Strategi Literasi
SOSOK LITERAT | |
A. B. C. D. E. | Mampu menentukan seberapa banyak informasi yang dibutuhkan. Mampu mengakses informasi yang diharapkan secara efektif dan efisien. Mampu mengevaluasi informasi dan sumbernya secara kritis. Mampu memadukan informasi yang dipilih ke dalam pengetahuan diri. Mampu memakai informasi secara efektif untuk mencapai tujuan tertentu. |
LITERASI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI | |
A B C D E F G | Menghubungkan pengetahuan dengan pengalaman sebelumnya. Melakukan preview dan prediksi untuk meningkatkan pemahaman teks. Mengelola informasi dan menerapkan kerangka dan kategori yang bermaka. Mampu memakai pancaindra (melihat, mendengar, merasakan, membaui, atau mengecap) citra yang disampaikan dalam teks tulis. Memantau pemahaman secara mandiri. Mengevaluasi teks secara kritis. Memberikan penilaian terhadap bentuk dan/atau isi teks.Menerapkan pengetahuan yang diperoleh dari teks untuk situasi baru. |
ISTILAH TEKNIS | |
A B C D E F G | Think-aloud: taktik untuk membunyikan secara verbal pada ketika berusaha memahami bacaan, memecahkan masalah, atau mencoba menjawab pertanyaan. Inferensi: final sementara menurut informasi yang tersirat dalam teks. Inferensi sanggup didukung dengan ciri/bukti/fitur khusus yang ada dalam teks. Keterkaitan antarteks atau intertekstualitas merujuk pada keterkaitan teks dengan teks yang pernah dibaca sebelumnya, teks dengan pengalaman pribadi, atau teks dengan hal lain. “Ringkasan” dalam arti luas diperoleh dengan aktivitas meringkas isi, mengidentifikasi gagasan utama, menceritakan kembali, menciptakan sintesis, menciptakan pertanyaan perihal isi, dan sebagainya. Evaluasi teks sanggup berwujud antara lain (a) menciptakan opini terkait teks; (b) menciptakan penilaian langsung; (c) intertekstualitas; (d) memilih/menentukan moda yang paling sesuai untuk tujuan tertentu. “Moda” merujuk pada bagaimana atau dengan cara apa pesan disampaikan (teks tulis, audio, visual, audiovisual, digital, kinestesik, dsb.). Pengatur grafis (graphic organizers): berbagai bentuk tabel atau grafik untuk membantu pemahaman dengan cara mengorganisasikan ide/pikiran/gagasan. |
Posting Komentar untuk "Strategi Literasi"