Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Tujuan Dan Manfaat Manajemen

-Pengertian, Tujuan dan Manfaat Manajemen
The Random House Dictionary of the English Language Pengertian Tujuan dan Manfaat Manajemen
http://fahrizal91.blogspot.co.id/
Manajemen berasal dari kata kerja “manage”. Kata ini berdasarkan kamus The Random House Dictionary of the English Language, College Edition, berasal dari bahasa Italia “manegg (iare)” yang bersumber pada perkataan Latin “manus” yang berarti “tangan”. Secara harfiah manegg (iare) berarti “menangani atau melatih kuda”, sementara secara maknawiah berarti “memimpin, membimbing atau mengatur”. Ada juga yang beropini bahwa administrasi berasal dari kata kerja bahasa Inggris “to manage” yang sinonim dengan to hand, to control, dan to guide (mengurus, memeriksa, dan memimpin). [1]
Di bawah ini dijelaskan beberapa pendapat yang menjelaskan perihal pengertian administrasi sebagai berikut:[2]
baca juga pengertian (manajemen)
1) Drs. H. Malayu S. P. Hasibuan
Manajemen yakni ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya insan dan sumbersumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

2) Andrew F. Sikula
Manajemen pada umumnya dikaitkan dengan aktivitas-aktivitas perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, penempatan, pengarahan, pemotivasian, komunikasi, dan pengambil keputusan yang dilakukan oleh setiap organisasi dengan tujuan untuk mengkoordinasikan banyak sekali sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan sehingga akan dihasilkan suatu produk atau jasa secara efisien.

3) G. R Terry
Manajemen yakni suatu proses yang khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian yang dilakukan untuk memilih serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya insan dan sumbersumber lainnya.

4) Harold Koontz dan Cyril O’Donnel
Manajemen yakni perjuangan mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. Dengan demikian manajer mengadakan koordinasi atas sejumlah kegiatan orang lain yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penempatan, pengarahan, dan pengendalian.
Jadi dari pengertian di atas sanggup disimpulkan administrasi ialah suatu proses dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan untuk mencapai tujuan tertentu. Dengan mengarahkan dan mengelola orang-orang banyak sekali latar belakang berbeda-beda dengan tujuan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Sesungguhnya, terdapat enam pertanyaan kunci untuk mengurai manajemen. Pertanyaan- pertanyaan dasar tersebut lazim disingkat dengan lima W dan satu H, yaitu what (apa) menanyakan perihal apa yang dikerjakan manajemen; why (mengapa) mengapa/alasan administrasi dibutuhkan; when (kapan) kapan/pada waktu bagaimana administrasi dibutuhkan; where (dimana) kawasan administrasi ditemukan; who (siapa) siapa anggota manajemen; how (bagaimana) bagaimana mengerjakan manajemen, pertanyaan how ini meliputi sistem dan tata kerja praktik.[3]
Tujuan dan Manfaat Manajemen
Adapun tujuan serta manfaat diterapkan ilmu administrasi yakni sebagai berikut:
1) Mampu memperlihatkan arah pencapaian kinerja sehingga sanggup dikerjakan berdasarkan time schedule.
2) Mampu menempatkan kerja yang mengedepankan konsep efisiensi dan efektifitas. Efisiensi dilihat dari segi biaya yang dipergunakan sesuai dengan alokasi yang dianggarkan bahkan kalau memungkinkan lebih rendah dari yang teralokasi. Sedangkan konsep efektifitas melihat dari sisi penghematan waktu yang bisa dilakukan, artinya bisa dilaksanakan secara sempurna waktu yang direncanakan.
3) Menerapkan konsep administrasi yang memenuhi standar-standar hukum yang telah disepakati.


[1] Mulyono, Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2008), h. 16.
[2] Malayu S. P. Hasibuan, Manajemen: Dasar, Pengertian dan Masalah, (Jakarta: Bumi Aksara, 2007), h. 2-3.
[3] Didin Kurniadin dan Imam Machali, Manajemen Pendidikan, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2014), h. 17.

Posting Komentar untuk "Pengertian Tujuan Dan Manfaat Manajemen"