Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ruang Lingkup Pendidikan Spiritual

Jejak Pendidikan-Ruang lingkup pendidikan spiritual mencakup keserasian, keselarasan, dan keseimbangan antara hubungan insan dengan Allah SWT, hubungan insan dengan sesama insan dan hubungan korelasi insan dengan dirinya sendiri, serta hubungan insan dengan makhluk lain dan lingkungan.

Ruang lingkup pendidikan spiritual juga identik dengan aspek-aspek pndidikan agama islam alasannya apa yang ada didalamnya merupakan perpaduan yang saling melengkapi satu dengan yang lainnya. Ruang lingkup pendidikan spiritual yang umum dilaksanakan adalah:
 dan keseimbangan antara hubungan insan dengan Allah SWT Ruang Lingkup Pendidikan Spiritual

a. Pengajaran Keimanan
Pengajaran keimanan berrati proses berguru wacana aspek kepercayaan,dalam hal ini tentunya kepercayaan berdasarkan pedoman islam, inti dari keimanan ini menandakan wacana agama.

b. Pengajaran Akhlak
Pengajaran adab ialah bentuk pengajaran yang mengaah pada pembentukan jiwa, cara bersikap individu pada kehidupannya, pengajaran ini berarti berarti proses berguru mengajar dalam mencapai tujuan supaya yang di ajarkan berakhlak baik.

c. Pengajaran Ibadah
Pengajar ibadah ialah pengajaran wacana segala bentuk ibadah dan tata cara pelaksanaannya, yang bertujuan biar bisa melakukan ibadah dengan baik dan benar. Mengerti arti dan tujuan pelaksanaan ibadah.

d. Pengajaran Fiqh
Pengajaran fiqh ialah pengajaran yang isinya memberikan bahan wacana segala bentuk-bentuk aturan islam yang bersumber pada al-Qur’an, sunnah, dan dalil-dalil syar’i yang lain. Tujuan dalam pengajaran ini untuk mengetahuai dan mengerti wacana hukum-hukum islam dan melaksanakannya sehari-hari.

e. Pengajaran Al-Qur’an
Pengajaran Al-Qur’an ialah pengajaran yang bertujuan biar sanggup membaca Al-Qur’an dan mengerti arti kandungan yang terdapat di setiap ayat-ayat Al-Qur’an.

Rujukan:

Hasyimsyah Nasution, Filsafat Islam, Gaya Media: Jakarta.

Posting Komentar untuk "Ruang Lingkup Pendidikan Spiritual"