Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Sumber Berguru Pendidikan Agama Islam (Pai)

Jejak Pendidikan- Sumber belajar ialah segala sesuatu yang ada disekitar lingkungan acara mencar ilmu yang secara fungsional sanggup dipakai untuk membantu optimalisasi hasil belajar. optimalisasi mencar ilmu ini sanggup dilihat tidak hanya dari hasil mencar ilmu (output) namun juga dilihat dari proses berupa interaksi siswa dengan aneka macam macam sumber yang sanggup merangsang siswa untuk mencar ilmu dan mempercepat pemahaman dan penguasaan bidang ilmu yang dipelajarinya. Implementasi pemanfaatan sumber belajar di dalam proses pembelajaran tercantum dalam kurikulum ketika ini bahwa dalam proses pembelajaran yang efektif ialah proses pembelajaran yang memakai aneka macam macam sumber belajar.

Sedangkan berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia, sumber belajar berasal dari dua kata yaitu sumber yang berarti asal/tempat sesuatu, dan mencar ilmu yang berarti berlatih untuk mendapat ilmu pengetahuan. Kaprikornus sumber mencar ilmu adalah daerah asal yang sanggup menimbulkan siswa mendapat pengetahuan. Mulyasa memperlihatkan definisi mengenai sumber mencar ilmu adalah segala sesuatu yang sanggup memperlihatkan fasilitas belajar, sehingga diperoleh sejumlah informasi, pengetahuan, pengalaman dan keterampilan yang diperlukan. Dalam pengertian lain menyebutkan pengertian dari sumber mencar ilmu ialah segala sesuatu yang sanggup dipergunakan sebagai daerah dimana materi pelajaran terdapat atau asal atau mencar ilmu seseorang.

Dengan demikian sumber belajar PAI itu merupakan materi untuk menambah ilmu pengetahuan yang mengandung hal-hal gres yang berkaitan dengan pendidikan agama islam. Sebab pada hakikatnya mencar ilmu ialah mendapat hal-hal yang baru. Sumber belajar PAI merupakan segala sesuatu hal yang sanggup dipakai untuk menunjang proses acara mencar ilmu mengajar PAI sehingga memudahkan penerima didik untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru PAI.


Refernsi:

  1. Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta : Balai Pustaka, 1989),
  2. E. Mulyasa, Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Menyenangkan, (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2005).

Posting Komentar untuk "Pengertian Sumber Berguru Pendidikan Agama Islam (Pai)"