Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Guru Dan Siswa Doktrin Sopan Santun Kelas 3 Dan 6 Mi Kurikulum 2013

Buku Guru dan Siswa Akidah Akhlak Kelas  Buku Guru dan Siswa Akidah Akhlak Kelas 3 dan 6 MI Kurikulum 2013
Kementerian Agama sebagai salah satu forum pemerintah mempunyai tanggungjawaban dalam membentuk masyarakat Indonesia yang taat beragama, rukun, cerdas, sanggup bangun diatas kaki sendiri dan sejahtera lahir-batin sebagaimana ditegaskan dalam visinya.

Membentuk generasi cerdas dan sejahtera lahir-batin menjadi core (inti) dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam utamanya Direktorat Pendidikan madrasah. Madrasah sebagai forum pendidikan berciri khas Islam konsen terhadap mata pelajaran PAI (Fikih, SKI, Al-qur’an Hadis, Akidah Akhlak dan bahasa Arab).


Secara filosofis, mata pelajaran PAI yang diajarkan bertujuan mendekatkan pencapaian kepada generasi kaffah (cerdas intelektual, spiritual dan mental) jalan menuju pencapaian itu tentu tidak sebentar, tidak praktis dan tidak asal-asalan namun tidak juga tidak mungkin dicapai. Pencapaian ultimate goal (tujuan puncak) membentuk generasi kaffah tersebut membutuhkan ikhtiar terpola (planned), strategis dan berkelanjutan (sustainable).

Kurikulum 2013 sebagai kurikulum penyempurna kurikulum 2006 (KTSP) diyakini shahih sebagai “modal” terpola dan strategis mendekati tujuan pendidikan Islam. Salah satu upaya membumikan isi K-13 ialah dengan menyediakan sumber berguru yakni buku, baik buku guru maupun buku siswa.

Buku Kurikulum 2013 mengalami perbaikan terus menerus (baik dalam hal tataletak (layout) maupun content (isi) substansi). Buku MI (kelas 3 dan 6), MTs (kelas 9) dan MA (kelas 12) ialah edisi terakhir dari serangkaian proses penyediaan buku kurikulum 2013 untuk mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab di madrasah (MI, MTs dan MA).

melaluiataubersamaini selesainya buku K-13 untuk mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab di madrasah ini diperlukan sanggup megampangkan penerima didik dan pendidik dalam memahami, mengerti dan sekaligus memberikan ilmu yang dimilikinya.


PETUNJUK PENGGUNAAN BUKU
Untuk mengoptimalkan pengunaan buku ini, pahamilah terlebih lampau petunjuk diberikut ini:

  1. Pertama, bacalah cuilan penlampauan untuk memahami konsep utuh Akidah Akhlak, serta memahami kompetensi inti dan kompetensi dasar dalam kerangka kurikulum Nasional PAI dan Bahasa Arab 2013.
  2. Setiap cuilan mencakup: kompetensi inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, bahan pokok, proses pembelajaran, penilaian, pengayaan, remedial, interaksi antara guru dan orang tua.
  3. Ada pelajaran tertentu yang spesialuntuk memuat satu bahan ajar. Hal ini disebabkan lantaran sempitnya bahan pembelajaran.
  4. Guru perlu mendorong penerima didik untuk memperhatikan kolom-kolom yang terdapat dalam buku teks pelajaran sebagai diberikut:
    • Amati gambar dan perhatikan: pengantar singkat berupa narasi yang menarikdanunik tentang tema yang dibahas dan dilengkapi dengan gambargambar
    • Penamasukan: meliputi pertanyaan-pertanyaan untuk masuk ke pembahasan materi
    • Buka Cakrpertamaamu: meliputi bahan pembahasan
    • Kembangkanlah Wawasanmu: berupa kiprah acara atau pertanyaanpertanyaan untuk didiskusikan penerima didik
    • Refleksi: ialah pertanyaan-pertanyaan untuk mengingat kembali bahan dan juga untuk menyebarkan bahan untuk dikaitkan dengan kondisi lingkungan sekitar untuk dikala ini
    • Ayo Berlatih: meliputi tes untuk menjawaban pertanyaan-pertanyaan
    • Rangkuman: meliputi rangkuman penting dari bahan yang sudah diuraikan
    • Mutiara Hikmah: meliputi seruan kepada penerima didik untuk merenungkan dan bertekad untuk melaksanakan dalam kehidupan sehari-hari Secara rinci dalam teknis pelaksanaan lebih lanjut sanggup diubahsuaikan dengan situasi sekolah.

Download Buku Guru dan Siswa Akidah Akhlak Kelas 3 dan 6 MI Kurikulum 2013


bagi rekan-rekan guru yang memerlukan Buku Guru dan Siswa Akidah Akhlak Kelas 3 dan 6 MI Kurikulum 2013 ini silakan sanggup mengunduhnya melalui tautan atau link yang kami sediakan diberikut ini.

Unduh File :

Demikian info terkena Buku Guru dan Siswa Akidah Akhlak Kelas 3 dan 6 MI Kurikulum 2013 yang sanggup kami sampaikan. Semoga bermanfaa....

Posting Komentar untuk "Buku Guru Dan Siswa Doktrin Sopan Santun Kelas 3 Dan 6 Mi Kurikulum 2013"