pembelajaran niscaya mempunyai kelebihan dankekurangan dalam penerapannya, dan begitu pula yang terjadi pada metode Bil-Qolam. Adapun kelebihan dan kekurangan dari metode Bil-Qolam antara lain :


a. Kelebihan Metode Bil-Qolam

  1. Metode Bil-Qolam mempunyai landasan teoritis yang ilmiahberdasarkan wahyu dan landasan sesuai dengan teori-teorimetodologi pembelajaran. Dengan demikian metode Bil-Qolam selainmenjadi salah satu khazanah ilmu pengetahuan juga bisa menjadiobjek penelitian bagi para peneliti dan para guru untukdikembangkan.
  2. Metode Bil-Qolam lebih memprioritaskan penerapan teori-teori ilmutajwid, sehingga santri dibutuhkan bisa memahami danmenerapkan ilmu tajwid, baik secara teoritis dan praktis. Apalagipenerapan ilmu tajwid tersebut mulai diperkenalkan semenjak ditingkatkanak-kanak dan pemula, sehingga proses training artikulasi bagisantri lebih gampang diarahkan oleh guru saat duduk ditingkatlanjutan.
  3. Metode Bil-Qolam sebagai metode konvergensi (sintesis dan analitis)dengan metode Jam’i (aradh dan talqin), yakni metodekomprehensif. Metode Bil-Qolam bersifat fleksibel, kondisional danmudah diterapkan oleh guru sesuai dengan potensi yang ada,situasi dan kondisi pembelajaran. Karena itu bab dari kurikulumpembelajaran yang memakai metode Bil-Qolam (seperti: tujuanpembelajaran, materi, media dan jenjang pendidikan) sanggup sajadikembangkan dan diadaptasi dengan kebutuhan. Dengandemikian, metode ini sanggup leluasa diterapkan diberbagai forum pendidikan ibarat TPA, TPQ, Majlis Ta’lim, Madrasah Diniyah,Pondok Pesantren maupun forum formal dan informal lainnya.
  4. Metode Bil-Qolam sanggup diterapkan untuk semua kalangan baikditingkat kanak-kanak, pemuda, dawasa maupun kalangan orangtua. Karenametode Bil-Qolam selain menitiberatkan padaisi pembelajaran, juga menitiberatkan pada skill guru.Metode Bil- Qolam mempunyai kurikulum pembelajaran yang komplit terdiri dari: tujuan pembelajaran, bahan ajar, media, penjabaran jenjang pendidikan, diskripsi tehnik-tehnik pengajaran dan system evaluasi.
  5. Materi pelajaran ilmu-ilmu tajwid yang disajikan melalui metodeBil-Qolam sangat gampang dipahami, ringkas dan lengkap sehinggamudah dipraktikan secara langsung.
  6. Metode Bil-Qolam dilengkapi dengan media pengajaran yang memadaiseperti: bahan asuh untuk anak-anak, materitadrib an-nutq (bina ucap), buku pokok-pokok ilmu tajwid, kaset,MP3 dan VCD.
  7. Pengajar metode Bil-Qolam selalu mendapat perhatian dalam segi kualitas berupa training setiap satu minggu sekali oleh guru senior (tim sentra Bil-Qolam).

b. Kekurangan Metode Bil-Qolam.

  1. Guru tidak mempunyai syahadah (ijazah) dari PIQ yang menyatakanbahwa ia harus lulus dan berhak untuk mengajarkan Al-Qur’andengan metode Bil-Qolam. Dengan demikian, skill guru dalam hal tartildan tajwid kurang memadai.
  2. Guru kurang mendalami metodologi pengajaran Al-Qur’an yangberkembang, terutama metode Bil-Qolam sehingga implementasi metode tersebut tidak maksimal.
  3. Pengalaman mengajar guru sangat minim, terutama dalam menerapkan metode Bil-Qolam. Karna tidak paham dan mengerti kompetensi metode Bil-Qolam.
  4. Guru kurang mempunyai kafa’ah (kecukupan) ilmu-ilmu Al-Qur’andan ilmu agama yang lain. Akibatnya ia merasa kesulitan dalammengatasi masalah gres yang berkembang di masyarakat.
  5. Guru tidak menguasai sistem klasikal kelas (pengendalian kelas) sehingga anak didik menjadi tidak terkendali.

Posting Komentar untuk "Kelebihan Dan Kekurangan Metode Bil-Qolam"