Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Latihan Soal Dan Kunci Balasan Usbn Seni Budaya Smk 2019

Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN Seni Budaya Sekolah Menengah kejuruan 2019. Masih sama dengan tahap sebelumnya, pada kesempatan kali ini admin akan membagikan latihan soal USBN Sekolah Menengah kejuruan pada mata pelajaran Seni Budaya.

Karena materi yang diujikan 100% mirip, jadi admin bisa menyampaikan bahwa latihan soal yang ada di bawah ini cocok untuk satun pendidikan yang sudah kurikulum 2013 atau yang masih memakai KTSP sebagai acuan.

Hal ini sudah admin cek dari kisi - kisi USBN seni budaya SMK yang dibagikan pihak BSNP melalui postingan di laman web resminya. 
Cek : Kisi - kisi USBN Seni Budaya Sekolah Menengah kejuruan K13 dan KTSP
Kutipan materi yang sekiranya bisa teman pelajari melingkupi 5 potongan berikut ini :
  1. Kebudayaan
  2. Seni dan Keindahan 
  3. Ekspresi
  4. Genre
  5. dan Apresiasi
Sobat bisa mempelajarinya lebih lanjut dan mencocokkan apa yang teman pelajari di 3 tahun masa sekolah Sekolah Menengah kejuruan tersebut. Walau pun naskah di bawah ini cuma sebatas contoh soal saja, akan tetapi bisa admin bilang Prediksi Soal / Bocoran Soal Sesuai kisi - kisi.

Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN Seni Budaya Sekolah Menengah kejuruan 2019



Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN Seni Budaya Sekolah Menengah kejuruan  Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN Seni Budaya Sekolah Menengah kejuruan 2019

Masing - masing butir soal mempunyai kunci tanggapan masing - masing. Jumlahnya sebanyak 45 butir soal dengan ketentuan 40 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian. Keseluruhan soal bisa terbilang yang terbaru di final tahun 2018 ini. Makara jangan heran, kalau teman akan menemukan beberapa soal yang akan tembus pada tahun 2019 kelak.

Yang perlu teman lakukan hanya menyidik dan mempelajari struktur soal sesuai kisi - kisi yang terlampir diatas. Dan terutama bekerja keraslah.

Loh min, gak ada dokumen softfile-nya ya? Gak bisa dicopy juga!!

Admin tidak menginjinkan copy paste untuk soal di yang berada di blog ini, terkhusus untuk di posting ulang pada blog sobat. Sedangkan untuk dokumen softfile, admin sudah sediakan di bawah keseluruhan soal - jawab di bawah ini dengan format PDF. Admin sarankan untuk membaca sekilas naskah soal latihan USBN seni budaya Sekolah Menengah kejuruan berikut ini.

Selamat Mengerjakan...

Soal Pilihan Ganda

1. Budi dan daya insan yang berilmu dan menghasilkan karya seni yang bermutu dari zaman ke zaman disebut:
A. Kebudayaan
B. Kesenian
C. Estetika
D. Apresiasi
E. Ekspresi 
Jawaban : A

2. Menurut Kluckhohn Bagian dari budaya yang dipakai untuk mengekspresikan rasa keindahan dari dalam jiwa insan adalah…
A. Sistem Kepercayaan (Religi)
B. Kesenian
C. Sistem Pengetahuan
D. Bahasa
E. Peralatan dan perlengkapan hidup manusia
Jawaban : B

3. Seni yaitu segala perbuatan insan yang bersifat indah hingga sanggup menggerakkan perasaan insan berdasarkan : 
A. Leo Tolstoy
B. Erich Kahler
C. Ki Hajar Dewantara
D. Akhdiat Kartamihardja
E. Herbert Read 

Jawaban : C

4. Cabang seni rupa yang berupaya untuk memecahkan kebutuhan akan ruang yang nyaman dan indah dalam sebuah hunian disebut :
A. Desain Arsitektur
B. Desain Produk
C. Desain Komunikasi Visual
D. Seni Kriya
E. Desain Interior 

Jawaban : A

5. Salah satu unsur seni rupa yang terdapat dalam lukisan ekspresionisme karya Affandi adalah…
A. Titik
B. Garis
C. Warna
D. Tekstur
E. Gelap terang 

Jawaban : E

6. Teknik menggambar dengan cara menggosok sehingga mengakibatkan kesan gelap jelas atau tebal tipis yaitu teknik ….
A. arsir
B. siluet
C. dussel
D. kolase
E. pointilis 

Jawaban : C

7. Musik yaitu karya seni yang disukai oleh bau tanah dan muda di seluruh dunia, hal ini memberikan bahwa seni mempunyai sifat...
A. Ekspresif
B. Pribadi
C. Universal
D. Survival
E. Abadi
Jawaban : C

8. Hasil pengamatan gambar di bawah adalah.... 


A. gambar1 beraliran naturalisme, gambar 2 beraliran kubisme, gambar 3 beraliran impresionisme
B. gambar 1 beraliran naturalisme, gambar 2 beraliran dadaisme, gambar 3 beraliran impresionisme
C. gambar 1beraliran naturalisme, Gambar 2 beraliran kubisme, gambar 3 beraliran ekspresionisme
D. gambar 1 beraliran realisme, gambar 2 beraliran kubisme, gambar 3 beraliran impresionisme
E. gambar 1 beraliran naturalisme, gambar 2 beraliran Dadaisme, gambar 3 beraliran impresionisme 

Jawaban : A

9. Prinsip- prinsip dasar karya seni rupa terdiri dari....
A. value, unity,balance, rhythm, pemfokusan
B. unity, balance, rhythm, penekanan, proporsi dan keselarasan
C. unity, balance, rhythm, penekanan, tekstur, dan keselarasan
D. line, unity, penekanan, tekstur, proporsi dan pemfokusan
E. line, unity, penekanan, proporsi, keselarasan dan rhythm 

Jawaban : B

10. Fungsi utama ekspo seni rupa bagi perupa atau senimannya yaitu ….
A. untuk membanggakan hasil karyanya kepada masyarakat
B. untuk menambah wawasan dan pengetahuannya mengenai Seni Rupa
C. untuk mengkomunikasikan ilham atau gagasan karyanya kepada masyarakat
D. untuk menambahkan jumlah penggemar karya-karyanya
E. untuk menambah keleksi karya-karya Seni Rupa 

Jawaban : C

11. Kritik seni intinya merupakan kegiatan menanggapi suatu karya seni yang bertujuan mengupas kedalam dan membangun kekurangan pada suatu karya sehingga sanggup meningkatkan wawasan dan pengetahuan terhadap karya seni yang berkualitas. Dibawah ini merupakan tahapan yang dipakai secara umum dalam mengkritisi karya seni rupa yaitu ….
A. anilisis formal – deskripsi – penilaian – interprestasi
B. penilaian – analisis formal – interprestasi – deskripsi
C. deskripsi – analisis formal – interprestasi – penilaian
D. interprestasi – deskripsi – analisis formal – penilaian
E. analisis formal – deskripsi – penilaian – interprestasi 

Jawaban : C

12. Pada zaman prasejarah, masyarakat banyak berkarya seni rupa memakai materi dari ….
A. plastik
B. kerikil
C. sampah rumah tangga
D. emas
E. tembaga
Jawaban : B

13. Unsur-unsur karya seni rupa terdiri dari ….
A. titik, garis, bidang, ruang, warna, tekstur dan gelap jelas
B. titik, garis keseimbangan, warna, tekstur dan gelap jelas
C. titik, garis, raut, ritme, kesatuan, warna dan gelap jelas
D. garis, balance, warna, tekstur dan gelap jelas
E. titik, garis, raut, ruang, harmoni dan gelap terang 

Jawaban : A

14. Kemampuan untuk menghargai, mengagumi, menghayati, dan menilai sebuah karya seni disebut…
A. Kreasi seni
B. Apresiasi seni
C. Pengertian seni
D. Tujuan Seni
E. Fungsi seni 

Jawaban : B

15. Apresiasi wacana keindahan dan mempunyai penilaian wacana keindahan karya seni tersebut, disebut dengan ….
A. apresiasi kritis
B. apresiasi pasif
C. apresiasi estetik
D. apresiasi empatik
E. apresiasi melankolis 

Jawaban : C

16. Proses penciptaan karya seni untuk meningkatkan apresiasi masyarakat sehingga memperoleh pengalaman gres dalam mengamati karya seni tersebut berarti karya seni rupa bertujuan sebagai ......
A. rekaman insiden
B. alat komunikasi
C. verbal diri
D. ekspansi wawasan
E. terapi kejiwaan 

Jawaban : D

17. Perhatikan data di bawah ini!
1. Adat istiadat
2. Cerita rakyat
3. Patrilineal
4. Matrilineal
5. Norma
6. Arsitektur
Yang termasuk pada bentuk kebudayaan acara adalah…
A. 1, 2, dan 3
B. 2, 5, dan 6
C. 3, 4, dan 5
D. 1, 4, dan 5
E. .3, 5, dan 6 

Jawaban : D

18. Dalam karya seni tiga dimensi, membentuk dengan cara mengurangi dan menambahkan materi yaitu teknik ….
A. pahat
B. butsir
C. cor
D. las
E. cetak 

Jawaban : B

19. Musik yang berasal dari kawasan disebut :
A. Musik Modern
B. Musik Tradisional
C. Musik Klasik
D. Musik Kontemporer
E. Musik Kolaborasi 

Jawaban : B

20. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Mengandung makna tertentu
(2) Menggambarkan suasana suatu kawasan
(3) Irama dan melodinya bersifat sederhana
(4) Tidak diketahui penciptanya
Yang merupakan ciri-ciri music tradisional yaitu ….
A. (4)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (4)
D. (1), (2) dan (3)
E. (1), (2), (3) dan (4) 

Jawaban : E

21. Berdasarkan fungsinya alat musik dibagi menjadi tiga yaitu alat musik ritmis, melodis dan harmonis. Contoh dari alat musik ritmis adalah....
a. kendang, gong, saron, kastanyet
b. rebab, drum, ketipung, ukulele
c. kastanyet, drum, gong, kendang
d. sasando, tifa, talempong,Fuu
e. kulintang, gitar, organ, piano 
Jawaban : C

22. Urutan tangga nada 2# yaitu ….
A. g a b c d e f g
B. g a b c d e fis g
C. g a b cis d e fis g
D. d e fis g a b cis d
E. f g a b cis dis e f
Jawaban : B

23.Titik di bawah pada keyboard memberikan nada …. 


A. c e g 
B. e g c
C. g e c
D. g c e
E. g a b 

Jawaban : D

24. Sajian musik yang hanya terdiri dari permainan beberapa alat musik secara bersamaan dinamakan ….
A. orchestra
B. ansambel
C. akapela
D. serasi
E. tradisional 

Jawaban : A

25. Hasil dari pengamatan gambar di bawah adalah.... 


A. talempong pacit dari sumatra, cara memainkan di pukul
B. kulintang dari minahasa, cara memainkan di pukul
C. bonang barung dari jawa, cara memainkan di pukul
D. bonang penerus dari jawa, cara memainkan di pukul
E. ceng-ceng dari bali, cara memainkan di pukul 

Jawaban : D

26. Alat musik yang memakai senar / dawai sebagai sumber bunyinya disebut ….
A. idiophone
B. aerophone
C. chordophone
D. electrophone
E. membranophone
Jawaban : C

27. Jumlah ketukan not di bawah yaitu …. 


A. 1
B. 2
C. 3
D. ½
E. ¼ 

Jawaban : A

28. Hasil dari gambar di bawah ini yaitu =  …. Ketukan
 A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5 

Jawaban : C

29. Alat musik gamelan jawa terdiri atas beberapa alat, yang bertugas sebagai pemimpin ….
A. gong
B. boning
C. kethuk
D. saron
E. kendang. 

Jawaban : A

30. Tari Jaipong merupakan jenis tarian
A. Tari Sakral
B. Tari Tradisional
C. Tari Rakyat
D. Tari Pertunjukan
E. Tari kreasi 

Jawaban : B

31. Tari yaitu gerak-gerak dari seluruh anggota tubuh / tubuh yang selaras dengan suara musik (gamelan). Diatur oleh irama yang sesuai dengan maksud dan tujuan didalam tari. Dalam Babad
Lan mekaraning Djoged Djawi. Definisi tari tersebut diatur disampaikan oleh ….
A. Curt Sacht
B. Corrie Hartong
C. La Meri
D. B.P.A Soerjodiningrat D.
E. Soedarsono 

Jawaban : D

32. Tarian yang bernilai artistik tinggi dan mempunyai standar atau norma yang cukup berpengaruh sehingga ada pembakuaan gerak dan mengandung konsep simbolik dan filosofis disebut juga ….
A. tari kerakyatan
B. tari klasik
C. tari pergaulan
D. tari kreasi
E. modern dance 

Jawaban : A

33. Sikap tangan dan lengan dengan ruang terbuka lebar dan posisi sikut yang senantiasa sejajar denga dada, disertai verbal mata yang indah yaitu salah satu ciri tarian ….
A. Sumatera
B. Sunda
C. Jawa
D. Bali
E. Irian 

Jawaban : A

34. Jika tari Bedhoyo ssecara sengaja ditampilkan dengan busana berbeda dan jumlah penari yang berbeda dengan tujuan untuk memberikan gagasan tertentu, maka tarian ini disebut ….
A. kreasi tari
B. kekurangan jumlah penari
C. berbagi tradisi
D. cara mencar ilmu bagi penari muda
E. cara menampilkan budaya diluar keratin 

Jawaban : C

35. Jika akan menarikan tari kreasi yang dibentuk oleh orang lain, maka kita harus memahami sinopsis tari terlebih dahulu sebelum mempelajari gerakan-gerakan tari. Dalam kasus ini synopsis tari dibentuk oleh ….
A. penari
B. panitia pertunjukkan
C. koreografer
D. penonton
E. pemusik 

Jawaban : C

36. Tarian yang diwariskan secara turun temurun dan mengandung nilai filosofis, simbolis dan religius disebut tari ….
A. rakyat
B. tradisional
C. kontemporer
D. kreasi
E. daerah 

Jawaban : B

37. Disaat pertunjukan seni tari tidak lepas dari unsur gerak, rias dan iringan. Fungsi utama tata rias dalam pertunjukan seni tari yaitu …
A. menciptakan semangat penonton
B. memeriahkan pertunjukan seni tari
C. mengiringi tari sesuai gerakannya
D. mempercantik penari
E. mendukung abjad penari 

Jawaban : E

38. Dalam pertunjukkan tari kreasi baru, perlu adanya kekompakkan dan kebersamaan. Perebedaan tari berpasangan dengan tari kelompok yaitu ….
A. jumlah penari
B. gerakan yang sedang menari
C. saling melengkapi dalam tari berpasangan
D. kerumitan gerakan
E. gagasan dasar tarian 

Jawaban : C

39. Lampu yang dipakai untuk menyinari objek tertentu secara khusus dalam pertunjukan seni tari disebut ….
A. general light a
B. follow spot
C. front light
D. spot light
E. side light 

Jawaban : D

40. Nama lampu yang dipakai untuk penyinaran dari arah depan dan biasanya diletakkan di depan penari yaitu ….
A. Side light
B. Spot light
C. Back light
D. Side wing
E. Front light 

Jawaban : E

Soal Uraian

41. Sebutkan pengelompokan karya seni rupa berdasarkan tujuan pembuatanya! 

Jawaban : 
-seni rupa murni :
seni rupa yang hanya memperhatikan nilai keindahannya saja untuk kepuasan batin.
-seni rupa terapan :
seni rupa yang memperhatikan nilai kegunaannya untuk dipakai sehari-sehari.

42. Tuliskan tingkatan akor dalam seni musik! 
Jawaban : 
I = tonika= CEG
II = supertonika=D-F-A
III = median = E-G-B
IV = submedian = F-A-C
V = lebih banyak didominasi = G-B- D
VI = sub lebih banyak didominasi = A-C-E
VII = leading not =B-D-F

43. Tuliskan susunan tangga nada dari 1 hingga 5 # mayor! 
Jawaban : 
1#  G-A-B-C-D-E-F#-G
2#  D-E-F#-G-A-B-C#-D
3#  A-B-C#-D-E-F#-G#-A
4#  E-F#-G#-A-B-C#-D#-E
5#  B-C#-D#-E-F#-G#-A#-B

44. Materi ujian praktik kelas XII salah satunya yaitu pagelaran seni tari. Buatlah susunan kepanitiaan pagelaran tersebut! 
Jawaban : 
https://brainly.co.id/tugas/6137962

45. Jelaskan pengertian teater tradisional!
Jawaban : 
Teater Tradisional yaitu bentuk pertunjukan yang pesertanya dari kawasan setempat alasannya yaitu terkondisi dengan watak istiadat, sosial masyarakat dan struktur geografis masing-masing daerah


Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN Seni Budaya Sekolah Menengah kejuruan 2019 Pdf, DOWNLOAD
Demikian Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN Seni Budaya Sekolah Menengah kejuruan 2019 di artikel kali ini. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Latihan Soal Dan Kunci Balasan Usbn Seni Budaya Smk 2019"