Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peranan Pendidikan Karakter

Jejak Pendidikan- Dunia pendidikan yaitu sebagai instrumen penting sekaligus sebagai penentu maju mundurnya sebuah bangsa dan forum pendidikan yaitu sebagai motor penggagas untuk memfasilitasi perkembangan pendidikan karakter. 

Keduanya merupakan satu kesatuan yang seharusnya berjalan seiring dan berimbang alasannya yaitu ibarat yang sudah diungkapkan pada artikel sebelumnya bahwa kesuksesan seseorang 80% ditentukan dari karakteristik seseorang apakah bisa mengelola potensi yang dimiliki serta bisa mengelola orang lain. Makna dari mengelola tentunya bersifat konkret yaitu bisa berafiliasi dan mengimplementasikan potensi yang dimiliki dalam sebuah tindakan yang kreatif.
Kemajuan suatu bangsa tidak akan tercapai hanya dengan tersedianya sumber daya alam yang melimpah dan orang-orang cerdas tanpa didukung dengan kepribadian yang positif. Di sinilah tugas pendidikan huruf menjadi sangat penting untuk membuat insan yang cerdas, kreatif dan berpepribadian yang luhur biar bisa mengelola sumber kekayaan alam sesuai dengan semestinya yaitu untuk membangun sebuah bangsa yang tidak hanya maju secara ekonomi atau tangguh dalam militer akan tetapi tidak mencerminkan bangsa yang bermartabat melainkan menjadi bangsa yang besar, sanggup berdiri diatas kaki sendiri dalam segala aspek dan bangsa yang berbudaya luhur dan bermartabat.

Strategi Pembangunan Karakter

  1. Sosialisasi: Penyadaran semua pemangku kepentingan akan pentingnya huruf bangsa. Media cetak dan elektronik perlu berperanserta dalam sosialisasi
  2. Pendidikan: Formal (sekolah), non formal (kursus), informal di rumah, daerah kerja & masyarakat.
  3. Pemberdayaan: Memberdayakan semua pemangku kepentingan (orang tua, sekolah, ormas, dsb.) biar sanggup berperan aktif dalam pendidikan karakter.
  4. Pembudayaan: Perilaku berkarakter dibina dan dikuatkan dengan penanaman nilai-nilai kehidupan biar menjadi budaya bangsa.
  5. Kerjasama: Membangun kerjasama sinergis antara semua pemangku kepentingan.




Rujukan:


Fadillah, Muhammad dan Lilif Mualifatu Khorida. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Fitri Agus Zaenal,Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah,(Jogjakarta:Ar-Ruzz Media,2012)
Mukhlas Samani, Menggagas Pendidikan Karakter, (Surabaya : SIC, 2010) cet ke-2.
Kementerian Pendidikan Nasional, Pendidikan Karakter, ( Jakarta : 2010 )

Posting Komentar untuk "Peranan Pendidikan Karakter"