Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Kecakapan Hidup (Life Skill)

Pengertian Life Skill
Jejak Pendidikan- dalam pendidikan sangat diharapkan kecakapan hidup, sebab ini merupakan wujud dari kesadaran akseptor didik dalam menuntut ilmu sebab selain dituntut kemampuan, juga meliputi contoh pikir yang sangat kuat dalam mutu berguru dalam meningkarkan hasil belajar. Kecakapan berpikir intinya merupakan kecakapan memakai pikiran/rasio secara optimal. Kecakapan berpikir meliputi antara lain kecakapan menggali dan menemukan info (information searching), kecakapan mengolah info dan mengambil keputusan secara cerdas (information processing and decision making skills), serta kecakapan memecahkan problem secara akil dan kreatif (creative problem solving skill). 

Kecakapan menggali dan menemukan info memerlukan kecakapan dasar, yaitu membaca, menghitung dan melaksanakan observasi. Sementara itu, kecakapan bertindak meliputi:
  1. pesan verbal,
  2. pesan suara,
  3. pesan melalui gerak tubuh,
  4. pesan melalui sentuhan,
  5. pesan melalui tindakan, contohnya mengirim bunga dan sebagainya.[1]
Secara definisi kecakapan hidup merupakan kecakapan yang dimiliki seseorang untuk berani menghadapi problema hidup dan kehidupan dengan masuk akal tanpa merasa tertekan, kemudian secara proaktif dan kreatif mencari serta menemukan solusi sehingga risikonya bisa mengatasinya.

Tujuan dari pendidikan kecakapan hidup ini yakni untuk memfungsikan pendidikan sesuai dengan fitrahnya, yaitu berbagi potensi manusiawi akseptor didik untuk menghadapi kiprahnya di masa datang. Adapun pendidikan kecakapan hidup ini mempunyai beberapa tujuan, yang meliputi:
  1. Mengaktualisasikan potensi akseptor didik sehingga sanggup dipakai untuk memecahkan problem yang dihadapi.
  2. Merancang pendidikan semoga fungsional bagi kehidupan akseptor didik dalam menghadapi kehidupan di masa datang.
  3. Memberikan kesempatan kepada sekolah untuk berbagi pembelajaran yang fleksibel, sesuai dengan pendidikan berbasis luas.
Mengoptimalkan pemanfaatan sumberdaya di lingkungan madrasah, dengan menunjukkan peluang pemanfaatan sumberdaya yang ada di masyarakat, sesuai dengan prinsip administrasi berbasis sekolah.[2]

Oleh itu sanggup disimpulkan bahwa kecakapan hidup merupakan suatu ketrampilan yang dimiliki oleh seseorang semoga sanggup menghadapi tantangan hidup di masa yang akan tiba yang sangat memilih potensi diri dan kualitas bangsa.



[1] Zainal Arifin, Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum,(Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012), h. 241.
[2] Sugeng Listyo Prabowo dan Faridah Nurmaliyah, Perencanaan Pembelajaran, (Malang: UIN Maliki Press, 2010), h. 199.

Posting Komentar untuk "Pengertian Kecakapan Hidup (Life Skill)"