Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waktu Pelaksanaan Remedial Pendekatan Kuratif

Jejak pendidikan- Untuk mencapai target pencapaian sanggup memakai pendekatan, antara lain:

1) Pengulangan

Pengulangan ini sanggup dilakukan dengan banyak sekali tingkatan sesuai dengan diagnotisnya, yakni : Pada setiap tamat jam pertemuan, Pada setiap unit pelajaran tertentu, dan Pada tamat setiap aktivitas studi (semesteran). 
Waktu dan cara pelaksanaannya :

a) Bila sebagian/seluruh kelas mengalami kesulitan sama, diadakan pertemuan kelas biasa berikutnya, dengan cara:

  1. Bahan dipresentasikan kembali.
  2. Diadakan latihan/penugasan/soal bentuknya sejenis.
  3. Diadakan pengukuran kembali untuk mendeteksi hasil peningkatan ke arah kriteria keberhasilan yang diharapkan.

b) Diadakan di luar jam pertemuan biasa, misalnya:

  1. Diadakan jam pelajaran pelengkap bila yang mengalami kesulitan hanya sejumlah orang tertentu (pada sore hari, sesudah jam pelajaran biasa, waktu istirahat, dan sebagainya).
  2. Diberikan pekerjaan rumah dan dikoreksi oleh guru sendiri.

c) Diadakan kelas remidial (kelas khusus bagi siswa-siswa tertentu yang mengalami kesulitan berguru tertentu), dimana:

  1. Siswa lain berguru dalam kelas yang biasa
  2. Sedangkan siswa tertentu berguru dengan menerima bimbingan khusus dari guru bidang studi hingga yang bersangkutan mencapai tingkat penguasaan (level of mastery) tertentu untuk sanggup gotong royong lagi dengan temannya di kelas biasa.

d) Diadakan pengulangan secara total bila ternyata siswa yang bersangkutan prestasinya sangat jauh dari batas criteria keberhasilan minimal dalam hampir keseluruhan aktivitas (komponen bidang studinya).

2) Pengayaan/pengukuhan

Layanan ini ditujukan kepada siswa yang memiliki kelemahan sangat mendasar, layanan pengayaan dikenakan pada siswa yang kelemahannya ringan, bahkan secara akademik mungkin termasuk berbakat / sangat kuat.

Teknik pelaksanaannya dengan cara:
a) Pemberian kiprah dalam bentuk pekerjaan rumah.
b) Pemberian tugas/soal yang dikerjakan di kelas pada jam pelajaran itu juga.

3) Percepatan (akselerasi)

Layanan ini ditujukan kepada siswa yang berbakat tetapi menawarkan kesulitan psiko sosial (ego emosional):
a) Bila ternyata keseluruhan bidang studi unggul dibandingkan kelompoknya sanggup                    dinaikkan ke tingkat yang lebih tinggi.
b) Sedangkan bila hanya beberapa bidang studi untuk bidang studi ini sanggup diteruskan              (maju berkelanjutan/continous program).


Pelaksanaan layanan pegajaran secara akseleratif ini tentu perlu adanya kolaborasi diantara para guru yang bersangkutan di sekolah tertentu. 

Posting Komentar untuk "Waktu Pelaksanaan Remedial Pendekatan Kuratif"