Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Latihan Pre Test

1.
Peran satuan pendidikan dalam pelaksanaan literasi di sekolah sebagai berikut, kecuali ….

A.
melaksanakan acara pembiasaan harian, mingguan, bulanan, dan semester, acara membaca 15 menit sebelum pembelajaran.

B.
menciptakan ruang-ruang baca bagi penerima didik, pendidik, dan tenaga kependidikan.

C.
mengawasi dan mewajibkan penerima didik membaca sejumlah buku sastra dan menyelesaikannya dalam kurun waktu tertentu. 

D.
melakukan analisis kebutuhan dan mengkaji isu-isu yang terkait dengan kemampuan literasi pendidik dan penerima didik.
2
Makna dari Ing Ngarsa Sung Tuladha dalam implementasi pendidikan akal pekerti ialah ….

A.
pendidikan akal pekerti tidak sanggup terinternalisasi dalam diri penerima didik dengan sendirinya, oleh alasannya ialah itu keberhasilan pendidikan akal pekerti menuntut pentingnya teladan yang baik dari pendidik terhadap penerima didik.

B.
pendidik hendaknya bisa menumbuhkembangkan minat, hasrat dan kemauan penerima didik untuk sanggup kreatif dan berkarya, guna mengabdikan diri kepada harapan yang luhur dan ideal.

C.
pendidik memberi kebebasan, kesempatan dengan perhatian dan bimbingan yang memungkinkan penerima didik atas inisiatifnya sendiri dan pengalamannya sendiri, semoga mereka berkembang berdasarkan garis kodrat pribadinya.

D.
pendidikan akal pekerti perlu didukung oleh pendidik yang bisa membina kehendak, kemauan dan hasrat untuk mengabdikan diri kepada kepentingan umum, dan kepada harapan yang luhur.
3
Manakah yang merupakan muara utama pencapaian semua mata pelajaran pada selesai jenjang satuan pendidikan?

A.
Standar Kompetensi Lulusan

B.
Standar Kompetensi

C.
Kompetensi Inti

D.
Kompetensi Dasar
4
Salah satu tujuan perbaikan buku teks pelajaran pada penyempurnaan kurikulum 2013 ialah ….

A.
memastikan kredensial penulis, penelaah, penilai, dan pereviu secara terbuka dan sanggup dihubungi oleh pengguna/pembaca

B.
memastikan langkah-langkah pendekatan saintifik sudah dituliskan dalam buku

C.
mengefisienkan biaya pencetakan dan penditsribusian buku pelajaran

D.
memperbanyak ilustrasi, gambar, dan peta konsep pembelajaran dan penilaian
5
Pernyataan berikut yang  bukan merupakan bab dari  penyempurnaan kurikulum 2013 ialah ….

A.
menghilangkan KD pada KI-1 dan KI-2 untuk Mapel selain Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dan PPKn.

B.
memperbaiki rumusan KD sehingga gampang dipahami dan menata keluasan, kedalaman, dan urutan kompetensi.

C.
capaian kompetensi diadaptasi dengan jenis pengetahuan dan tingkat perkembangan berpikir.

D.
pembelajarn saintifik 5M merupakan satu-satunya pendekatan pembelajaran yang dilakukan pendidik dalam pembelajaran
6
Penyempurnaan Kurikulum 2013 pada aspek penilaian hasil berguru penerima didik oleh pendidik ialah ….

A.
penilaian perilaku menerima porsi lebih besar daripada penilaian pengetahuan dan keterampilan.

B.
penilaian perilaku tidak harus dinilai pada setiap KD dan bertujuan membina, memperbaiki, dan menyebarkan perilaku dan aksara penerima didik.

C.
penilaian perilaku diarahkan untuk meningkatkan kemampuan pengetahuan penerima didik perihal perilaku yang baik dan perilaku yang perlu bimbingan.

D.
penilaian pengetahuan dan keterampilan dilakukan untuk setiap KD dengan memakai hanya satu  teknik dan instrumen penilaian.
7
Karakteristik silabus pada implementasi Kurikulum 2013 sesudah penyempurnaan yaitu ….

A.
berisi aspek yang lengkap sehingga mempermudah pendidik dalam menyusun RPP.

B.
hanya menyajikan  aspek KD, Materi Pokok, dan Pembelajaran.

C.
Disajikan secara sederhana sehingga gampang dipahami.

D.
Kurang detail dan kurang memberi peluang kreativitas guru.
8
Berikut ini pernyataan perihal kompetensi keterampilan.

1)
Kemampuan berpikir mencakup: mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta.

2)
Kemampuan berguru mencakup: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan.

3)
Kemampuan pikir dan tindak mental non motorik menyerupai mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar.

4)
Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik.

Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan aneh terdapat pada angka ….

A.
(1), (2), dan (3)

B.
(1), (2), dan (4)

C.
(1), (3), dan (4)

D.
(2), (3), dan (4)
9
Berikut terkait dengan tahap MENGAMATI dalam pembelajaran yang menerapkan metode saintifik, kecuali ....

A.
siswa mengumpulkan data yang relevan dengan pertanyaan atau KD

B.
siswa mengamati fenomenon dengan indera dengan atau tanpa alat

C.
siswa menemukan apa saja yang belum diketahui terkait fenomenon

D.
yang diamati ialah fenomenon alami atau disajikan melalui video/audio/gambar
10
Kegiatan pembelajaran dengan langkah-langkah merumuskan pertanyaan (masalah), membuat rancangan pengumpulan data/informasi, mengumpulkan data/informasi dengan teknik yang sesuai dan menganalisis data/informasi, merumuskan simpulan (menjawab pertanyaan), dan menerapkan/menggunakan “temuan” dalam kehidupan dikenal sebagai ....

A.
inquiry/discovery learning

B.
problem-based learning

C.
cooperative learning

D.
project-based learning


Sumber http://prakarya-indramayu.blogspot.com

Posting Komentar untuk "Soal Latihan Pre Test"