Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Latihan Soal Dan Kunci Tanggapan Usbn Sejarah Indonesia Smk 2019

Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN Sejarah Indonesia Sekolah Menengah kejuruan 2019. Hai sobat Soal Prediksi, mumpung lagi gabut admin akan melengkapi latihan soal USBN di tingkatan Sekolah Menengah kejuruan di mata pelajaran sejarah Indonesia.

Materi di mata pelajaran sejarah Indonesia melingkupi 5 poin yaitu tentang 
  1. prinsip dasar ilmu sejarah, 
  2. masa praaksara, hindu-budhha dan islam,
  3. pengaruh barat terhadap pergerakan nasional Indonesia hingga terbentuknya negara kebangsaan Indonesia,
  4. perjuangan bangsa Indonesia semenjak masa proklamasi kemerdekaan hingga tahun 1963, 
  5. perkembangan masyarakat Indonesia semenjak orde gres hingga reformasi.
Yapp, kelima buah materi pokok tersebut bisa sobat lihat rinciannya di kisi - kisi USBN sejarah indonesia SMK yang dibagikan pihak BSNP di link berikut ini :
Baca : Kisi - kisi USBN Sekolah Menengah kejuruan mapel Sejarah Indonesia
Sudah pada tahu kan bahwa ada 2 kurikulum yang digunakan di indonesia pada masing - masing satuan pendidikan. Dan untuk mapel sejarah Indonesia hanya diberlangsungkan untuk kurikulum 2013 saja. Alasannya ialah tidak terdapatnya mapel terkait pada USBN Sekolah Menengah kejuruan di kurikulum 2006'/KTSP.

Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN Sejarah Indonesia Sekolah Menengah kejuruan 2019

Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN Sejarah Indonesia Sekolah Menengah kejuruan  Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN Sejarah Indonesia Sekolah Menengah kejuruan 2019

Pada latihan USBN Sejarah Indonesia yang admin Soal Prediksi bagikan kali ini mempunyai 2 format soal yaitu pilihan ganda dan juga urain. Tentunya sobat sudah pada tahu kan, kalau format tersebut sama dengan yang akan sobat hadapi di tahun 2019 kelak.

Pilihan ganda sebanyak 40 butir soal dan untuk uraian sebanyak 5 butir soal. Masing - masing soal sudah disertakan jawaban yang benar, yang uraian/essay pun juga sudah admin rangkumkan jawabannya. 

Ya beginilah alasannya, saking banyak dan lamanya sejarah negara Indonesia ini.

Akan tetapi, "bangsa yang besar ialah bangsa yang menghargai sejarahnya" :) Kaprikornus pelajari dan ingat selalu sejarah negara Indonesia kita ini.

Dan untuk para kalangan yang ingin mendapatkan file dokumen dari soal ini, admin sudah menyediakannya dalam bentuk format PDF yang bisa anda download dengan link di bawah postingan soal berikut ini. 

Soal Pilihan Ganda


1. Sejarah menjadi suatu pengetahuan yang penting dalam kehidupan suatu bangsa atau suatu negara. Melalui pelajaran sejarah akan menerima citra perihal kehidupan masyarakat di masa lampau atau mengetahui peristiwa-peristiwa yang terjadi di masa lampau. 
Dari deskripsi tersebut memperlihatkan bahwa insiden sejarah merupakan suatu insiden penting, lantaran ....
A. peristiwanya tidak sanggup berubah oleh perkembangan jaman
B. insiden yang terjadi tetap dikenang sepanjang masa
C. dalam kehidupan peristiwanya hanya terjadi satu kali saja
D. mempunyai arti dalam memilih kehidupan orang banyak
E. insiden yang telah terjadi mustahil terulang kembali

Jawaban : D

2. Saat kita mengunjungi museum, maka kita melihat banyak sumber sejarah ibarat tengkorak manusia, kapak batu, replika kubur batu, replika prasasti, dan masih banyak barang peninggalan budaya masa lalu. Peninggalan-peninggalan tersebut termasuk dalam sumber ....
A. lisan.
B. tertulis.
C. benda.
D. primer.
E. sekunder. 

Jawaban : C

3. Perhatikan teks berikut ini.
Ketika memasuki museum Ronggowarsito Jawa Tengah, kita seperti memasuki masa lampau. Kita mencicipi suasana yang berlainan dengan suasana sekarang.
Penjelasan pemandu memperkuat suasana masa lain tersebut. Kita rasakan keindahan dan kejayaan masa lain lantaran yang ditampilkan di museum ialah hasil peradaban masyarakat dimasa lampau. 

Teks tersebut memperlihatkan salah satu kegunaan sejarah yaitu fungsi ....
A. edukatif (memberi pelajaran)
B. inspiratif (memberi ilham/penunjuk)
C. instruktif (membantu pengajaran keterampilan)
D. rekreatif (memberi kesenangan dan rasa estetis)
E. imajinatif (menggunakan imajinasi dalam belajar)
Jawaban : D

4. Kronologi berasal dari bahasa Yunani yaitu chronos berati waktu dan logos berari ilmu atau pengetahuan secara harafiah berarti ilmu perihal waktu. Konsep kronologis sangat dibutuhkan dalam mempelajari ilmu sejarah. 

Konsep ini bertujuan untuk....
A.menyeleksi banyak sekali insiden
B. mengklarifikasi banyak sekali perisriwa
C. membuat urutan insiden berdasarkan tahun
D. mengungkapkan banyak sekali insiden
E. membuat pedoman insiden penting
Jawaban : C

5. Ilmu sejarah merupakan suatu ilmu yang mempunyai hubungan bersahabat dengan kehidupan manusia. Setiap kehidupan insan terdapat banyak sekali peristiwa. Oleh lantaran itu kalau seorang sejarawan akan menulis kembali insiden tersebut terdapat beberpa konsep berfikir yang harus diterapkan. 

Salah satu konsep berfikir yang digunakan seorang sejarawan sinkronik, yaitu ....
A. mengutamakan urutan terjadi peristiwa-peristiwa sejarah
B. mengkaji insiden sejarah yang terjadi pada masa tertentu
C. mempelajari insiden berdasar pembabakan suatu masa
D. penulisan sejarah berdasarkan realitas suatu insiden
E. penulisan sejarah berdasarkan catatan-catatan suatu perjalanan
Jawaban : B

6. Konsep ruang dan waktu merupakan unsur penting yang tidak sanggup dipisahkan dalam suatu insiden dan perubahannya dalam kehidupan insan sebagai subyek atau pelaku sejarah. 

Jika waktu menitik beratkan pada aspek kapan insiden itu terjadi, maka konsep ruang menitik beratkan pada aspek....
A. proses dan durasi
B. sistem yang terstruktur
C. perencanaan dalam bertindak
D. struktur dan fungsi
E. tempat dimana insiden itu terjadi
Jawaban : E

7. Perhatikan data-data perihal langkah-langkah dalam penelitian sejarah berikut:
1) Interpretasi
2) Heuristik
3) Historiografi
4) Verifikasi
A. 1,2,4, dan 3
B. 2,4,1, dan 3
C. 4,2,3, dan 1
D. 3,4,2, dan 1
E. 4,3,2, dan 1
Jawaban : B

8. Perhatikan data –data berikut ini
1) rahang atas kecil
2) badannya besar
3) rahang bawah besar
4) gerahamnya memperlihatkan manusua tetapi bersifat monyet
5) dagunya tidak ada
Dari data tersebut yang merupakan ciri insan purba Meganthropus Paleojavanicus, ditunjukkan oleh nomor….
A. 1),2),3), dan 4)
B. 1),2),4), dan 5)
C. 1),3),4), dan 5)
D. 1),2),3), dan 5)
E. 2),3),4), dan 5)
Jawaban : E

9. Proses masuk dan berkembangnya agama Islam di Indonesia telah membawa perubahan besar di dalam struktur sosial masyarakat Indonesia yang sebelumnya berkarakteristik Hindu-Buddha. Kehadiran agama Islam sanggup diterima baik oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. 

Faktor penyebab Islam berkembang pesat di Indonesia ialah ....
A. Hindu terdapat perbedaan status seseorang dalam masyarakat
B. efek Hindu-Buddha hanya terdapat di kalangan istana
C. penyebaran agama Islam di masyarakat dilakukan secara tenang
D. anutan agama Islam gampang dipelajari oleh bangsa Indonesia
E keimanan masyarakat Indonesia telah terbentuk sebelumnya
Jawaban : C

10. Perhatikan data-data perihal kehidupan masyarakat jaman praaksara: 
1). hidupnya berkelompok dan berpindah-pindah
2. kebutuhan makanan tergantung pada alam
3). tempat tinggal menetap
4). food producing
5). peralatan sudah lebih maju
6). mengenal bercocok tanam
Berdasarkan data diatas , ciri kehidupan masyarakat bercocok tanam pada masa praaksara adalah….
A.1),2),3),dan 4) 
B. 1),3),5),dan 6) 
C.2),3),4), dan 5) 
D. 2),3),5),dan 6) 
E. 3),4),5),dan 6)
Jawaban : E

11. Perhatikan peninggalan zaman praaksara berikut ini!
1). waruga
2). punden berundag
3). menhir
4). Sarkopagus
5). dolmen
Dari data diatas peninggalan zaman megalithikum yang berfungsi sebagai tempat pemujaan dan tempat meletakkan sesaji untuk roh nenek moyang ditunjukkan oleh nomor....
A. (1) dan (2) 
B. (1) dan (3) 
C. (2) dan (3) 
D. (3) dan (4) 
E. (3) dan (5)
Jawaban : C

12. Ada beberapa teori perihal proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu- dan Buddha ke Indonesia. Agama Hindu masuk ke Indonesia dibawa oleh para pedagang dari India.
A. Brahmana
B. Ksatria
C. Waisya
D. Sudra
E. Arus balik
Jawaban : C

13. Kerajaan Islam pertama di Indonesia ialah Kerajaan Samudera Pasai yang merupakan kerajaan kembar.
Secara geografis kerajaan ini terletak di pesisir Timur Laut Aceh. Bukti yang menjelaskan bahwa kerajaan tersebut merupakan kerajaan Islam pertama di Indonesia salah satunya ialah ....
A. raja pertama yang memerintah dari kerajaan Samudera Pasai ialah orang yang pertama kali memeluk Islam di Indonesia
B. adanya nisan kubur yang menerangkan raja pertama kerajaan itu meninggal pada bulan Ramadhan tahun 696 H, bertepatan dengan tahun 1297 M
C. kehidupan sosial masyarakat Kerajan Samudera Pasai diatur berdasarkan aturan-aturan dan hukum-hukum Islam
D. letak Kerajaan Samudera Pasai di jalur perdagangan yang merupakan jalur masuknya Islam di Indonesia
E. struktur masyarakat Kerajaan Samudera Pasai banyak mempunyai kesamaan dengan daerah-daerah Arab
Jawaban : B

14. Beberapa jago menafsirkan bahwa agama dan kebudayaan Islam diperkirakan telah masuk ke wilayah Indonesia pada kala ke-7 M, pendapat tersebut didasarkan pada bukti-bukti yang ada, di antaranya ialah ....
A. Jalur perdagangan internasional melalui jalan darat di wilayah Indonesia telah ramai.
B. Penemuan makam Sultan Malik As Saleh yang berangkat tahun 696 H atau 1297 M.
C. Pada masa itu telah ada perkampungan tempat tinggal perdagangan Arab di Sriwijaya.
D. Berita dari Marcopolo yang berkunjung ke daerah Perlak pada sekitar tahun 1292 M
E. Munculnya Malaka sebagai pusat pelayaran dan perdagangan kaum muslim
Jawaban : C

15. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini!
- Ibnu Batutah yang tiba ke ibukota Kerajaan Pasai semasa pemerintahan Sultan Malik Al Dhahir menceritakan bahwa Sultan dikelilingi oleh ulama dan mubaligh Islam dan ia sangat menggemari diskusi mengenai masalah-masalah keagamaan.
- Beberapa pusat penyebaran Islam di Jawa ialah pusat pengembangan dan penyebaran Islam. Pesantren Sunan Giri mendapatkan para murid yang berasal dari luar Jawa, ibarat Sultan Zainal Abidin dari Ternate dan Muris dari Kalimantan. (Taufik Abdullah, dkk. 1991:110).
Kedua pernyataan tersebut memperlihatkan bahwa pada masa kerajaan-kerajaan Islam adalah....
A. kiprah ulama sangat penting dalam pengambilan keputusan kerjaan 
B. problem keagamaan didiskusikan hanya oleh para mubaligh kerajaan
C. pesantren di Pulau Jawa didominasi oleh santri dari Ternate dan Kalimantan 
D. para ulama dari Pulau Jawa berperan di Sumatra, Ternate, dan Kalimantan
E. telah terbentuk suatu jaringan intelektual keagamaan di kepulauan Indonesia
Jawaban : E

16. Perhatikan paparan berikut ini!
Kerja upahan yang diperkenalkan pada perkebunan-perkebunan dan perusahaan-perusahaan mengakibatkan banyak orang mulai menggantungkan kehidupannya pada upah pekerjaan. Akibatnya masyarakat pedesaan mulai meninggalkan pekerjaan pada tanah pertanian dan mencari pekerjaan pada perusahaan maupun perkebunan sebagai buruh. (I Wayan Badrika, 203:154)
Paparan tersebut memperlihatkan fakta terjadinya mobilitas sosial yaitu dari masyarakat....
A. kota ke masyarakat perkebunan
B. desa ke masyarakat kota
C. sosial ke masyarakat upah
D. petani ke masyarakat buruh
E. agraris ke masyarakat maritim
Jawaban : D

17. Rempah-rempah banyak terdapat diwilayah Indonesia belahan Timur, ternyata sangat dibutuhkan oleh bangsa Barat dan mendatangkan keuntungan, hal ini merupakan faktor utama datangnya bangsa Barat dalam bidang....
A. Agama
B. Ekonomi
C. Kekuasaan
D. Kejayaan
E. Kegemilangan
Jawaban : B

18. Perlawanan terhadap penjajahan Belanda terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia. Contoh perlawanan terhadap penjajahan Belanda di Aceh. Perlawanan ini tergolong perlawanan panjang yang sangat merugikan Pemerintah Hindia Belanda. 

Mengapa hal ini sanggup terjadi?
A. Rakyat Aceh mempunyai keyakinan bahwa pemerintah Belanda ingin memecah belah rakyat Aceh.
B. Rakyat Aceh merupakan masyarakat yang besar lengan berkuasa dalam menjalankan aturan syariat Islam.
C. Rakyat Aceh mengetahui bahwa pemerintah Hindia Belanda ingin menjalankan misinya perihal agama.
D. Semangat jihad (perang membela agama Islam) merupakan spirit perlawanan rakyat Aceh terhadap Pemerintah Hindia Belanda.
E. Siasat konsentrasi stelsel dengan sistem bertahan dalam benteng besar oleh rakyat Aceh.
Jawaban : A

19. Sultan Agung Hanyokrokusumo ialah raja yang paling populer dari kerajaan Mataram, dan pada masa pemerintahannya Mataram mencapai zaman keemasan. Pada tahun 1628 dan 1629 mempersiapkan pasukannya untuk menyerang VOC di Batavia. 

Alasan Sultan Agung menyerang VOC adalah....
A. tindakan monopoli yang dilakukan VOC
B. persaingan dagang antara Mataram dengan Batavia
C. semua orang Barat dibebaskan tinggal dikerajaan Mataram
D. VOC mempunyai hak istimewa dalam berdagang
E. politik memecah-belah yang dilakukan VOC
Jawaban : A

20. Perhatikan data berikut!
1). Munculnya golongan elite gres
2). Munculnya gagasan kebangsaan
3). Penderitaan rakyat akhir penjajahan
4). Kemenangan Jepang atas Rusia tahun 1905
5). Munculnya gerakan kebangsaan di India,Pakistan dan Piliphina
Dari data tersebut faktor dari luar( eksternal) lahirnya pergerakan nasional Indonesia ditunjukkan oleh namor....
A. 1),2), dan 3)
B. 1),3), dan 5)
C. 2),3), dan 4)
D. 2),4), dan 5)
E. 3),4), dan 5)
Jawaban : D

21. Perhatikan kutipan perihal Perhimpunan Indonesia berikut ini.
The new platform was a more emphatic and extensive formulation of our original principles and read as follows:
1) Only in a united Indonesia, where all group differences have been set aside, can the colonial power be broken. Our joint aim, which is to free Indonesia, requires a conscious national mass action based on self help.
2) ........ (CLM Penders, MA, Ph.D., Mohammad Hatta Indonesia Patriot Memoirs,
1981:95)
Pernyataan tersebut memperlihatkan taktik Perhimpunan Indonesia, ialah ....
A. koperatif
B. non kooperatif
C. demokratis
D. moderat
E. politis
Jawaban : E

22. Salah satu konsep yang dipergunakan Indische Partij ialah bahwa Indonesia Merupakan national home; semua orang keturunan Bumiputra, Belanda, Cina, Arab, dan sebagainya yang mengakui Hindia sebagai tanah air dan kebangsaannya (Marwati Djoened, 1993:188). 

Teks tersebut memperlihatkan bahwa Indische Partij menganut ideologi ....
A. Demokratis
B. Sosialis
C. Komunis
D. Nasionalis
E. Liberalis
Jawaban : D

23. Perhatikan kutipan berikut ini!
Pengerahan tenaga romusha telah membawa akhir jauh pada struktur sosial di Indonesia. Karena kaum tani yang dikerahkan banyak pemuda-pemuda. yang menghilang dari desanya pergi ke kota lantaran takut akan diambil sebagai romusha. Pemerintah Jepang bertindak lebih jauh lagi, balasannya hampir semua pria yang tidak cacat diambil. 

(Marwati Djoened, dkk, 1993:39)
Dampak pengerahan romusha tehadap struktur sosial masyarakat desa ialah ....
A. Pembentukan rukun tetangga (tonarigumi) hingga ke pelosok-pelosok.
B. Pengawasan terhadap perkebunan-perkebunan dilakukan tubuh pengawasan Jepang.
C.. Penduduk desa hanyalah kaum wanita, anak-anak, dan lelaki yang kurang sehat
D. Rakyat dituntut untuk menyetor padi, menaikkan produksi padi dan menanam jarak.
E. Produksi materi makanan terus menerus merosot dan gagalnya penyetoran padi 
Jawaban : C

24. Pada awal kemerdekaan, bangsa Indonesia belum mempunyai Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Fungsi dan kedudukan dewan perwakilan rakyat digantikan oleh KNIP yang berfungsi sebagai pembantu presiden sebelum MPR dan dewan perwakilan rakyat terbentuk. Atas tawaran KNIP pemerintah mengeluarkan maklumat tanggal 3 Nopember 1945 perihal pembentukan partai-partai politik. 
Berdasarkan ilustrasi tersebut sanggup disimpulkan keterkaitan antara tawaran KNIP dengan pembentukan partai-partai politik ialah ....
A. keinginan pemerintah membentuk partai-partai politik
B. memperlihatkan kesempatan rakyat mendirikan partai
C. persiapan bagi pembentukan dewan perwakilan rakyat Januari 1946
D. keinginan pemerintah untuk membubarkan KNIP
E. KNIP mempunyai kiprah di bidang legislatif
Jawaban : B

25. Perhatikan tokoh-tokoh berikut!
1) Soekarno
2). Moh. Hatta
3). Ahmad Soebardjo
4) Sukarni
5). Sayuti Melik
Tokoh-tokoh bangsa Indonesia yang merumuskan naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ditunjukkan oleh nomor….
A. 1),2), dan 3)
B. 1),3), dan 4)
C. 2),3), dan 4)
D. 2),4), dan 5)
E. 3),4), dan 5)
Jawaban : A

26. Perhatikan hasil sidang dibawah ini !
1) Membentuk pemerintahan didaerah
2) Mengesahkan dan menetapkan Undang-Undang Dasar 1945 sebagai konstitusi Negara Indonesia
3) Membentuk kementrian/ departemen
4) Memilih presiden dan wakil presiden Republik Indonesia
5) Membentuk Komite Nasional Indonesia( KNIP)
Hasil siding pertama PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945 ditunjukkan oleh nomor….
A. 1),2), dan 3)
B. 1),3), dan 4)
C. 2),3), dan 4)
D. 2),4), dan 5)
E. 3),4), dan 5)
Jawaban : D

27. Selama Agresi Militer 1, Belanda berhasil menguasai kota-kota di Sumatera dan Jawa yang mempunyai nilai ekonomis. Faktor yang mendorong Belanda menguasai kota-kota tersebut adalah….
A. kekhawatiran Bealanda akan kekosongan kas negaranya
B keinginan Belanda menegakkan kekuasaannya di Indonesia 
C. ketakuatan Belanda terhadap kekuatan rakyat dikota-kota tersebutD. keinginan Belanda menghancurkan sector-sektor penting dikota-kota tersebut 
E. keinginan Belanda menguasai kembali perusahaan-perusahaan yang dibangun semenjak masa kolonial Belanda
Jawaban : D

28. Usaha mempertahankan kemerdekaan yang dilakukan dengan cara tenang ditunjukkan dengan peristiwa….
A, Letkol Soeharto memimpin rakyat Yogyakarta melaksanakan serangan umum
B. Mohammad Roem mewakili Indonesia dalam negosiasi Roem Royen
C. Presiden Soekarno meminta Sjafrudin Prawiranegara membentuk PDRI
D. Sutan Sjahrir meminta pemberian kepada pemerintah India
E. Jenderal Sudirman meminpin perang gerilya
Jawaban : B

29. Perkembangan ekonomi pada masa Demokrasi Terpimpin, Presiden Soekarno sistem ekonomi terpimpin.
Dalam hal ini presiden pribadi terjun dan mengatur perekonomian. Dalam rangka meningkatkan acara Presiden Soekarno menempuh beberpa langkah. Salah satu langkah tersebut ialah melaksanakan pembangunan nasional. Dalam pelaksaanaan pembangunan nasioanl dibutuhkan modaldan tenaga ahli. Untuk menuntaskan msalah tersebut Presiden memberikan Deklarasi ekonomi (Dekon).Tujuan dari Dekon ialah membuat ekonomi yang bersifat demokrasi bebas dari imperialisme. Pada pelaksanaannya Dekon tidak mengatasi kemrosotan ekonomi bahkan malah memberatkan rakyat. 
Program ini dianggap gagal, karena  ....
A. kehidupan masyarakat pada umumnya masih di bawah taraf hidup 
B. pendapatan perkapita masyarakat masih belum sesuai standar
C. semuaprogram pemerintahpada ketika itu untuk kepentingan politik
D. masih ada campur tangan pihak abnormal yang ingin mengusai perekonomian
E. tidak ada ukuran yang obyektif untuk menilai suatu usaha dan hasil usaha 
Jawaban : A

30. Perhatikan data berikut:
1) larangan ekspor semua produk Indonesia
2) blokade ekonomi bahari oleh Belanda
3) pembaikotan segala produk luar
4) kas negara yang kosong
5) insflasi yang tinggi
Dari data tersebut yang menjadi faktor penyebab kekacauan ekonomi pada awal kemerdekaan  adalah....
A. 3),2), dan1)
B. 4),2), dan 1)
C. 4),3), dan 2)
D. 5),4), dan 2)
E. 5),4) dan 3)
Jawaban : D

31. Dibawah ini ialah masalah-masalah ekonomi yang terjadi pada masa Demokrasi Liberal ( 1950 – 1959) diantaranya adalah....
A. rusaknya lahan pertanian
B. tidak adanya investor Asing
C. nilai ekspor Indonesia menurun
D. Blokade ekonomi bahari oleh Belanda
E. beban hutang luar negEri Indonesia akhir KMB
Jawaban : C

32. Pada masa pemerintahan RIS muncul pembrontakan yang mengguncang stabilitas politik dalam negeri antara lain pembrontakan APRA di Jawa Barat tahun 1950. Tujuan APRA ialah mempertahankan bentuk negara federal Pasundan di Indonesia dan mempertahankan adanya tentara sendiri pada setiap negara belahan RIS. Usaha yang dilakukan pemerintah untuk menuntaskan pembrontakan APRA tahun 1950 ialah ....
A. menangkap semua tentara Belanda yang terlibat dan diasingkan ke luar
B. melaksanakan tekanan terhadap pimpinan tentara Belanda dan operasi militer
C. melucuti senjata tentara Belanda yang digunakan pembrontak dan dimusnahkan
D. menarik semua tentara yang bertugas di setiap negara belahan RIS ke pusat
E. memusnahkan tempat-tempat persembunyian yang digunakan pembrontak
Jawaban : C

33. Setelah gagal menempuh cara diplomasi, dalam penyelesaian Irian Barat, pemerintah mengambil tindakan tegas di antaranya dengan dikeluarkannya UU No. 13 tahun 1956 perihal ....
A. peniadaan Uni Indonesia Belanda
B. diumumkannya Trikora di Yogyakarta
C. peniadaan KMB secara unilateral
D. pembentukan provinsi Irian Barat
E. menuntaskan Irian Barat melalui PBB
Jawaban : D

34. Dampak negatif pelaksanaan sistem dan struktur sosial Demokrasi Terpimpin dalam bidang ekonomi adalah....
A. pembangunan proyek-proyek mercusuar.
B. para pengusaha pribumi tidak sanggup mandiri.
C. inflasi yang cukup parah hingga mencapai 650%.
D. adanya pemusatan kegiatan perekonomian di Jakarta.
E. kesenjangan golongan ekonomi kecil dengan ekonomi menengah.
Jawaban : C

35. Perhatikan daftar kebijakan luar negeri pemerintah Republik Indonesia, sebagai berikut:
1). Tahun 1966 Indonesia menormalisasi hubungan persahabatan dengan Malaysia rikut
2). Indonesia membagi kekuatan politik dunia menjadi Nefo dan Oldefo
3). Mengirimkan delegasi penerima Olympiade Internasional
4). Indonesia menjadi anggota New Emerging Forces
5). Indonesia memprakarsai pembentukan ASEAN
6). Indonesia masuk menjadi anggota PBB yang ke 60
Dari daftar kebijakan politik luar negeri tersebut yang mencerminkan pelaksanaan Politik Luar Negeri Bebas Aktif pada masa pemerintah Orde Baru ditunjukkan oleh nomor ....
A. 1), 2), 3), dan 4)
B. 1), 2), 3), dan 5)
C. 1), 3), 5), dan 6)
D. 2), 3), 5) dan 6)
E. 3), 4), 5) dan 6)
Jawaban : C

36. Kota Bandung mempunyai Gedung Merdeka yang terletak di Jalan Asia Afrika, tempat dilaksanakannya suatu perhelatan besar internasional pada tahun 1955. 63 tahun insiden tersebut akan diperingati pada bulan April 2018, insiden sejarah tersebut ialah ....
A. Konferensi Gerakan Non Blok.
B. Bandung Lautan Api.
C. Pembentukan APEC.
D. Perundingan Linggarjati.
E. Konferensi Asia Afrika.
Jawaban : E

37. Pada masa pemerintahan Orde Baru (1966-1998) bertekad mengabdi pada kepentingan rakyat dan nasional dilandasi semangat dan jiwa Pancasila serta Undang-Undang Dasar 1945. Salah satu kebijakan politik pemerintah Orde Baru ialah penerapan dwifungsi ABRI. Dwi fungsi ABRI merupakan konsep dasar militer dalam menjalankan kiprah sosial-politik di Indonesia. Dampak dikeluarkannya kebijakan tersebut ialah ….
A. kewenangan ABRI semakin luas lantaran campur tangan dalam ranah sipil
B. memberi kiprah kepada ABRI untuk membantu kiprah dari forum dewan perwakilan rakyat
C. jalannya pemerintahan Indonesia menjadi kewenangan kepada ABRI
D. separo jajaran pemerintahan sipil diisi oleh perwakilan dari ABRI
E fraksi ABRI ditarik dari perwakilan keanggotaan MPR/DPR
Jawaban : D

38. Pada masa pemerintahan Orde Baru terdapat banyak penyimpangan di dalam menjalankan roda pemerintahan, di antaranya adalah....
A. kekuasaan tertinggi ada di tangan presiden.
B. diberlakukannya sistem KKN.
C. kekacauan di bidang politik.
D. membuat kontradiksi antar golongan.
E. pembentukan wadah Golkar.
Jawaban : A

39. Perhatikan data berikut:
1) krisis kepercayaan
2) peristiwa Semanggi
3) peristiwa Trisakti
4) krisis ekonomi
5) praktek KKN
Data-data tersebut diatas yang merupakan latar belakang munculnya gerakan Reformasi adalah....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

Jawaban : C

40. ASEAN ialah organisasi regional bangsa-bangsa Asia Tenggara yang bergerak di bidang ekonomi, geopolitik dan budaya. Dalam kegiatan ASEAN tersebut Indonesia bisa memainkan kiprah sebagai pemimpin Asia Tenggara, terutama pada masa pemerintahan Presiden Soeharto. Indonesia mempunyai peranan yang cukup penting di dalam perkembangan ASEAN, di mana Indonesia merupakan salah satu penentu arah perkembangan organisasi tersebut. Contoh kiprah Indonesia dalam ASEAN menjadi penengah ketika terjadinya konflik antara Kamboja dan Vietnam tahun 1987. Konflik ini sanggup diselesaikan melalui Konferensi Paris tahun 1991 di mana kedua negara menyepakati adanya perjanjian damai. bisa membuat perdamaian di daerah Tenggara. 

Dari deskripsi tersebut sanggup disimpulkan bahwa Indonesia ....
A. sanggup menuntaskan konflik yang terjadi diberbagai dunia
B. bisa membuat perdamaian di daerah Asia Tenggara
C. sanggup menuntaskan permasalahan ASEAN tanpa pemberian
D. berafiliasi dengan negara lain dalam mewujudkan kesejahteran
E. bisa mewujudkan suatu stabilatas nasional melalui keadialan
Jawaban : B

Soal Uraian

41. Kerajaan Sriwijaya mempunyai wilayah yang sangat luas dan dijuluki sebagai Kerajaan Nasional . Jelaskan faktor-faktor yang mendorong Sriwijaya tumbuh dan berkembang sebagai kerajaan besar! 

Jawaban : 
  1. Palembang terletak di Sungai Musi .Dihadapannya terdapat Pulau - pulau yang menjadi Pelindung pelabuhan sehingga baik sekali sebagai pusat Perdagangan .
  2. Letaknya amat Strategis di Jalur perdagangan Internasional 
  3. Runtuhnya kerajaan Funan ( Vietnam Selatan ) memperlihatkan kesempatan besar bagi Sriwijaya untuk membuatkan kekuasaannya di bahari terutama di daerah Asia Tenggara.
  4. Sriwijaya mempunya kemampuan melindungi pelayaran dan perdagangan lantaran mempunyai armada bahari yang besar lengan berkuasa dan tangguh .
  5. Karena Ketangguhannya ,sehingga Kerajaan Sriwijaya dikatakan sebagai kerajaan Nasional Pertama .Dan dikatakan sebagai Negara Maritim .,sebab lebih mengutamakan bidang perdagangan dan pelayaran .yang didukung armada bahari yang besar lengan berkuasa .
https://brainly.co.id/tugas/588337

42. Jelaskan mengapa negosiasi Linggarjati dianggap merugikan bangsa Indonesia! 

Jawaban : 
Hasil negosiasi Linggarjati menimulkan banyak sekali pendapat pro dan kontra di kalngan partai politik di Indonesia. Perundingan Linggarjati merugikan pihak Reopublik Indonesia krena daerahnya semakin sempit, yaitu hanya mencakup Jawa, Madura dan Sumatera. Hal ini menyebababkan terjadinya pergolakan di Bali Novmber 1946 dibawah pimpinan Letkol Gusti Ngurah Rai, dengan perang puputan/ perang habis-habisan (puputan Margarana ) dan pertempuran Manado dipimpin Letkol Taulu yang dibantu oleh Residen Lapian melawan tentara KNIL (Belanda)
https://brainly.co.id/tugas/253293

43. KMB merupakan lanjutan dari Perundingan Roem-Royen. KMB berlangsung di Deen Hag Belanda pada tanggal 23 Agustus-2 November 1949. Delegasi Indonesia dipimpin Moh.Hatta, delegasi BFO dipimpin Sultan Hamid II, delegasi Belanda dipimpin Mr. Van Maarseveen, sedangkan UNCI dipimpin oleh Chritchley. Perjanjian KMB mempunyai dampak bagi usaha bangsa Indonesia. 

Jelaskan 4 dampak negatifnya dan berikan alasan bahwa perjanjian KMB tidak sesuai dengan harapan kemerdekaan Indonesia! 
Jawaban : 
dampak negatif KMB yaitu:
1. Indonesia harus mendapatkan bentuk negara serikat
2. Indonesia harus mengakui dan membayar hutang-hutang pemerintah Hindia Belanda
3. Indonesia harus membentuk Uni Indonesia-Belanda
4. Penyerahan kedaulatan tidak termasuk Papua belahan barat
https://brainly.co.id/tugas/14785322


44. Jelaskan ciri-ciri Demokrasi Terpimpin! 
Jawaban : 
1. Dominasi presiden, Presiden Soekarno berperan besar dalam penyelenggaraan pemerintahan. 
2. Terbatasnya kiprah partai politik.
3. Meluasnya kiprah militer sebagai unsur politik
4. Berkembangnya efek Partai Komunis Indonesia
https://brainly.co.id/tugas/214774


45. Jelaskan ciri politik luar negeri Indonesia pada masa pemerintahan SBY!
Jawaban : 
1) Terbentuknya kemitraan-kemitraan strategis dengan negara-negara lain (Jepang, China, India, dll).
2) Terdapat kemampuan menyesuaikan diri Indonesia terhadap perubahan-perubahan domestik dan perubahan-perubahan yang terjadi di luar negeri (internasional).
3) Bersifat pragmatis kreatif dan oportunis, artinya Indonesia mencoba menjalin hubungan dengan siapa saja (baik negara, organisasi internasional, ataupun perusahaan multinasional) yang bersedia membantu Indonesia dan menguntungkan pihak Indonesia.
4) Konsep TRUST, yaitu membangun kepercayaan terhadap dunia Internasional. Prinsip-prinsip dalam konsep TRUST ialah unity, harmony, security, leadership, prosperity. Prinsip-prinsip dalam konsep TRUST inilah yang menjadi sasaran politik luar negeri Indonesia di tahun 2008 dan selanjutnya.
Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN Sejarah Sekolah Menengah kejuruan 2019 Pdf, DOWNLOAD

Demikian Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN Sejarah Sekolah Menengah kejuruan 2019 yang admin bagikan di kesempatan kali ini. Jika sobat merasa soal ini bermanfaat, jangan lupa tinggalkan komentar di bawah ini. 

Posting Komentar untuk "Latihan Soal Dan Kunci Tanggapan Usbn Sejarah Indonesia Smk 2019"