Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Aliran Lomba Debat Bahasa Indonesia (Ldbi) Sma 2019

 Globalisasi sebagai suatu proses sosial dan proses alamiah akan membawa seluruh bangsa da INI Pedoman Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) Sekolah Menengan Atas 2019
Globalisasi sebagai suatu proses sosial dan proses alamiah akan membawa seluruh bangsa dan negara di dunia makin terikat satu sama lain dan mewujudkan satu tatanan kehidupan gres atau kesatuan koeksistensi dengan menyingkirkan batas-batas geografis, ekonomi dan budaya masyarakat. Fenomena ini bukan spesialuntuk membawa dampak tetapi juga menjadi mempersembahkan tantangan bagi generasi muda untuk terus meningkatkan kompetensi.

Kompetensi yang dibutuhkan sebagai kompetensi generasi muda masa depan yakni kemampuan berkomunikasi, kemampuan berpikir jernih dan kritis, kemampuan mempertimbangkan segi etika suatu permasalahan, kemampuan menjadi masyarakat negara yang efektif, kemampuan mencoba untuk mengerti dan toleran terhadap pandangan yang tidak sama, kemampuan hidup dalam masyarakat yang mengglobal, mempunyai minat luas terkena hidup, mempunyai kesiapan untuk bekerja, mempunyai kecerdasan sesuai dengan bakat/ minatnya.

Peningkatan kompetensi dan keterampilan ini sejalan dengan semangat implementasi kurikulum 2013. Salah satu upaya untuk mewujudkan peningkatan kompetensi tersebut yakni dengan mewadahi penerima didik, dalam hal ini penerima asuh SMA, dengan acara positif yang memacu semangat berkompetisi untuk membuatkan ilmu pengetahuan melalui bakat/minat, antara lain yakni dengan melakukan Lomba Debat Bahasa Indonesia Tingkat Nasional.

Kegiatan yang akan dilaksanakan pada tanggal 13-18 Agustus 2019 di Kota Banjarmasin ini bertujuan untuk melatih penerima asuh Sekolah Menengan Atas biar terbiasa berpikir kreatif dan analitis, bisa berkomunikasi secara efektif serta memberikan argumentasi di depan publik dengan Bahasa Indonesia yang baik.

Buku Panduan ini disusun dengan maksud mempersembahkan citra operasional pelaksanaan kegiatan, sehingga sanggup dipakai sebagai contoh bagi pihak-pihak terkait yang membutuhkan informasi terkena Lomba Debat Bahasa Indonesia Tingkat Nasional Tahun 2019.

Latar Belakang
Sebagai negara demokrasi terbesar ke-3 di dunia. Namun, dampak baik dari demokrasi tersebut tidak selalu tampak dalam kebijakan yang dijalani Pemerintah ataupun dalam kondisi yang terdapat di masyarakat. Untuk itu, dibutuhkan suatu masyarakat sipil yang aktif berpartisipasi dalam proses demokrasi, dalam hal menyuarakan pendapat, mempersembahkan Koreksi membangun terhadap kebijakan yang tengah dijalankan, dan mengajukan solusi atas masalah-masalah sosial.

Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) ialah lomba debat tingkat sekolah menengah atas yang mempunyai talenta dan minat dalam debat untuk menentukan penerima yang terbaik. Peserta didik- penerima asuh tersebut akan difasilitasi untuk membuatkan kemampuan argumentasi, pemecahan masalah, dan penyampaian pendapat secara sistematis dan menarikdanunik. Seluruh acara ini diharapkan sanggup membangun kapasitas generasi muda Indonesia dalam berpartisipasi secara aktif dalam demokrasi dan pergaulan global.

Tujuan
1. Umum
a. Memperluas wawasan para penerima asuh Sekolah Menengah Atas biar terbiasa berpikir kreatif dan analitis, bisa bersaing secara kompetitif, berkomunikasi secara efektif, dan memberikan argumentasi di depan publik dengan Bahasa Indonesia yang efektif.
b. Melatih penerima asuh untuk memberikan pendapat dengan sistematis, sanggup berpikir kritis kreatif analitis dan konstruktif serta bersikap sportif.
c. Membekali penerima asuh sebagai anggota masyarakat yang potensial dengan wawasan pengetahuan dan kemampuan berkomunikasi dengan baik melalui debat penerima didik.

2. Khusus
a. Membangun antusiasme dan impian yang tinggi dari seluruh penerima untuk mengikuti perlombaan.
b. Membangun kemampuan berpikir kritis, analitis terhadap isu-isu faktual yang sedang berkembang baik nasional maupun internasional.
c. Membangun kesadaran dan kepedulian penerima asuh akan pentingnya toleransi menghormati, kerjasama, dan perbedaan opini sebagai perilaku yang harus tumbuh dalam demokrasi yang sehat.

Hasil Yang Diharapkan
a. Terbangunnya antusiasme yang tinggi dari seluruh penerima untuk mengikuti perlombaan.
b. Terbangunnya kemampuan berpikir kritis penerima asuh terkena isu-isu faktual yang sedang terjadi di dalam maupun luar negeri.
c. Terbangunnya kesadaran penerima asuh akan pentingnya toleransi dan menghormati perbedaan opini.

Download Pedoman Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) Sekolah Menengan Atas 2019

Selengkapnya terkena Pedoman Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) Sekolah Menengan Atas 2019 ini silahkan bisa Anda unduh pada link di bawah ini:


Download File:

Pedoman LDBI Sekolah Menengan Atas 2019

Demikian terkena Pedoman Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) Sekolah Menengan Atas 2019 yang bisa kami sampaikan . Semoga bermanfaa.

Sumber: https://psma.kemdikbud.go.id

Posting Komentar untuk "Inilah Aliran Lomba Debat Bahasa Indonesia (Ldbi) Sma 2019"