Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Guru Dan Siswa Doktrin Sopan Santun Kelas 9 Mts Kurikulum 2013

Buku Guru dan Siswa Akidah Akhlak  Kelas  Buku Guru dan Siswa Akidah Akhlak  Kelas 9 MTs Kurikulum 2013
Pendidikan Islam turut mempunyai tanggungjawaban moral dalam membentuk generasi cerdas dan sejahtera lahir-batin sebagaimana ditegaskan dalam visi Kementerian Agama RI.

Upaya melahirkan generasi kaffah (cerdas intelektual, spiritual dan mental) tersebut tentu tidak sebentar, tidak praktis dan tidak asal-asalan namun tentu tidak tidak mungkin dicapai. Pencapaian ultimate goal (tujuan puncak) membentuk generasi kaffah tersebut membutuhkan ikhtiar terpola (planned), strategis dan berkelanjutan (sustainable).

Kurikulum 2013 sebagai kurikulum penyempurna kurikulum 2006 (KTSP) diyakini shahih sebagai “modal” terpola dan strategis mendekati tujuan mencetak generasi yang tidak saja cerdas intelektual namun shalih dan shalihah. Salah satu upaya membumikan isi K-13 ialah dengan menyediakan sumber mencar ilmu yakni buku.

Buku Kurikulum 2013 terus mengalami perbaikan baik dalam hal tataletak (layout) maupun content (isi) substansi. Buku MI (kelas 3 dan 6), MTs (kelas 9) dan MA (kelas 12) ialah edisi terakhir dari serangkaian proses penyediaan buku kurikulum 2013 untuk mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab di madrasah (MI, MTs dan MA).

melaluiataubersamaini selesainya buku K-13 untuk mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab di madrasah ini diperlukan sanggup megampangkan penerima didik dan pendidik dalam memahami, mengerti dan sekaligus memberikan ilmu yang dimilikinya.

Standar Isi Pendidikan Akidah Akhlak di MTs

Standar Isi ialah kriteria terkena ruang lingkup bahan dan tingkat kompetensi untuk mencapai kompetensi lulusan pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu. Ruang lingkup bahan dan tingkat kompetensi penerima didik yang harus dipenuhi atau dicapai pada suatu satuan pendidikan dalam jenjang dan jenis pendidikan tertentu dirumuskan dalam Standar Isi untuk setiap mata pelajaran.

Standar Isi diubahsuaikan dengan substansi tujuan pendidikan nasional dalam domain sikap spritual dan sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Oleh alasannya ialah itu, Standar Isi dikembangkan untuk memilih kriteria ruang lingkup dan tingkat kompetensi yang sesuai dengan kompetensi lulusan yang dirumuskan pada Standar Kompetensi Lulusan, yakni sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Karakteristik, kesesuaian, kecukupan, keluasan dan kedalaman bahan ditentukan sesuai dengan karakteristik kompetensi beserta proses pemerolehan kompetensi tersebut. Ketiga kompetensi tersebut mempunyai proses pemerolehan yang tidak sama. Sikap dibuat melalui aktivitas-aktivitas: menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, dan mengamalkan. Pengetahuan dimiliki melalui aktivitas-aktivitas: mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi dan mencipta. Keterampilan diperoleh melalui aktivitas-aktivitas: mengamati, menanya, mencoba,menalar, menyaji, dan mencipta. Karakteristik kompetensi beserta perbedaan proses perolehannya mempengaruhi Standar Isi.

Kelompok Mata Pelajaran Akidah Akhlak

Struktur kelompok mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab dalam kurikulum Madrasah meliputi: 1) Al-Qur’an Hadis, 2) Akidah Akhlak, 3) Fikih, 4) Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), dan 5) Bahasa Arab. Masing-masing mata pelajaran tersebut intinya saling terkait dan melengkapi.

Akidah ialah akar atau pokok agama. Syariah/fikih (ibadah, muamalah) dan watak bertitik tolak dari akidah, yakni sebagai manifestasi dan konsekuensi dari keimanan dan keyakinan hidup. Akhlak ialah aspek sikap hidup atau kepribadian hidup manusia, yang mengatur hubungan insan dengan Allah SWT dan hubungan insan dengan insan lainnya. Hal itu menjadi sikap hidup dan kepribadian hidup insan dalam menjalankan sistem kehidupannya (politik, ekonomi, sosial, pendidikan, kekeluargaan, kebudayaan/seni, ilmu pengetahuan dan teknologi olahraga/kesehatan, dan lain-lain) yang dilandasi oleh dogma yang kokoh.

Pendidikan Akidah Akhlak di Madrasah mempunyai karakteristik sebagai diberikut: Akidah Akhlak menekankan pada kemampuan memahami keimanan dan keyakinan Islam sehingga mempunyai keyakinan yang kokoh dan bisa mempertahankan keyakinan/keimanannya serta menghayati dan mengamalkan nilai-nilai al-asma’ al-husna. Akhlak menekankan pada penyesuaian untuk menerapkan dan menghiasi diri dengan watak terpuji (mahgampang) dan menjauhi serta menghindarkan diri dari watak tercela (madzmumah) dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan Kelompok Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah

Akidah-Akhlak di Madrasah Tsanawiyah ialah salah satu mata pelajaran PAI yang ialah peningkatan dari dogma dan watak yang sudah dipelajari oleh penerima didik di Madrasah Ibtidaiyah/ Sekolah Dasar. Peningkatan tersebut dilakukan dengan cara mempelajari rukun iman, mulai dari iman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, Hari Akhir, hingga iman kepada Qadha dan Qadar. Semua pengetahuan ini dibuktikan dengan dalil-dalil naqli dan aqli. Pemahaman dan penghayatan terhadap al-asma’ al-husna ditandai dengan kemampuan memberikan ciri-ciri/tanda-tanda sikap seseorang dalam realitas kehidupan individu dan sosial serta pengamalan watak terpuji dan menghindari watak tercela dalam kehidupan sehari-hari.

Secara substansial mata pelajaran Akidah Akhlak mempunyai donasi dalam mempersembahkan motivasi kepada penerima didik untuk mempelajari dan mempraktikkan akidahnya dalam bentuk penyesuaian untuk melaksanakan watak terpuji dan menghindari watak tercela dalam kehidupan sehari-hari. Alakhlak al-karimah ini sangat penting untuk dipraktikkan dan dibiasakan oleh penerima didik dalamkehidupan individu, bermasyarakat dan berbangsa, terutama dalam rangka mengantisipasi dampak negatif dari masa globalisasi dan krisis multidimensional yang melanda bangsa dan Negara Indonesia.

Mata pelajaran Akidah-Akhlak bertujuan untuk:

  1. Menumbuhkembangkan dogma melalui pemdiberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman penerima didik wacana dogma Islam sehingga menjadi insan muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah.
  2. Mewujudkan insan Indonesia yang berakhlak mulia dan menghindari watak tercela dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam kehidupan individu maupun sosial, sebagai manifestasi dari aliran dan nilai-nilai dogma Islam.

Ruang Lingkup Akidah-Akhlak

Ruang lingkup mata pelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah Tsanawiyah meliputi:
  • Aspek dogma terdiri dari; dasar dan tujuan dogma Islam, sifat-sifat Allah, al-asma’ al-husna, iman kepada Allah, Kitab-Kitab Allah, Rasul-Rasul Allah, Hari Akhir serta Qadha-Qadar.
  • Aspek watak terpuji yang terdiri atas ber-tauhiid, ikhlaas, tha’at, khauf, taubat, tawakkal, ikhtiyaar, shabr, syukr, qanaa’ah, tawaadhu’, husnuzh-zhan, tasaamuh dan ta’aawun, diberilmu, kreatif, produktif, dan pergaulan cukup umur yang sehat.
  • Aspek watak tercela mencakup kufr, syirk, riya’, nifaaq, anaaniah, putus asa, ghadhab, tamak, takabbur, hasad, dendam, ghiibah, fitnah, dan namiimah.
  • Aspek budbahasa meliputi: Adab diberibadah ibarat budbahasa shalat, membaca al-Qur’an, berdoa, budbahasa kepada kepada orang renta dan guru, budbahasa kepada kepada, saudara, kawan, dan tetangga, budbahasa terhadap lingkungan, yaitu: kepada hewan dan tumbuhan, di daerah umum, dan di jalan.
  • Aspek cerita teladan meliputi: Nabi Sulaiman dan umatnya, Ashabul Kahfi, Nabi Yunus dan Nabi Ayub, Kisah Sahabat: Abu Bakar, Umar bin Khattab, Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib.

Download Buku Guru dan Siswa Akidah Akhlak  Kelas 9 MTs Kurikulum 2013


Untuk lebih jelasnya dan barangkali ada rekan-rekan guru yang memerlukan Buku Guru dan Siswa Akidah Akhlak  Kelas 9 MTs Kurikulum 2013 ini bisa diunduh melalui tautan diberikut ini.

Unduh File :
Demikian gosip terkena Buku Guru dan Siswa Akidah Akhlak  Kelas 9 MTs Kurikulum 2013 yang sanggup kami sampaikan. Semoga bermanfaa....

Posting Komentar untuk "Buku Guru Dan Siswa Doktrin Sopan Santun Kelas 9 Mts Kurikulum 2013"