Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Pendekatan Kuratif

Jejak Pendidikan- Tindakan pengajaran remedial dikatakan bersifat kuratif jikalau dilakukan sesudah agenda PBM utama final diselenggarakan. Pendekatan ini diadakan mengingat kenyataannya ada seseorang atau sejumlah siswa, bahkan mungkin seluruh anggota kelompok berguru tidak bisa menuntaskan agenda secara tepat sesuai dengan kriteria keberhasilan dalam proses berguru mengajar. Pelaksanaan layanan pengajaran remedial sanggup diberikan secara perseorangan (individual) jikalau ternyata siswa yang memerlukan proteksi itu jumlahnya terbatas, dan secara kelompok (peers group) jikalau ternyata terdapat sejumlah siswa yang memiliki jenis atau sifat kesulitan bersama.

Sasaran pokok dari tindakan ini siswa yang prestasinya jauh dibawah batas criteria keberhasilan minimal, diusahakan pada suatu ketika tertentu sanggup memadai kriteria keberhasilan minimal tersebut. Untuk mencapai sasaran pencapaian sanggup memakai pendekatan, antara lain:

  1. Pengulangan
  2. Pengayaan/pengukuhan
  3. Percepatan (akselerasi)

Jika ketiga alternative teknik pendekatan itu memungkinkan untuk diadministrasikan secara efektif, kesulitan-kesulitan yang dialami siswa, baik dalam arti bagi keperluan peningkatan prestasi akademis maupun kemampuan penyesuaiannya mungkin berangsur sanggup dikurangi dalam lingkungan dan sistem persekolahan.

Posting Komentar untuk "Pengertian Pendekatan Kuratif"