Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Metode Penelitian

-METODE PENELITIAN

Sumber Data
Sumber Data Primer Kuantitatif :

Sumber data primer kuantitatif (kumpulan skor jawaban) yaitu sejumlah responden yang disebut Sampel Penelitian. Sampel ini diambil dengan cara tertentu dari keseluruhan populasi yang dijadikan subyek penelitian. Sejumlah responden yang dijadikan Sampel Penelitian dipandang sebagai sumber data yang dianggap sanggup merepresentasikan persoalan yang dijadikan obyek penelitian. Teknik atau cara yang dipakai untuk penarikan Sampel Penelitian antara lain Teknik Pengambilan Sampel Dengan Cara Acak (Stratified Random Sampling Technique), Teknik Pengambilan Sampel Dengan Cara Acak Proporsional (Stratified Random Sampling Proporsional Technique), Teknik Slovin, dan Teknik Kluster. Teknik-teiknik pengambilan sampel ini dipakai bila subyek yang dijadikan populasi penelitian terlalu banyak jumlahnya. Namun bila subyek yang menjadi populasi penelitian jumlahnya tidak mencapai 100 orang, maka sebaiknya dipakai Teknik Sensus (seluruh subyek diambil).

Sumber Data Primer Kualitatif :
Sumber data primer kuantitatif (transkrip wawancara) yaitu sejumlah responden yang disebut Informan Penelitian. Informan ini diambil dengan cara tertentu dari para pihak yang alasannya yaitu kedududkan atau kemampuannya dianggap sanggup merepresentasikan persoalan yang dijadikan obyek penelitian. Teknik yang dipakai untuk memilih penarikan Informan Penelitian antara lain Purposive Sampling Technique dan Snow Ball Technique. Purposive Sampling Technique yaitu cara penentuan sejumlah Informan sebelum penelitian dilaksanakan, dengan menyebutkan secara terang siapa yang dijadikan informan serta informasi apa yang diinginkan dari masing-masing informan. Snow Ball Technique yaitu cara penentuan informan dari satu informan ke informan lainnya yang dilakukan pada dikala penelitian dilaksanakan, hingga dicapai sejumlah informan yang dianggap telah merepresentasikan banyak sekali informasi yang diperlukan. Pencatuman sumber data harus disertai dengan nama dan identitas yang jelas. Contoh identitas : Nama lengkap, JenisKelamin, Umur, Pekerjaan/Jabatan, Pendidikan Terakhir.

Sumber Data Sekunder :
Sumber data sekunder (teori, data dan informasi) yaitu buku-buku, dokumen-dokumen, internet, dan media cetak. Untuk pengutipan teori, pencantuman sumber data memakai runningnote yang mencakup pencantuman last name, tahun penerbitan buku, dan nomor halaman buku. Contoh : kalau diletakan dimuka kutipan : Robbins (1999:87) atau Robbins (dalam Thoha, 2001 :32); kalau diletakan dibelakang kutipan : (Robbins,1999:87). Untuk pengutipan data, pencantuman sumber data memakai footnote yang diletakan di bawah tabel data. Contoh : Sumber : Bappeda Kabupaten Bogor, 2005. Untuk pengutipan informasi, pencantuman sumber data memakai runingnote. Contoh : (Harian Kompas,
Senin, 2/8/2005) atau http://www.aseansec.org/5804.htm 


Jenis Data
Data Primer yaitu jenis data yang pribadi didapat dari sumbernya. Contoh : Data Primer Kuantitatif didapat pribadi dari Sampel Penelitian, Data Primer Kualitatif didapat pribadi dari Informan Penelitian.

Data Sekunder yaitu jenis data yang tidak pribadi didapat dari sumbernya. Contoh : data sekunder dari banyak sekali buku, dokumen, internet, dan media cetak.


Teknik Pengumpulan Data
Studi Kepustakaan atau Studi Dokumen yaitu teknik pengumpulan data sekunder yang mencakup pengutipan dan pengkajian teori, data dan informasi dari banyak sekali buku, dokumen, internet, dan media cetak.

Kuesioner Penelitian atau Angket yaitu teknik pengumpulan data primer dari sejumlah responden yang menjadi sampel penelitian. Penyusunan Kuesioner atau Angket memakai format pengskalaan tertentu menyerupai contohnya Likert Scale (skor 1 hingga 5), Rating Scale (skor 1 hingga 4), atau Guttman Scale (skor 1 hingga 2)
Observasi atau kunjungan lokasi yaitu teknik pengumpulan data secara impulsif ketika penelitian dilakukan.

Metode Analisis Data
Metode Analisis Kuantitatif yaitu teknik pengolahan data kuantitatif (angka-angka) yang memakai rumus-rumusan statistik antara lain untuk Pengujian Persyaratan Analisis, Pengukuran dan Pengujian Hipotesis.
Metode Analisis Kualitatif yaitu teknik pengolahan data kualitatif (kata-kata) yang dilakukan dalam rangka mendeskripsikan atau membahas hasil penelitian dengan pendekatan analisis konseptual dan analisis teoritik

Contoh Penyususunan Metode Penelitian
Penerapan Metode Penelitian dalam penyusunan Proposal Penelitian disusun menurut sistematika sebagai berikut :
3.1 Disain Penelitian
3.2 Definisi dan Operasionalisasi Variabel Penelitian
3.3 Populasi dan Sampel Penelitian
3.4 Teknik Pengumpulan Data
3.5 Metode Analisis Data
3.6 Rancangan Uji Hipotesis
3.7 Jadual Penelitian

 Sumber:

https://duniainformasisemasa326.blogspot.com//search?q=empat-komponen-utama-metode-penelitian

Posting Komentar untuk "Metode Penelitian"