Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Dan Nama-Nama Al-Qur’An

Jejak Pendidikan- Al-Qur’an yaitu kalamullah yang mengandung mukjizat, yang diturunkan kepada (Muhammad SAW) epilog nabi dan rosul, dengan mediator malaikat jibril yang sanggup diandalkan alaihi salam ditulis di dalam mushaf, diajarkan kepada kita secara mutawatir, membacanya di nilai ibadah, yang diawali surat Al-Fatihah dan di akhiri dengan surat An-Nas.

Ada beberapa pendapat ulama perihal pengertian Al-Qur’an diantaranya yaitu:
Al-Qur’an yaitu firman Allah yang diturunkan kepada nabi muhammad SAW, yang bersifat mukjizat dengan sebuah surat daripadanya yang beribadat bagi yang membacanya.
Sedangkan Imam Fakhrur Razie dan Syekh Mahmud Syaltut yang menyatakan:
Al-Qur’an yaitu lafadz arab yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW yang dinukilkan kepada kita secara mutawatir. Dengan memperhatikan apa yang sudah disampaikan dan dijelaskanoleh para pakar dan ulama mengenai pengertian Al-Qur’an di atas, maka pengertian tersebut sanggup dirangkum sebagai berikut:
Al-Qur’an adalah:

  1. Wahyu atau firman Allah SWT.
  2. Diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.
  3. Dengan mediator Malaikat Jibril, atau dengan cara lain.
  4. Menggunakan Bahasa Arab.
  5. Untuk aliran dan petunjuk bagi manusia
  6. Merupakan mukjizat Nabi Muhammad SAW yang terbesar.
  7. Diterima oleh umat islam secara mutawatir.

Al-Qur’an memiliki beberapa nama diantaranya:
1) Al-qur’an
Dinamakan Al-Qur’an alasannya banyak ayat yang pertanda perihal nama Al-Qur’an contoh: surat Qof: 1.

2) Al-Furqon
Yang berarti pembeda.yang berarti Al-quran menjelaskan antara yang hak dan yang bathil,antara yang benar dan yang salah,antara yang baik dan yang buruk.berdalil kepada firman Allah yang berbunyi:
Artinya:Mahasuci Allah yang telah menurunkan Al-Furqan kepada hambaNya(Muhammad),agar ia menjadi pemberi peingatan kepada seluruh alam(Al-Furqan:1)

3) At-Tanzil
Dinamakan At-Tanzil karna memiliki makna benar-benar turun, serta banyaknya Firman Allah yang menyebutkan At-Tanzilseperti dalam surat: Asy-Syu’ara’ ayat 192-193

4) Adz-Dzikr
Disebut Al-Dzikr yang berarti peringatan,menurut Al-Zarkasyi,karena Al-Quran mengandung peringatan-peringatan,nasihat-nasihatserta gosip mengenai umat yang telah kemudian yang tentu saja sebagai peringatan dan hikmah juga bagi orang yang bertaqwa.Ayat Al-Quran yang mengatakan didalam surat Al-Hijr ayat: 5.

5) Al-Kitab
Dinamakan Kitab,karena ayat-ayat Al-Quran tertulis dalam bentuk kitab.Dalilnya:
Demi kitab (Al-Qur’an) yang terang (1).Sesungguhnya kami menurunkanya pada malam yang diberkahi.Sungguh, kamilah yang memberi pringatan (2). (Ad-Dhukhon: 2-3)55

Posting Komentar untuk "Pengertian Dan Nama-Nama Al-Qur’An"