Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembelajaran Menggunkan Gambar

Jejak Pendidikan- Guru sangat membutuhkan sarana-sarana yang membantunya dalam memberikan bahan pelajaran dengan bentuk yang lebih afdhal dan lebih mudah.20 Diantara sarana-sarana itu antara lain gambar, proyektor, papan tulis, peta konsep, dan lain sebagainya. anda sanggup membandingkan pembelajaran yang hanya memakai ceramah saja, dengan ceramah disertai dengan gambar dan alat lainnya. Pasti akibatnya lebih mengena yang ceramah dengan disertai dengan gambar.

Guru besar (Muhammad) Shallallahu alaihi wasallam telah mendahului sistem pendidikan modern empat belas kala yang lalu, dimana dia membantu membantu ucapannya disebagian pembicaraannya dengan gambar-gambar yang akan mendekatkan makna kepada otak dan membantu menghafal, diataranya:

a. Dari Ibnu Mas’ud RA, dia berkata, Nabi SAW menciptakan garis segi empat dan menciptakan garis tengah keluar dari garis tersebut. Lalu menciptakan garis-garis kecil ke arah garis tengah dari garis yang ada di samping garis tengah seraya bersabda:
“Ini yakni manusia, dan ini yakni ajalnya yang mengitarinya dan garis-garis yang keluar ini yakni angan-angannya sementara garis-garis kecil ini yakni rintangan, kalau yang ini tidak mengenainya, maka digigit oleh yang ini, dan kalau yang ini tidak mengenainya, maka akan digigit oleh yang ini.”

b. Dari Abdullah bin Mas’ud R.A. dia berkata,
Rasulullah S.A.W menciptakan sebuah garis dengan tangannya kemudian bersabda,Ini adalah jalan Allah yang lurus.HR. Al-Bukhari
membuat garis di kanan dan kirinya kemudian bersabda, Jalan-jalan ini, tidak satupun dari jalan-jalan ini kecuali diantaranya ada setan yang menyeru kepadanya. Kemudain dia membaca:
Dan bahwa (yang Kami perintahkan ini) yakni jalanKu yang lurus, maka ikutilah dia; dan janganlah kau mengikuti jalan-jalan (yang lain), alasannya jalan-jalan itu mencerai beraikan kau dari jalanNya. Demikianlah Dia memerintahkan kepadamu supaya kau bertakwa ‟.” (Al-An’am: 153).
Setelahnya, kita tambahakan beberapa masalah lain, yaitu:
  1. Agar guru memperhatikan kejelasan mater yang ditulis atau yang digambar.
  2. Agar memastikan bahwa semua siswa sanggup melihat bahan yang ditulis atau yang digambar, dan menyingkirkan semua penghalang yang menghalanginya.
  3. Menggunakan (tinta/kapur) warna yang menyeragamkannya supaya menarik perhatian.


Kesimpulan:
  • Mendukung klarifikasi dengan gambar dan goresan pena akan menambah berpengaruh penjelasan.
  • Menggabungkan antara gambar dan goresan pena dengan metode ceramah membantu menyampiakan pelajaran dengan gampang dan lebih cepat.
  • Tulisan dan gambar haruslah jelas, sanggup dilihat oleh semua siswa dengan memperhatikan tidak adanya penghalang-penghalang yang sanggup menghalangi penglihatan siswa kedepannya.


Berdasarkan penjelasan-penjelasan diatas, taktik poster commnet yang akan diterapkan tentunya relevan dengan teori. Stretegi poster comment ini memakai gambar yang sanggup dilihat oleh semua siswa di kelas, kemudian siswa mengomentari dengan ide-idenya. Diharapkan sesudah penerapan taktik ini pembelajaran lebih gampang dan cepat diiangat oleh siswa sehingga hasil belajarpun menjadi meningkat.




Rujukan:
Fu’ad bin Abdul Aziz Asy-Syalhub, Begini Seharusnya Menajdi Guru; Panduan Lengkap Metodologi Pengajaran Cara Rasulullah S.A.W, terj., Jamaluddin (Jakarta: Darul Haq, 2008).

Posting Komentar untuk "Pembelajaran Menggunkan Gambar"