Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Motivasi Belajar

Jejak Pendidikan- Berikut klarifikasi wacana pengertian motivasi belajar. Namum sebelum itu penulis akan menjabarkan pengertian tersebut. Motivasi berguru terdiri dari dua kata yaitu “motivasi” dan “Belajar”. Berikut penulis mendefinisikan Motivasi merupakan sesuatu yang sangat penting dalam pembelajaran. Untuk mengetahui apa bahwasanya motivasi maka akan dikemukakan aneka macam pendapat motivasi oleh para hebat sebagai berikut:

Pengertian Motivasi Menurut Mc. Donald yang dikutip oleh Sardiman, Motivasi yakni perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya feeling dan didahului dengan jawaban terhadap adanya tujuan.[1]

Pengertian Motivasi Menurut Nana Syaodih S Kekuatan yang menjadi pendorong kegiatan individu disebut motivasi, yang memperlihatkan suatu kondisi dalam diri individu yang mendorong / menggerakkan individu tersebut melaksanakan kegiatan untuk mencapai suatu tujuan.

Pengertian Motivasi Menurut Sumardi Suryabrata, yakni keadaan yang terdapat dalam diri seseorang yang mendorongnya untuk melaksanakan kegiatan tertentu guna pencapaian suatu tujuan. Sementara itu gates dan kawan-kawan mengemukakan bahwa motivasi yaitu suatu kondisi fisiologis dan psikologis yang terdapat dalam diri seseorang yang mengatur tindakannya dengan cara tertentu. Adapun Grenberg menyebutkan bahwa motivasi yakni proses membangkitkan, mengarahkan, dan memantapkan sikap arah suatu tujuan.[2]

Berdasarkan beberapa pengertian di atas sanggup diketahui bahwa Motivasi motivasi merupakan suatu perubahan energi pada diri seseorang yang didahului dengan munculnya feeling yang mendorong seseorang bertindak melaksanakan sesuatu untuk mencapai tujuan akhir.

Setelah diketahui pengertian motivasi, selanjutnya akan dijelaskan wacana pengertian belajar. Para hebat telah mengemukakan pengertian berguru antara lain:

Pengertian Belajar Menurut Skiner yang dikutip oleh Muhibbin Syah Belajar yakni suatu proses penyesuaian / penyesuaian tingkah laris yang berlangsung secara progresif.  Skinner percaya bahwa proses penyesuaian tersebut akan mendatangkan hasil optimal apabila beliau diberi penguat (reinforcer).

Pengertian Belajar berdasarkan Slameto Belajar yakni proses perjuangan yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laris yang gres secara keseluruhan sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.

Pengertian Belajar Menurut W.S. Winkel berguru yakni suatu kegiatan mental/psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, ketrampilan dan nilai sikap.

Pengertian motivasi dan berguru yang dijelaskan secara terpisah sanggup disimpulkan bahwa motivasi berguru yakni keseluruhan daya pelopor di dalam diri seseorang yang menimbulkan kegiatan berguru yang menjamin kelangsungan kegiatan berguru yang memperlihatkan arah pada kegiatan berguru sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subyek berguru (peserta didik) sanggup tercapai.

Motivasi berguru yang dimaksud disini yakni suatu dorongan yang berasal dari dalam individu untuk melaksanakan suatu tindakan atau kegiatan berguru supaya tujuan atau keinginan yang diinginkan sanggup tercapai yakni memperoleh ilmu pengetahuan atau kepandaian dengan diindikasikan terjadinya perubahan tingkah laris baik melalui pengalaman atau latihan.




[1] Sardiman, AM, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001), h. 71.
[2] Djaali, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2008), Cet. III, h. 101.

Posting Komentar untuk "Pengertian Motivasi Belajar"